Sukses

Hutan Amazon Alami Tingkat Penggundulan Tertinggi Selama Dekade Terakhir

Liputan6.com, Amazon - Tingkat penggundulan hutan (deforestasi) di hutan hujan Amazon telah meningkat ke level tertinggi dalam 11 tahun, menurut data pemerintah Brasil yang dirilis Senin 18 November.

Data tersebut, yang termasuk perkiraan laju deforestasi untuk sembilan negara bagian Amazon Legal Brasil, dilakukan oleh Proyek Pemantauan Deforestasi Amazon Legal Amazon (PRODES).

Sekitar 9.762 kilometer persegi (3.769 mil persegi) hutan hujan telah hilang selama 12 bulan hingga Juli 2019, menurut rilis dari The National Institute for Space Research (INPE).

Angka tersebut meliputi kenaikan 29,5% dari 12 bulan sebelumnya dan merupakan tingkat kerugian tertinggi sejak 2008, kata INPE.

Peningkatan deforestasi terjadi ketika negara ini berada di bawah kepemimpinan Presiden haluan kanan Jair Bolsonaro yang terpilih pada Oktober 2018.

Bolsonaro telah dikritik karena tidak berbuat banyak dalam melindungi hutan hujan Amazon. Ia bahkan menolak $20 juta dalam bantuan asing untuk membantu memerangi api di hutan hujan selama KTT G7 di Prancis.

Laju deforestasi berkembang dengan cepat karena merupakan "hasil langsung dari strategi yang diterapkan oleh Bolsonaro untuk membongkar Kementerian Lingkungan Hidup," menurut siaran pers dari Climate Observatory, jaringan organisasi advokasi lingkungan Brasil.

"[Tingkat penggundulan hutan] jauh dari yang kita inginkan, tetapi juga jauh dari tiga angka yang telah dilaporkan," kata menteri lingkungan Brasil Ricardo Sales pada konferensi pers di INPE, di Sao Jose dos Campos.

Sales mengatakan meningkatnya tingkat deforestasi disebabkan oleh kegiatan ilegal seperti penggembalaan ternak, pertanian, ekstraksi kayu dan perdagangan dan penambangan ilegal.

Menteri menambahkan bahwa negara itu membutuhkan "alternatif ekonomi berkelanjutan untuk wilayah Amazon" demi menghentikan meningkatnya tingkat deforestasi.

Badan penelitian luar angkasa Brasil akan bertemu Rabu untuk membahas strategi untuk memerangi deforestasi di Amazon. Jumlah kebakaran yang terdeteksi oleh satelit di wilayah ini adalah yang tertinggi sejak 2008.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Leonardo DiCaprio Bersuara Usai Dituduh Presiden Brasil Biayai Pembakaran Amazon