Sukses

KBRI Roma Rayakan Hari Batik dengan Penampilan Fashion Show dan Angklung

KBRI Roma, Italia rayakan hari kultural ini dengan acara fashion show dan penampilan angklung.

Liputan6.com, Roma - Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, pada 2 Oktober 2009 lalu.

KBRI Roma, Italia merayakan hari kultural ini dengan acara fashion show dan penampilan angklung.

KBRI Roma di sini bekerja sama dengan ASEAN Committee di Roma (ACR) untuk menyelenggarakan acara perayaan batik ini di Asiatica Film Festival di Roma, pada 1 Oktober 2019 lalu.

Pada fashion show, mereka menampilkan pakaian khas Indonesia yaitu Batik yang dipadukan dengan kebaya cantik dan anggun. Penampilan tersebut memukau para hadirin.

Sedangkan pada penampilan angklung, mereka melantunkan lagu dari musisi Westlife dengan judul 'I Have a Dream', mereka semua adalah orang Indonesia dan menggunakan batik juga.

 

Reporter: Windy Febriana

Simak Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perseteruan Batik antara Malaysia dan Indonesia

Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober bukanlah sebuah proses mudah. Perseteruan dengan Malaysia perihal perebutan kepemilikan batik haruslah dilalui sebelum akhirnya The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyatakan bahwa batik merupakan salah satu warisan budaya dari Indonesia yang harus dilestarikan.

Upaya panjang tersebut juga melibatkan beberapa pihak terkait, seperti pemerintah, pengrajin, pakar, asosiasi pengusaha, dan yayasan atau lembaga batik serta masyarakat luas.

Setelah batik resmi diakui oleh UNESCO, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata berharap bahwa ini akan memotivasi dan meningkatkan kesejahteraan para pengrajin batik di seluruh nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.