Sukses

Selain Ashraf Sinclair, Ini 5 Figur Terkenal Dunia yang Meninggal Akibat Serangan Jantung

Liputan6.com, Jakarta- Diduga karena serangan jantung, meninggalnya aktor Indonesia (yang juga berasal dari Malaysia) Ashraf Sinclair pada 18 Februari 2020 tidak hanya memberikan duka yang mendalam, namun juga mengejutkan masyarakat Indonesia. 

Selain Ashraf Sinclair, ada beberapa tokoh dunia seperti pemimpin dunia dan aktor Hollywood terkenal yang juga pernah dikabarkan meninggal karena serangan jantung.

Serangan jantung didefinisikan sebagai masalah peredaran darah yang disebabkan ketika aliran darah ke bagian jantung tersumbat karena penyumbatan atau pecahnya arteri, menurut American Heart Association, seperti dikutip dari USA Today, Rabu, (19/2/2020).

Direktur kardiologi preventif di Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School, Jorge Plutzky, juga mendefinisikan serangan jantung sebagai "kekurangan pasokan darah yang berkelanjutan ke bagian tertentu dari jantung di mana otot jantung mulai mati".

Berikut ini daftar sejumlah figur terkenal dunia yang pernah dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung, dikutip dari Live Science:

2 dari 4 halaman

Pemimpin Dunia

Francois "Papa Doc" Duvalier

Terpilih menjadi presiden di Haiti pada tahun 1957, Francois "Papa Doc" Duvalier memegang rezimnya dengan mengasingkan pendukung lawannya, hingga memerintahkan eksekusi terhadap mereka yang tidak mematuhinya, seperti dikutip dari Live Science.

Pada tahun 1959, Francois "Papa Doc" Duvalier mengalami masalah kesehatan, termasuk serangan jantung hingga pada tahun 1971, ia meninggal karena diabetes kronis dan masalah pada jantungnya.

Kim ll-sung

Dikenal sebagai pemimpin pertama Korea Utara, Kim ll-sung menjabat pada tahun 1948 dan membangun dinasti turun-temurun.

Kim ll-sung dilaporkan meninggal karena serangan jantung dalam usia 82 tahun. Ia tiba-tiba pingsan dan meninggal beberapa jam kemudian pada 8 Juli 1994.

Saat ini, Korea Utara di pimpin oleh cucu laki – lakinya, yaitu Kim Jong-un.  

3 dari 4 halaman

Aktor Hollywood

Peter Mayhew 

Aktor Peter Mayhew mencatat sejarah perfilman ketika ia memerankan Chewbacca, sahabat karib Han Solo, di film-film Star Wars. Ia meninggal pada 30 April 2019 lalu di usia 74 tahun karena serangan jantung, seperti dikutip dari The Guardian

Kondisi kesehatan yang buruk menyulitkan Peter Mayhew untuk berpartisipasi dalam film Star Wars: The Last Jedi (2017), membuat peran Chewbacca digantikan oleh Joonas Suotamo, yang telah berperan sebagai Chewbacca kedua setelah Peter Mayhew dalam beberapa adegan The Force Awakens. Karenanya, Peter Mayhew dikreditkan sebagai "konsultan Chewbacca".

Burt Reynolds

Burt Reynolds, adalah aktor legenda Hollywood  terkenal dengan beberapa film nya yaitu DeliveranceSmokey and The Bandit, The Cannonball Run, dan Boogie Nights. Pernah mendapatkan nominasi Oscar, Burt Reynolds meninggal pada usia 82 tahun.

Kematiannya dilaporkan di Rumah Sakit Florida karena serangan jantung.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Loading