Sukses

Ibu Ini Hukum Anak Seperti Adegan Film Home Alone, Meninggalkannya di Rumah

Seorang blogger yang merupakan ibu terkenal di China dicela setelah meninggalkan putrinya yang berusia 6 tahun sendirian di rumah saat anggota keluarga lainnya pergi ke taman hiburan.

Liputan6.com, China - Seorang blogger yang merupakan ibu terkenal di China dicela warganet, gara-gara meninggalkan putrinya yang berusia 6 tahun sendirian di rumah. Saat anggota keluarga lainnya pergi ke taman hiburan.

Dilansir dari New York Post, Zou Yue, ibu dari anak tersebut, menyatakan niatnya hanya untuk memberikan pelajaran kepada putrinya yang tak tepat waktu mengerjakan pekerjaan rumah.

Setelah dicela warganet, ibu dari tiga anak yang berasal dari Guangzhou yang dikenal sebagai Zhou Yueyue di jaringan media sosial China, Weibo, meminta maaf kepada 1,5 juta pengikutnya serta sang putri.

Ia menyesal telah menjadi contoh buruk dari “cara mengasuh yang benar,” demikian dinyatakan ke South China Morning Post.

“Saya melakukan pembicaraan yang jujur ​​dan baik dengan Xiaomi (putrinya) setelah itu,” kata Zou.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi

Akhir pekan lalu, Xiaomi diperintahkan untuk tinggal di rumah sendirian karena gagal menyelesaikan tugas dari sang ibu. Sementara itu, Zou dan anggota keluarga lainnya pergi ke Chimelong Ocean Kingdom di Kota Zhuhai.

Siswi itu dibiarkan sendirian dari pagi hingga tengah malam, untuk menyelesaikan pekerjaan bersama dengan tugas tambahan sebagai hukuman tambahan.

Pada hari Minggu, ayahnya membawanya ke taman setelah dia menyelesaikan tugasnya, dan dia "bersenang-senang di Chimelong," menurut Zou.

"Sebelum kembali ke rumah, dia mengatakan kepada saya, ‘Saya tidak akan membuang waktu di masa depan. Saya hanya akan bermain setelah menyelesaikan tugas belajar saya",” kata Zou.

Zou mengatakan dirinya telah mengajari putrinya merebus air dan membuat mi instan. Dia juga menggunakan kamera pengintai untuk mengecek keadaan di rumah mereka, dan menyiagakan seorang pekerja rumah tangga serta tetangga tersedia jika terjadi keadaan darurat.

Sebagai bagian dari hukuman, orangtua yang tegas memberi tahu Xiaomi bahwa mereka hanya akan kembali jika anak itu merasa takut di malam hari--selama pekerjaan rumahnya selesai.

3 dari 3 halaman

Dikritik Warganet

Pengikut media sosial Zou Yue mengkritiknya. Mereka menganggap hal yang dilakukan Zou adalah cara pengasuhan yang lalai dan berbahaya.

"Dia mungkin tidak akan ingat betapa menyenangkannya Chimelong ketika dia dewasa, tapi dia pasti ingat ketakutan ditinggalkan sendirian di rumah," tulis seorang pengguna Weibo, South China Morning Post melaporkan.

"Saya sangat kecewa karena banyak ibu yang sebenarnya mendukungnya. Jika Anda menyukainya, Anda menyingkirkan orang yang mencintaimu tanpa syarat,” kata yang lain.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.