Sukses

4 Fakta Pemilu Kanada, PM Justin Trudeau Incar Masa Jabatan Kedua

Warga Kanada akan melaksanakan pemilihan umum pada Senin 21 Oktober 2019 malam waktu setempat.

Liputan6.com, Ottawa - Warga Kanada akan melaksanakan pemilihan umum pada Senin 21 Oktober 2019 malam waktu setempat. Rakyat Negeri Maple akan menentukan akankah mereka memberikan kesempatan bagi partai Liberal pimpinan Perdana Menteri Justin Trudeau untuk masa jabatan kedua.

Partai-partai telah melakukan kampanye kepada pemilih selama lima pekan terakhir, di mana mereka bersaing untuk meraih kursi mayoritas di parlemen (total 338 kursi), dengan pemimpin partai yang dominan di legislatif akan menjadi Perdana Menteri Kanada --skema pemilu sistem parlementer.

Sekarang saatnya bagi pemilih untuk mulai bekerja dan memberikan suara mereka.

Berikut lima fakta pemilu Kanada yang berlangsung hari ini, seperti dikutip dari BBC, Senin (21/10/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Trudeau Diperkirakan Kembali Terpilih

Setelah memenangkan kemenangan bersejarah dengan unggul usai tertinggal dalam pemilu empat tahun lalu, pemimpin Partai Liberal Justin Trudeau (47) sedang berusaha untuk mempertahankan kursinya.

Dia telah menepati sejumlah janji kunci, dari melegalkan ganja rekreasi hingga membawa program tunjangan anak yang telah teruji. Namun dia juga gagal menindaklanjuti beberapa komitmen utama.

Sumpah untuk merombak sistem pemilihan Kanada tak rampung dan janji untuk menyeimbangkan anggaran tahun ini telah dilanggar.

Dan sementara publik Kanada memiliki bulan madu politik yang lebih lama dari biasanya dengan Trudeau, dia sejak itu kehilangan sebagian dari kemilauannya.

Pertama, Trudeau dituduh melanggar aturan etika federal dengan mengambil liburan tropis ke pulau yang dimiliki oleh Aga Khan, dermawan dan pemimpin spiritual, pada tahun 2016.

Kemudian datanglah perjalanan ke India yang membawa bencana bagi citranya.

Berlangsung dengan latar belakang foto-foto yang menampilkan keluarga Trudeau dalam pakaian tradisional India yang rumit, perjalanan itu berakhir dengan kontroversi ketika seorang separatis Sikh Kanada diundang ke acara resmi.

Kemudian muncul pukulan ketiga - perselingkuhan SNC-Lavalin, sebuah krisis politik terkait dengan upaya untuk menekan mantan jaksa agung Kanada untuk memotong kesepakatan bagi sebuah perusahaan yang menghadapi pengadilan korupsi, yang menodai citra Trudeau terhadap orang Kanada.

Dia juga menghadapi kritik setelah pemerintahnya membeli pipa minyak senilai 4,5 miliar dolar Kanada untuk membantu memastikan ekspansi dan tidak membatalkan perjanjian senjata kontroversial dengan Arab Saudi.

Trudeau mengatakan dia tetap menjadi pilihan terbaik bagi warga Kanada yang menginginkan pemerintahan progresif --tetapi dia tidak bisa lagi berkampanye sebagai orang luar dengan janji perubahan.

"Dia sekarang memiliki catatan untuk dijalankan," kata ilmuwan politik Kanada, Alex Marland.

Sejarah pribadi Trudeau sendiri juga telah menjadi batu sandungan bagi upaya pemilihannya kembali, setelah dia tiga kali mengenakan wajah hitam atau cokelat - yang diterima secara luas sebagai karikatur rasis - terungkap selama kampanye.

Insiden terbaru adalah pada tahun 2001, dan dia terpaksa meminta warga Kanada untuk memaafkannya.

3 dari 5 halaman

2. Mereka yang Bersaing

Justin Trudeau menghadapi sejumlah wajah baru yang berusaha merebut kursi PM Kanada dari tangannya.

Pemimpin konservatif Andrew Scheer memiliki kesempatan terbaik untuk menggulingkan perdana menteri - tetapi pria berusia 40 tahun itu relatif tidak dikenal setelah memenangkan pemilihan kepemimpinan partai dengan tipis pada 2017.

Ia juga tidak memiliki "ketenaran Justin Trudeau," kata Matthew John, analis untuk firma hubungan pemerintah Crestview Strategy, yang memiliki ikatan dengan partai tersebut.

Ini juga akan menjadi kampanye federal pertama untuk Jagmeet Singh, 40 tahun dari NDP, yang mengambil alih pimpinan partai berhaluan kiri dua tahun lalu.

Partainya berjuang untuk mengumpulkan dana, sepertiga dari pesaing internal partai memutuskan untuk tidak mencalonkan diri lagi, dan partainya lambat untuk mengumumkan daftar kandidat penuh.

Di awal kampanye, para analis politik memperkirakan partai itu dapat kehilangan sebagian besar kursi mereka. Namun, orang dalam NDP Anne McGrath mengatakan bahwa sementara ada tantangan, bersaing dalam pemili sebagai underdog berarti mereka bisa "mengungguli harapan."

Figur lain yang bersaing adalah Jagmeet Singh dari NDP, Elizabeth May dari Green Party Canada, dan Yves-Francois Blanchet dari Bloc Quebecois.

4 dari 5 halaman

3. Isu Ekonomi dan Perubahan Iklim

Isu lingkungan dan ekonomi telah muncul sebagai prioritas utama bagi Kanada dalam pemilihan tahun ini.

Ekonomi Kanada menunjukkan tanda-tanda momentum dan pengangguran hampir mencapai titik terendah dalam sejarah - tetapi tidak semua keluarga merasa mereka maju.

Pada tahun 2018, rata-rata orang Kanada berhutang $ 1,74 untuk setiap dolar yang mereka peroleh - rasio utang tertinggi untuk negara anggota G7. Tingginya harga perumahan di kota-kota seperti Toronto dan Vancouver berarti kepemilikan rumah adalah sebuah tantangan.

Liberal menggembar-gemborkan prestasi seperti program tunjangan anak mereka, yang membantu menarik sekitar 278.000 anak dari kemiskinan pada tahun 2017, menurut statistik federal.

Konservatif memfokuskan pesan mereka pada warga Kanada yang cemas tentang masa depan keuangan mereka.

Satu garis pertempuran yang tajam telah ditarik atas pajak karbon federal, yang dikenakan pada empat dari 10 provinsi Kanada yang gagal memperkenalkan rencana mereka sendiri untuk mengatasi perubahan iklim.

Harga nasional untuk emisi karbon adalah inti dari upaya kaum Liberal untuk memenuhi komitmen Perjanjian Paris negara itu.

Sementara itu akan meningkatkan hal-hal seperti biaya bensin dan bahan bakar, partai berpendapat biaya-biaya tersebut dikembalikan ke Kanada melalui potongan pajak tahunan.

Tetapi "ada banyak orang - mungkin bahkan orang yang berpikir (perubahan iklim) adalah masalah - yang mengatakan 'Saya tidak punya uang sekarang'", kata John.

Scheer, yang menyebutnya "pajak tidak adil atas segalanya", telah bersumpah untuk mencabut pajak karbon sebagai pesanan bisnis pertamanya jika terpilih.

NDP juga mengukir ceruk atas keterjangkauan dengan berbicara utang siswa, perumahan dan perawatan anak.

5 dari 5 halaman

4. Partai yang Diperkirakan Menang

Partai Liberal Kanadan terus mendapatkan dukungan setelah jumlah mereka meningkat awal tahun ini pasca-terungkapnya skandal SNC-Lavalin.

Pada awal kampanye, jajak pendapat nasional menunjukkan bahwa Partai Liberal dan Konservatif secara kasar bersaing dengan lebih dari 30% dukungan populer masing-masing pada awal kampanye.

Mereka mengakhirinya cukup banyak di posisi yang sama - meskipun masing-masing telah melihat dukungan mereka menurun.

NDP ditempatkan di tempat ketiga secara nasional tetapi dimulai dengan sekitar 14% pemilih Kanada mengatakan jika mereka akan memilih hari ini, mereka akan memberikan suara untuk partai itu dan sekarang berada di sekitar 18% hingga 20% dukungan, tergantung pada survei.

Bloc Quebecois memperoleh posisi terbanyak, dan sekarang mengejar dekat Partai Liberals di Quebec.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.