Sukses

Krisis Virus Corona, Sejumlah Universitas Australia Tunda Mulai Awal Semester

Beberapa universitas di Australia menunda hari masuk awal semester mereka dan menawarkan pertimbangan khusus bagi siswa yang tidak dapat kembali ke Australia di tengah krisis Virus Corona.

Liputan6.com, Australia - Beberapa universitas di Australia menunda hari masuk awal semester mereka dan menawarkan pertimbangan khusus bagi siswa yang tidak dapat kembali ke Australia di tengah krisis Virus Corona yang sedang berlangsung.

Pihak universitas telah berusaha keras untuk memberlakukan kebijakan dan dukungan bagi siswa dan staf yang berurusan dengan Virus Corona, dan larangan perjalanan yang diberlakukan oleh pemerintah federal pada Sabtu 1 Februari 2020 lalu.

Dilansir The Guardian Senin (3/2/2020), belum ada tanggapan terkoordinasi dari universitas, namun dikabarkan bahwa kebijakan mereka akan sangat bergantung pada kapan setiap universitas di Australia akan memulai semester.

Kepala Eksekutif Universitas Australia, Catriona Jackson, mengatakan pada hari Minggu bahwa fokusnya sekarang adalah kesehatan dan keselamatan orang-orang di universitas, dan meminimalkan gangguan Virus Corona pada studi mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebijakan Berbagai Universitas

Monash University di Melbourne mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan menunda awal semester, dan baru akan dimulai pada 9 Maret, bersama dengan ujian musim panas.

Hal ini dilakukan karena kekhawatiran tentang penyebaran virus corona yang menyulitkan siswa untuk kembali ke Australia, atau keluar dari isolasi setelah tiba dari China.

University of Sydney juga mengumumkan pada Sabtu malam bahwa penundaan awal semester ini akan memungkinkan siswa untuk mendaftar hingga dua minggu setelah awal semester (pada 9 Maret), atau membiarkan siswa menunda studi mereka atau meminta pengembalian biaya.

Untuk Universitas New South Wales, di mana satu siswa dinyatakan positif terkena Virus Corona, siswa dapat menunda studi mereka, dan universitas akan mempertimbangkan pendaftaran yang terlambat hingga akhir Februari. Universitas mengatakan akan mempertimbangkan untuk mengizinkan siswa mengikuti kursus online.

Universitas Teknologi Queensland mengatakan bahwa siswa yang kembali dapat cuti jika mereka tidak dapat kembali pada akhir minggu kedua, sementara siswa baru yang tidak dapat melakukan perjalanan dari China dapat menunda studi mereka.

University of Tasmania mengatakan akan menawarkan kursus online kepada sekitar 1.300 siswa yang terkena dampak larangan perjalanan.

Lain hal dengan Institut Teknologi Royal Melbourne dan Universitas Adelaide yang mengatakan kelas akan berlanjut seperti biasa, namun mereka juga mendorong siswa yang terkena dampak virus untuk menghubungi mereka secara langsung.

3 dari 3 halaman

Larangan Perjalanan dan Masa Isolasi akan Memengaruhi Siswa

China mewakili pasar terbesar untuk perdagangan siswa internasional Australia, pada $ 12,1 miliar dari $ 37,3 miliar pada tahun keuangan 2018-19, menurut data dari Biro Statistik Australia.

Larangan perjalanan dan masa isolasi akan memengaruhi siswa yang akan mendaftar di universitas Australia dari China, selain itu, otoritas ujian pendidikan nasional China pada pekan lalu juga membatalkan tes bahasa Inggris pada bulan Februari bagi siswa yang berencana untuk belajar di luar negeri.

Mengingat respons yang berubah terhadap Virus Corona dalam upaya global untuk menahan penyebaran, masih sulit untuk mengukur dampak ekonomi yang akan ditimbulkannya terhadap sektor universitas. Jika gangguan untuk belajar setelah Virus Corona berlanjut sepanjang paruh pertama tahun ini, biayanya antara $ 6 miliar dan $ 8 miliar, menurut Phil Honeywood, kepala eksekutif Asosiasi Pendidikan Internasional Australia.

Bulan lalu Menteri Pendidikan China, Dan Tehan, membentuk gugus tugas reputasi global yang diketuai oleh Honeywood untuk menentukan dampak kebakaran hutan terhadap pasar pelajar internasional, dan sekarang kewenangannya diperluas untuk mencakup dampak dari Virus Corona.

Honeywood mengatakan fokus langsung gugus tugas adalah mendapatkan paket perawatan yang dikirim untuk mendukung para siswa di Australia yang harus mengasingkan diri selama 14 hari setelah kembali dari China.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.