Sukses

Respons Dunia Atas Meninggalnya Eks Presiden Zimbabwe Robert Mugabe

Berikut ini reaksi dan belasungkawa para pemimpin dunia bereaksi terhadap meninggalnya mantan presiden Zimbabwe Robert Mugabe.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Presiden Zimbabwe tiga dekade Robert Mugabe telah meninggal dunia di usia 95 tahun. Ucapan belasungkawa pun mengalir dari para pemimpin dunia terutama Afrika.

Robert Mugabe, pemimpin pemberontak yang memimpin Zimbabwe menuju kemerdekaan pada 1980 dan memerintah dengan tangan besi sampai pasukannya sendiri mengakhiri masa jabatannya yang hampir 40 tahun pada 2017, telah meninggal. Dia berumur 95 tahun.

Dalam mengumumkan kematian Mugabe pada hari Jumat, Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa memuji Mugabe sebagai "ikon pembebasan".

"Kontribusinya bagi sejarah bangsa dan benua kita tidak akan pernah dilupakan. Semoga jiwanya beristirahat dalam kedamaian abadi," kata Mnangagwa.

Kebangkitan dan kejatuhan Robert Mugabe dari Zimbabwe Mugabe telah menerima penghormatan khusus terutama dari para pemimpin Afrika.

Berikut ini adalah reaksi dari para pemimpin dunia terhadap kematiannya, seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (7/9/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Duka Dari Afrika

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa

Cyril Ramaphosa dilantik sebagai preisden baru Afrika Selatan pada Sabtu 25 Mei 2019 (AFP/Ruvan Boshoff)

Orang Afrika Selatan bergabung dengan rakyat dan pemerintah Zimbabwe untuk berduka, atas meninggalnya pejuang pembebasan dan pejuang perjuangan Afrika melawan kolonialisme.

Di bawah kepemimpinan Presiden Mugabe, perjuangan Zimbabwe yang gigih dan gagah berani melawan kolonialisme mengilhami perjuangan kita sendiri melawan apartheid, dan membangun dalam diri kita harapan bahwa suatu hari nanti Afrika Selatan juga akan bebas.

Banyak warga Zimbabwe membayar dengan nyawa mereka sehingga kami bisa bebas. Kami tidak akan pernah melupakan atau tidak menghormati pengorbanan dan solidaritas ini.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta

Presiden Uhuru Kenyatta saat memberikan suaranya pada 26 Oktober 2017 (AP Photo/Ben Curtis)

Pada saat masa sedih ini, pikiran dan doa saya ditujukan kepada keluarga, kerabat dan orang-orang Zimbabwe yang, selama bertahun-tahun ia layani dengan komitmen dan dedikasi.

Kata-kata tidak dapat menyampaikan besarnya rasa kehilangan, karena mantan Presiden Mugabe adalah seorang negarawan senior, pejuang kemerdekaan dan seorang Pan-Afrika yang memainkan peran utama dalam membentuk kepentingan benua Afrika.

Memang, kita akan mengingat mantan Presiden Mugabe sebagai orang yang berani, yang tidak pernah takut untuk memperjuangkan apa yang dia yakini bahkan ketika itu tidak populer.

Presiden Tanzania John Magufuli

Presiden Tanzania John Magufuli (AFP/Daniel Hayduk)

Afrika telah kehilangan salah satu pemimpin Pan-Afrika yang paling berani, yang memimpin dengan contoh dalam menentang kolonialisme.

Senator Oposisi Zimbabwe dan Pengacara Hak Asasi David Coltart, Di Twitter

Dia adalah raksasa di panggung Zimbabwe dan warisan positif abadi akan menjadi perannya dalam mengakhiri kekuasaan minoritas kulit putih dan memperluas pendidikan berkualitas untuk semua warga Zimbabwe.

Mpho Balopi, sekretaris jenderal, Partai Demokrat Botswana

Kamerad Mugabe adalah salah satu pejuang kemerdekaan paling terkenal di Afrika dan juga salah satu bapak pendiri dari apa yang sekarang dikenal sebagai SADC (Komunitas Pembangunan Afrika Selatan antar pemerintah, yang kantor pusatnya di Botswana).

Sejarah hubungan persaudaraan pihak kami masing-masing tidak akan lengkap tanpa menyebutkan Paman Bob, karena ia dikenal dengan penuh kasih sayang. Tidak diragukan bahwa ia meninggalkan bekas yang tak terhapuskan pada politik daerah.

Presiden Namibia Hage Geingob

Presiden Namibia Hage Geingob menyapa publik di Windhoek (Foto: Joordania Andima, AFP/File)

Sebagai warga Namibia, kami berhutang rasa terima kasih yang besar kepada Presiden Mugabe atas kontribusinya yang luar biasa dan tanpa pamrih bagi pembebasan negara kami ... Kehilangan rakyat Zimbabwe adalah hilangnya Afrika.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari

Presiden Nigeri Muhammadu Buhari (AP Photo)

Presiden bersimpati dengan anggota keluarga, teman dan kolega politik dari aktivis politik yang berjuang untuk kemerdekaan negara dari pemerintahan kolonial, dan menjalani sebagian besar hidupnya dalam pelayanan publik.

Presiden Buhari percaya pengorbanan Mugabe, terutama dalam memperjuangkan emansipasi politik dan ekonomi rakyatnya, akan selalu diingat oleh anak cucu.

3 dari 3 halaman

Duka Negara Asing

Kementerian Luar Negeri China

Mugabe adalah pemimpin gerakan pembebasan nasional dan politisi Zimbabwe yang luar biasa.

Sepanjang hidupnya, ia dengan tegas membela kedaulatan negaranya, menentang campur tangan asing, dan secara aktif mempromosikan persahabatan dan kerja sama China-Zimbabwe dan Tiongkok-Afrika.

Juru Bicara Perdana Menteri Inggris

"Akan ada berbagai emosi di Zimbabwe pada berita terkait kematian Robert Mugabe. Kami tentu saja menyatakan belasungkawa kami kepada mereka yang berduka, tetapi tahu bahwa bagi banyak orang ia adalah penghalang untuk masa depan yang lebih baik. Di bawah pemerintahannya, rakyat Zimbabwe sangat menderita ketika ia memiskinkan negara mereka dan sanksi penggunaan kekerasan terhadap mereka," katanya.

"Pengunduran dirinya pada 2017 menandai titik balik dan kami berharap hari ini menandai yang lain yang memungkinkan Zimbabwe untuk beralih dari warisan masa lalunya, dan menjadi negara yang demokratis dan makmur yang menghormati hak asasi manusia warganya," tambahnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin memberi sambutan saat perayaan Hari Angkatan Laut di St.Petersburg, Rusia, Minggu (30/7). Sebanyak 50 kapal perang dan kapal selam unjuk gigi di Sungai Neva dan Teluk Filandia. (AP/Alexander Zemlianichenko)

Banyak peristiwa penting dalam sejarah kontemporer Zimbabwe terkait dengan nama Robert Mugabe. Dia memberikan kontribusi pribadi yang besar pada perjuangan untuk kemerdekaan negara Anda dan untuk membangun institusi-institusi negara bagian Zimbabwe.

Orang-orang Rusia akan mengingatnya sebagai penganjur yang konsisten dalam mengembangkan hubungan persahabatan antara negara-negara kita, dan orang yang telah mencapai banyak hal untuk memperkuat kerja sama bilateral yang saling menguntungkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini