Sukses

Kerajinan Indonesia Jadi Incaran di Surajkund International Craft Mela 2020 India

Kerajinan Indonesia lagi-lagi mampu menarik perhatian warga asing. Kali ini, giliran kerajinan lokal Indonesia jadi primadona di Surajkund International Craft Mela 2020, India.

Liputan6.com, Surajkund - Untuk pertama kalinya Indonesia ikut festival produk kerajinan  Surajkund International Craft Mela 2020. Gelaran di Surajkund, 5 km dari Kota Delhi bagian Selatan itu berlangsung pada 1 hingga 16 Februari 2020.

Demikian seperti dikutip dari portal website kemlu.go.id, Kamis (20/2/2020). 

Berikut sejumlah perwakilan dari Indonesia dalam pameran tersebut:

  • Indonesia diwakili oleh Bergas Harrimardoyo (Pekunden Pottery) dari Jakarta dengan kerajinan tembikarnya
  • Desmond Anabrang (Baragung) dari Yogyakarta dengan kain batik
  • Carolina Rika (Wiru) dari Yogyakarta dengan kain jumputan
  • Siti Qudsiati Oetami (Eco Print) dari Yogyakarta dengan batik ramah lingkungan
  • Renny Manurung (Dame Ulos) dari Sumatera Utara dengan koleksi kain ulos
  • Irma Susilawati (Borneo Chic) dari Kalimantan dengan kerajinan anyaman dari bahan alam.

Seluruh karya anak bangsa itu kabarnya menjadi sorotan dalam festival tersebut.

"Produk kerajinan Indonesia jadi sorotan pada festival ini, bukan saja dari aspek otentisitas, seni dan keunikan yang tinggi, tapi juga kualitas yang ditampilkan tidak sembarangan. Setiap warna, bentuk, motif dan karya yang dihasilkan punya nilai dan cerita tersendiri. Pokoknya, cukup sekali lirik, pasti orang itu singgah ke stand Indonesia," ujar Irvan Fachrizal, Counsellor pada Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI New Delhi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sukses Menarik Perhatian

Produk-produk kerajinan lokal Indonesia sukses menarik perhatian para kolektor dan para pencinta seni kerajinan lokal.

Tak butuh waktu lama, dalam beberapa hari produk-produk Indonesia habis diborong pelanggan. Bahkan beberapa pengunjung yang juga merupakan pengrajin dan pedagang produk kerajinan menyampaikan keinginanya untuk menjalin kerja sama dalam mengembangkan sekaligus memasarkan produk hasil kerajinan dari Indonesia.

Surajkund International Craft Mela merupakan festival berkelas internasional yang diikuti oleh berbagai negara di dunia, antara lain seperti Sudan, Sudan Selatan, Zimbabwe, Rusia, Swaziland, Afghanistan, Suriah, Thailand, Tunisia, Vietnam, Ghana, Mesir, Uganda, Uzbekistan, Kazakhstan, Kirgistan, Rumania, Nepal, Bhutan, Mozambik, Namibia, Seychelles, Madagaskar, Djibouti, Iran , Nigeria dan lain-lain.

“Melihat animo dan jumlah pengunjung yang cukup besar di festival ini, berikutnya kita akan lebih meningkatkan volume partisipasi dengan memamerkan ragam produk kerajinan lokal Indonesia yang lebih variatif lagi. Sehingga produk Indonesia dapat lebih dikenal oleh publik India maupun internasional," ujar Annisa Amrih Sophiany, diplomat muda yang bertugas di KBRI New Delhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.