Sukses

14 Polisi Tewas Disergap di Kawasan Sengketa Kartel Narkoba Meksiko

Konvoi polisi Meksiko disergap orang-orang bersenjata berat di sejumlah truk pikap, yang kemudian menembaki petugas dan membakar kendaraan mereka.

Liputan6.com, Mexico City - Peristiwa penembakan meletus di barat Meksiko. Sebanyak 14 polisi tewas dan tiga lainnya cedera akibat peristiwa tersebut.

Menurut laporan BBC, Selasa (15/910/2019), polisi sedang melaksanakan perintah pengadilan di El Aguaje, negara bagian Michoacán, ketika konvoi mereka disergap.

Laporan yang beredar menyebutkan bahwa konvoi dikelilingi oleh orang-orang bersenjata berat di sejumlah truk pikap, yang kemudian menembaki petugas dan membakar kendaraan mereka.

Sebuah kelompok kriminal yang kuat, Jalisco Nueva Generación Cartel, diyakini berada di balik serangan itu.

Pihak berwenang mengatakan semua sumber daya akan dikerahkan untuk menemukan dalang serangan tersebut. Wilayah ini adalah hotspot untuk kekerasan terkait perang antar-kartel narkoba.

El Aguaje dianggap memiliki kepentingan strategis antara dua kartel yang sedang bertarung: Kartel Jalisco Nueva Generación (CJNG) dan kelompok sempalan yang disebut Los Viagras.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador telah berusaha menangani kejahatan narkoba sejak ia menjabat Desember lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelakunya CJNG?

Sebuah pesan yang tertinggal di situs itu mengarah kepada pelaku serangan dari orang-orang bersenjata yang terhubung dengan CJNG.

Pemimpin CJNG dibunuh oleh polisi Michoacan kurang dari sepekan yang lalu.

Di Michoacán pada Agustus lalu, sembilan orang ditemukan tergantung di jembatan dengan tujuh jasad lainnya ditemukan di jalan.

Sebelumnya, pemerintah federal juga sempat menawarkan bantuan kepada otoritas negara setelah serangan Senin 14 Oktober.

Gubernur Michoacan Silvano Aureoles Conejo mengatakan tidak akan ada impunitas atas serangan terhadap para perwiranya.

Wartawan BBC Will Grant di Mexico City melaporkan, Kartel Jalisco telah tumbuh jauh lebih kuat dalam beberapa tahun terakhir. Sejauh ini tak ada kemenangan signifikan terhadap mereka baik oleh pemerintah negara bagian atau federal.

3 dari 3 halaman

Lebih dari 29.000 Pembunuhan

Terlepas dari upaya pemerintah untuk mengatasi kejahatan narkoba, tahun lalu tercatat jumlah pembunuhan yang tercatat lebih dari 29.000.

Lebih buruk lagi, tahun ini diperkirakan jumlah tersebut akan melampaui angka itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini