Sukses

Cegah Kebakaran, California Bakal Putus Listrik 900.000 Lebih Pelanggan

Liputan6.com, California - Pemadaman listrik rencananya akan dilakukan oleh Pacific Gas & Electric (PG&E) di California. Lebih dari 900.000 pelanggan diperkirakan terdampak sejak Rabu, 9 Oktober 2019 dini hari waktu setempat.

Langkah pemadaman tersebut harus dilakukan karena angin kering yang dapat menurunkan aliran listrik dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Dilansir dari CNN, Rabu (9/10/2019), Sam Liccardo selaku Wali Kota San Jose memberi peringatan kepada warganya serta pelaku bisnis untuk mempersiapkan hari-hari ke depan tanpa adanya listrik. Ia meyakini bahwa hal tersebut akan memberi dampak kepada hampir dua juta orang.

Sebelumnya, PG&E dan Southern California Edison menaikkan estimasi jumlah orang yang akan terkena dampak dari 600.000 menjadi hampir 800.000 di 34 county wilayah utara, tengah dan pesisir.

"Mengingat masalah angin yang akan berlangsung lama, serta sejumlah besar jalur listrik yang perlu diperiksa sebelum restorasi, masyarakat diharapkan untuk mempersiapkan diri untuk pemadaman yang berkepanjangan." Demikian kutipan dari surat pernyataan yang dikeluarkan oleh PG&E.

Menurut Komisi Utilitas Publik California, utilitas negara bagian mengembangkan rencana pemadaman daya keselamatan publik sebagai upaya langkah pencegahan terakhir. Mereka yakin bahwa akan ada risiko nyata kabel listrik terputus dalam kondisi kering dan berangin.

2 dari 3 halaman

Peringatan 'Red Flag'

Layanan Cuaca Nasional memberi peringatan 'red flag' pada Rabu dan Kamis, mengingatkan kepada masyarakat mengenai kemungkinan terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh kondisi cuaca untuk wilayah Coastal Range, Sacramento Valley, San Joaquin Valley, and Sierra Nevada yang berada di bawah 6.000 kaki.

"Kondisi saat ini sangatlah kering, berangin besar dan panas. Hal tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah secara tiba-tiba," ujar Ray Riodan, direktur Office of Emergency Management di San Jose pada saat konferensi pers.

California Department of Forestry & Fire Protection mengatakan bahwa tim pemadam kebakaran sedang mempersiapkan segala sesuatunya namun juga mengingatkan masyarakat California untuk tetap berjaga-jaga sejak banyaknya kebakaran yang mematikan terjadi sejak bulan Oktober sampai Desember. 

Piha berwenang meminta masyarakat untuk menyiapkan beberapa peralatan darurat seperti senter dan baterai, kotak P3K dan uang tunai serta mempersiapkan alat kesehatan yang membutuhkan daya listrik. 

Liccardo juga memberi peringatan kepada masyarakat untuk berlindung di suatu tempat karena lampu jalan dan sinyal juga akan terganggu saat pemadaman berlangsung. Ia juga menyarankan bagi setiap keluarga untuk menyiapkan rencana darurat termasuk persediaan makanan dan minuman bagi seluruh anggota keluarga dan binatang peliharaan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kota di Australia Ini Jadi Merah Bak Planet Mars Akibat Badai Debu
Artikel Selanjutnya
BMKG: Kabar Kekeringan Panjang dan El-Nino pada 2020 Tidak Benar