Sukses

8 Makna Gestur yang Biasa Dilakukan Saat Bicara di Depan Umum

Liputan6.com, Jakarta - Ketika seseorang berbicara di depan orang banyak, tentunya gestur tubuh juga diperlukan. Selain memberi kesan tidak monoton, ternyata gestur tersebut memiliki makna yang juga berkaitan dengan apa yang disampaikan dalam pidato.

Gerakan tubuh membuat setiap kalimat yang diucapkan menjadi lebih jelas dan juga tegas.

Dilansir dari Bright Side, Selasa (22/10/2019), berikut adalah makna tersembunyi di balik gestur seseorang ketika berbicara di depan umum:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 10 halaman

1. Gestur membuka telapak tangan berarti membangun kepercayaan publik. Dengan gestur ini, dapat juga diartikan bahwa pembicara tidak menutup-nutupi apapun dari publik.

3 dari 10 halaman

2. Gestur menghitung artinya pembicara memiliki beberapa poin penting yang ingin disampaikan. Selain itu, gestur ini juga dapat membuat audiens penasaran akan hal yang ingin disampaikan selanjutnya.

4 dari 10 halaman

3. Menaruh tangan di depan dada artinya menyatakan kepada publik bahwa apa yang disampaikan sepenuhnya jujur. Gestur universal ini akan dirasakan oleh publik bahwa pembicara bersungguh-sungguh terhadap ucapannya.

5 dari 10 halaman

4. Gestur mengepalkan tangan dapat memberi sentuhan emosional dalam pidato. Selain itu, ini juga berarti sebagai sebuah ajakan kepada publik.

6 dari 10 halaman

5. Gestur ala karate biasa digunakan oleh politisi untuk menegaskan suatu hal yang penting. Gestur ini lebih baik digunakan untuk berbicara kepada orang banyak.

7 dari 10 halaman

6. Gestur menggunakan kedua tangan artinya menegaskan dua hal yang berbeda secara bersamaan. Ini juga membantu pembicara untuk membedakan kedua poin tersebut.

8 dari 10 halaman

7. Gestur menggunakan jempol artinya memberi kesan positif atas apa yang diucapkan. Gestur ini juga biasa digunakan oleh politisi sebagai bentuk ajakan kepada publik.

9 dari 10 halaman

8. Gestur meletakkan satu telapak tangan di atas yang satunya berarti menegaskan kesimpulan dari seluruh pidato. Gestur ini juga mengajak publik untuk menyimak dan mengingat poin tersebut.

10 dari 10 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading