Sukses

Konflik Iran, Warga AS di Indonesia Diminta Low Profile

Kedubes AS meminta warganya waspada usai memanasnya konflik dengan Iran.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia meminta warganya tetap low profile pasca-serangan drone AS ke jenderal top Iran Qasem Soleimani. Serangan itu adalah perintah Presiden Donald Trump karena Soleimani mengincar diplomat-diplomat AS.

Dalam peringatan keamanan yang baru rilis, Kedubes AS tidak menyebut serangan drone atau Iran, tetapi berkata ada "ketegangan" di Timur Tengah.

"Hal tersebut bisa saja memunculkan risiko keamanan bagi warga AS di luar negeri," tulis Kedubes AS seperti dikutip Rabu (8/1/2020).

Kedubes AS pun memberi langkah-langkah untuk diambil bagi warganya. Yang pertama disebut adalah agar warga AS tetap low profile pasca-serangan terhadap Iran.

Selanjutnya, warga AS diminta memperhatikan sekitar dan waspada di lokasi-lokasi yang sering dikunjungi turis. Ada pula rekomendasi memakai Smart Traveler Enrollment Program (STEP).

"Review perencanaan keamanan personal Anda, pastikan dokumen perjalanan tetap up to date dan mudah diambil. Masuk ke Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk mendapat update keamanan," tulis kedubes.

Terkini, Iran   baru saja melancarkan serangan balas dendam ke pangkalan militer AS di Irak, namun, Iran berkata tidak ingin melakukan eskalasi. Tidak ada korban jiwa di pihak AS dalam serangan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kedutaan Besar Iran di Jakarta Buka Kunjungan Bela Sungkawa Tewasnya Qasem Soleimani

Kedutaan Besar Iran di Jakarta membuka pintu mereka secara terbuka bagi siapa pun yang ingin menyampaikan salam bela sungkawa atas kematian Jenderal Militer Qasem Soleimani.

Pentingnya tokoh tersebut bagi Iran membuat pihak kedutaan merasa perlu untuk membuka pintu mereka selebar-lebarnya supaya masyarakat yang juga merasa kehilangan bisa menyampaika pesan duka cita mereka.  

Beberapa duta besar juga turut hadir untuk menyampaikan pesan bela sungkawa mereka kepada tokoh penting bagi negara Iran. 

Tak hanya tokoh pemerintahan, sejumlah warga negara Indonesia pun ikut hadir dan menyampaikan pesan bela sungkawa mereka.  

Duta Besar Iran untuk Indonesia pun juga terlihat menerima lawatan beberapa ulama yang hadir untuk menyampaikan duka cita mereka. 

Beberapa karangan papan bunga duka cita juga dapat dilihat di bagian depan Kantor Kedutaan Besar Iran yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. 

Kantor Kedutaan Besar Iran di Jakarta masih membuka kunjungan terbuka ini seperti yang dijadwalkan berlansung pada 6 - 7 Januari 2020 dari pukul 09.00 pagi hingga 16.00 sore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.