Sukses

Terkuak, Turis Rusia Paling Royal di Indonesia

Liputan6.com, Moskow - Turis Rusia ternyata yang paling hobi mengeluarkan banyak uang ketika berkunjung di Indonesia. Setiap datang ke Indonesia, seorang turis Negeri Beruang Merah bisa menghabiskan uang hingga USD 2.000 (Rp 27,2 juta).

Dubes RI untuk Federasi Rusia Wahid Supriyadi mengatakan turis Rusia berpotensi mendatangkan banyak devisa. Jumlah yang mereka belanjakan pun lebih banyak dari turis China.

"Rusia menurut data dari BI (Bank Indonesia) adalah the biggest spender US 2.000 per person, dibandingkan China USD 1.300 (Rp 17,7 juta)," ucap Dubes Wahid di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Hingga November tahun lalu, pengunjung Rusia sudah tercatat 170 ribu orang. Jumlahnya pun sudah melewati target Kementerian Pariwisata yakni 167 ribu pengunjung.

Dubes Wahid mengatakan kenaikan jumlah  turis Rusia merupakan dampak dari Festival Indonesia yang diselenggarakan di Moskow sejak 2016. Angka turis pun meningkat dari 80 ribu di 2016 menjadi 170 ribu orang. Pertumbuhan itu disebut Dubes Wahid seperti yang tertinggi di Eropa.

Turis Rusia pun sesuai dengan kriteria turis berkualitas yang dicari-cari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Saya ketemu dengan Pak Menteri (Wishnutama) kemarin. Saya setuju dengan penekanan beiau bahwa sekarang kita lebih dari quality, pada devisa. Percuma banyak tapi devisa kecil," ujar Dubes Wahid.

2 dari 3 halaman

Bali Masih Menjadi Primadona

Tujuan utama turis Rusia kebanyakan masih di pulau Bali. Dubes Wahid berkata Bali menjadi tujuan wisata 90 persen turis Rusia yang notabene berlibur dalam waktu lama.

KBRI di Moskow berusaha mempromosikan daerah-daerah lain dengan tema festival Bali dan beyond.

Dua daerah yang sudah dilirik warga Rusia adalah Banyuwangi dan Manado. Dubes Wahid berkata mendapat info dari Bupati Banyuwangi Azwar Anas kunjungan turis Rusia ke Banyuwangi sudah mencapai 11 ribu orang.

"Tapi memang base-nya masih di Bali. Dan mereka kalau tinggal lama. Length of stay-nya nomor dua," ucap Dubes Wahid.

(USD 1 = Rp 13.633)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading