Sukses

Bertambah Empat, Kini Total Kematian Akibat Virus Corona di AS Jadi 6

Dilaporkan adanya empat kasus kematian baru akibat Virus Corona di AS, kini keseluruhan menjadi enam orang yang meninggal.

Liputan6.com, Washington D.C - Empat orang lagi meninggal dunia akibat wabah Virus Corona di negara bagian Washington, sehingga total kematian di sana menjadi enam.

Washington telah mengumumkan keadaan darurat selama akhir pekan. Lima dari kematian terjadi di King County, yang kota utamanya adalah Seattle.

Seperti dilaporkan oleh BBC, Selasa (3/3/2020), sekarang ada 18 kasus yang dikonfirmasi di wilayah tersebut, dan ada kekhawatiran yang berkembang bahwa virus akan menyebar lebih lanjut.

Para peneliti yang mempelajari dua kematian pertama di Washington mengatakan virus itu mungkin telah menyebar di sana selama berminggu-minggu, dan menyarankan bahwa hingga 1.500 orang mungkin telah terinfeksi.

Kathy Lofy, petugas kesehatan negara bagian Washington, mengatakan kasus-kasus terbatas pada dua kabupaten, King dan Snohomish, dan virus itu "aktif" menyebar di sana. Dia menambahkan, mungkin saja virus itu menyebar di tempat lain.

Delapan dari 14 kasus di King County, dan empat dari kematian, terkait dengan satu fasilitas perawatan. Sebagian besar dari mereka yang meninggal adalah yang lanjut usia atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

King County akan membeli sebuah hotel sehingga dapat mengisolasi meningkatnya jumlah pasien di wilayah tersebut.

Dr Jeff Duchin, kepala petugas kesehatan untuk lembaga Kesehatan Masyarakat Seattle dan King County, mengatakan tidak akan ada penutupan sekolah yang lebih luas pada tahap ini, tidak juga acara besar akan dibatalkan. Namun, katanya, jumlah kasus diperkirakan akan meningkat.

"Kami menangani situasi ini dengan sangat serius," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus di AS

Akhir pekan lalu, peningkatan tajam dalam jumlah kasus telah ditemukan sehingga kemudian meningkatkan kekhawatiran. Sekarang ada 91 kasus yang dikonfirmasi di seluruh negara dan sementara beberapa pasien diyakini telah melakukan perjalanan ke negara-negara berisiko tinggi, sedangkan yang lain diperkirakan telah tertular virus di AS.

Pejabat di US West Coast, di Washington, California dan Oregon telah menyatakan keprihatinan tentang infeksi yang muncul pada pasien yang tidak mengunjungi daerah di mana ada wabah atau melakukan kontak dengan siapa pun yang terinfeksi.

Pemerintah federal telah mengakui masalah dengan pengujian diagnostiknya di tengah meningkatnya kasus. Seorang ilmuwan federal terkemuka telah menyuarakan keprihatinan tentang kemungkinan kontaminasi di lab Atlanta, Georgia, tempat pemerintah membuat alat tes untuk virus itu, lapor Axios.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.