Sukses

Kebakaran di Panti Asuhan Haiti, 13 Anak Asuh Meninggal

Panti asuhan di Haiti yang menggunakan lilin untuk penerangan karena masalah dengan generator dan inverternya dilanda kebakaran.

Liputan6.com, Port-au-Prince - Kebakaran melanda sebuah rumah penampunagan anak-anak atau panti asuhan di Haiti yang dikelola oleh kelompok nirlaba yang bermarkas di AS.

Dilaporkan melalui Al Jazeera, Sabtu (15/2/2020), kejadian tersebut menewaskan 13 anak-anak, kata petugas layanan kesehatan.

Rose-Marie Louis, seorang pekerja di rumah itu, mengatakan kepada kantor berita The Associated Press bahwa dia melihat 13 jasad anak-anak dibawa dari Panti Asuhan Church of Bible Understanding di daerah Kenscoff di luar Port-au-Prince, ibu kota Haiti.

Marie-Sonia Chery, seorang perawat di Rumah Sakit Baptist Mission terdekat, membenarkan bahwa 13 anak laki-laki dan perempuan telah meninggal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seharusnya Bisa Diselamatkan

Louis, yang bekerja di rumah itu, mengatakan kebakaran mulai sekitar jam 9 malam pada hari Kamis (02:00 GMT Jumat) dan petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk tiba. Panti asuhan telah menggunakan lilin untuk penerangan karena masalah dengan generator dan inverternya, katanya.

Sekitar setengah dari mereka yang meninggal adalah bayi atau balita dan yang lainnya berusia sekitar 10 atau 11 tahun, kata Louis.

Catiana Joseph, seorang dokter di rumah sakit Baptist Mission, memberikan catatan berbeda, mengatakan bahwa korban berusia antara tiga dan 18 tahun. Tidak ada penjelasan segera untuk informasi tersebut.

Petugas pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian dengan sepeda motor dan tidak memiliki botol oksigen atau ambulans yang diperlukan untuk membawa anak-anak ke rumah sakit, kata Jean-Francois Robenty, seorang pejabat perlindungan sipil.

"Mereka bisa diselamatkan," katanya. ″ Kami tidak memiliki peralatan untuk menyelamatkan hidup mereka. "

Robenty mengatakan para pejabat percaya bahwa anak-anak lain masih berada di dalam dan pekerja darurat berusaha menarik mereka keluar.

Pekerja panti asuhan di tempat kejadian mengatakan mereka percaya dua mayat masih di dalam.

Sejatinya, panti tersebut diyakini sudah memiliki serangkaian masalah yang sudah lama ada di rumah dua anak yang dikelola oleh Church of Bible Understanding.

Panti tersebut kehilangan akreditasi setelah serangkaian inspeksi dimulai pada November 2012. Inspektur Haiti menyalahkan kelompok pemilik panti karena kepadatan, kondisi tidak bersih dan tidak memiliki staf yang cukup terlatih.

Anggota kelompok agama itu kemudian menjual barang-barang antik yang mahal di toko-toko kelas atas di New York dan Los Angeles dan menggunakan sebagian dari keuntungannya untuk mendanai panti asuhan. 

3 dari 3 halaman

Kondisi Panti Tak Layak

Associated Press telah melakukan kunjungan mendadak ke dua rumah kelompok itu, yang menampung total 120 anak-anak, pada tahun 2013 dan menemukan tempat tidur bertingkat dengan kasur pudar dan usang memenuhi kamar-kamar kotor. Udara kotor menghembus melalui kamar mandi dan tangga. Kamarnya gelap dan sederhana, tidak memiliki kenyamanan atau dekorasi.

Church of Bible Understanding, yang berbasis di Scranton, Pennsylvania, mengoperasikan dua panti untuk hampir 200 anak di Haiti sebagai bagian dari "program pelatihan Kristen", menurut pengajuan organisasi nirlaba terbaru. Program ini telah beroperasi di negara itu sejak tahun 1977.

Walaupun panti tersebut dikenal sebagai panti asuhan, tetapi sudah umum di Haiti bagi orang tua yang miskin untuk menempatkan anak-anak di pusat perawatan perumahan, di mana mereka menerima penginapan dan pendidikan yang sangat bervariasi selama beberapa tahun, tetapi secara teknis bukanlah anak yatim.

"Kami menerima anak-anak yang berada dalam situasi putus asa," kata organisasi itu dalam pengajuan pajak untuk 2017, tahun terakhir yang tersedia. "Banyak dari mereka yang hampir mati ketika kita menerima mereka." Nirlaba melaporkan pendapatan $ 6.6juta dan biaya $ 2.2juta untuk tahun ini.

Seorang anggota organisasi yang mengidentifikasi dirinya hanya sebagai "Jim" melalui panggilan telepon merujuk pertanyaan-pertanyaan tentang kebakaran yang terjadi kepada pengacara mereka di Haiti, yang tidak akan dia identifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini