Sukses

Presiden Xi Jinping Puji Carrie Lam Atas Kepemimpinannya Hadapi Demo Hong Kong

Presiden China, Xi Jinping menemui pemimpin eksekutif Hong Kong, Carrie Lam untuk berdiskusi soal aksi demonstrasi yang berlangsung di Hong Kong.

Liputan6.com, Hong Kong - Dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Shanghai pada Senin, 4 November 2019, Presiden Xi Jinping memberi pujian kepada pemimpin eksekutif Hong Kong, Carrie Lam atas kepemimpinannya terhadap Hong Kong yang kian terus alami kekacauan.

Menurut sebuah portal berita setempat, Xinhua, Xi Jinping juga meminta dengan tegas untuk segera mengakhiri aksi unjuk rasa yang berlangsung di Hong Kong yang semakin memberi dampak luas kepada dunia. Ia juga meminta para penindak hukum memberi hukuman yang setimpal bagi mereka yang telah merusak keamanan dan stabilitas kota Hong Kong.

Dilansir dari CNN, Selasa (5/11/2019), Hong Kong kini sudah memasuki bulan kelima sejak demonstrasi pertama kali berlangsung di bulan Juni yang awalnya menuntut undang-undang ekstradisi. 

Rangkaian peristiwa yang terus terjadi setelah itu, membuat Hong Kong harus mengalami resesi sekaligus dampak negatif di dalam industri pariwisata.

Bulan lalu, pemerintah China menolak laporan yang berisikan rencana pemindahan Carrie Lam dari posisinya pada awal tahun 2020 terkait kekecewaan masyarakat terhadapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Mendadak

Dalam sebuah konferensi pers usai pertemuan akbar pemerintah pada akhir Oktober lalu, seorang pejabat senior China, Shen Chunyao mengatakan Beijing memiliki rencana untuk meningkatkan sistem dengan cara pemimpin Hong Kong akan dipindahkan atau diturunkan.

Namun, pemerintah China menolak untuk menggantikan Lam dari posisinya dan berulang kali mempertahankannya.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Senin (4/11), Xi Jinping mengatakan bahwa kepala eksekutif Hong Kong telah memimpin pemerintahannya "dengan sepenuhnya melaksanakan tugasnya, berusaha untuk menstabilkan situasi dan meningkatkan suasana sosial, dan telah melakukan banyak kerja keras," menurut Xinhua.

"Xi menyuarakan tingkat kepercayaan pemerintah pusat yang tinggi pada Lam dan pengakuan penuh atas pekerjaannya dan tim pemerintahannya," tulis media Xinhua.

Di atas tindakan kekerasan yang terus terjadi, Xi Jinping juga menyerukan upaya yang lebih efektif untuk mengadakan "dialog dengan semua sektor masyarakat dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat.

Xi Jinoing dan Carrie Lam berada di Shanghai untuk China International Import Expo 2019, di mana Xi diharapkan berpidato pada hari Selasa.

Sebelumnya, tidak ada pemimpin yang mengumumkan pertemuan antara keduanya sampai akhirnya terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.