Sukses

9 Emoji WhatsApp Ini Kerap Disalahartikan, Berikut Makna Sesungguhnya

9 emotikon WhatsApp yang sering disalahartikan.

Liputan6.com, Jakarta - Di era modern ini, layanan berkirim pesan sudah tak lagi memanfaatkan surat atau, dalam kasus yang amat kuno, burung merpati. Terlebih sejak hadirnya ponsel pintar. Salah satu aplikasi berkirim pesan yang diunduh banyak penduduk dunia adalah WhatsApp.

Fitur yang disediakan oleh anak perusahaan Facebook ini memungkinkan kita untuk berkirim pesan lintas platform tanpa dikenakan biaya reguler seperti SMS, karena pemakai WhatsApp hanya membutuhkan paket data internet atau jaringan Wi-Fi untuk berkirim teks, foto, video, dokumen, kontak, lokasi, hingga pesan suara.

Ketika berbincang via WhatsApp, sebagian besar pengguna menggunakan emoji yang tersedia. Emotikon ini dianggap mampu mengekspresikan hampir semua jenis perasaan tanpa harus menuliskannya ke dalam kata-kata.

Namun di sisi lain, terkadang penggunaan emoji tidak mampu menyalurkan poin atau maksud dari orang yang kita ajak bicara. Akhirnya, terjadi miskomunikasi. 

Kenali arti dari 9 emoji WhatsApp berikut agar obrolan kita lebih bermanfaat dan kita bisa memahami lawan bicara kita dengan benar, seperti dikutip dari Bright Side, Sabtu (28/9/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Tangan Menempel

Banyak pengguna secara keliru percaya bahwa emoji tersebut melambangkan "orang yang sedang berdoa". Sebenarnya, ini adalah isyarat yang digunakan orang Jepang untuk meminta maaf. Selain itu, orang Amerika mengatakan emoji itu berarti "tos".

3 dari 10 halaman

2. Mulut Manyun

Sekilas, Anda mungkin mengira bahwa emoji ini berarti "memberi ciuman". Sesungguhnya, emoji ini melambangkan siulan.

4 dari 10 halaman

3. Pita Merah Jambu

Itu bukan pita merah muda biasa, tetapi simbol untuk melawan kanker. Dalam penggunaan luas, emoji ini juga kerap digunakan sebagai bentuk merayakan peristiwa bahagia.

5 dari 10 halaman

4. Telunjuk ke Bawah

Emoji ini tidak hanya melambangkan keinginan untuk mengarahkan perhatian teman ngobrol Anda pada teks-teks yang telah Anda kirim sebelumnya, tetapi juga melambangkan perasaan sedih dan sedang tidak mood.

6 dari 10 halaman

5. Tangan Dikepal ke Arah Kanan

Tinju yang menghadap ke kanan adalah tanda rasa hormat dan ucapan selamat.

7 dari 10 halaman

6. Silang Merah

Kita terbiasa berpikir bahwa emoji palang merah berarti larangan. Namun, terlepas dari itu, emoji ini juga melambangkan ciuman dalam obrolan bahasa Inggris.

8 dari 10 halaman

7. Wajah Merah Berkumis

Emoji tersebut mewakili topeng Tengu, setan dari mitologi Jepang.

Tengu dilambangkan pada sosok yang angkuh dan kerap puas akan diri sendiri. Emoji ini merupakan cara untuk mengisyaratkan kepada rekan obrolan Anda bahwa mereka adalah orang yang sombong.

9 dari 10 halaman

8. Muka Setan

Banyak yang mengartikan emoji ini sebagai sesuatu yang buruk, iblis, atau makhluk mengerikan lainnya. Namun pada kenyataannya, emoji tersebut memiliki makna yang sangat berlawanan dari yang kita sangka.

Ini melambangkan raksasa Jepang, Namahage, sang pengusir roh jahat.

10 dari 10 halaman

9. Huruf

Singkatan NG pada emoji di atas telah ditafsirkan dalam berbagai cara: tidak ada perempuan (no girls), tidak ada laki-laki (no guys), dan bahkan sesuatu yang berhubungan dengan nama keluarga Nguyen.

Bahkan, ada yang mengartikannya "sedang tidak baik" (not good). Di negara-negara Asia, ungkapan ini sering disingkat menjadi 2 huruf, yakni "N" dan "G".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini