Sukses

Soal Homoseksualitas, Hitler dan Yesus, Ini Kutipan Populer Pemimpin Zimbabwe Robert Mugabe

Berikut ini sejumlah kutipan Robert Mugabe paling terkenal semasa hidupnya menjadi Presiden Zimbabwe.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dikenal karena masa pemerintahannya 37 tahun atau sekitar 3 dekade. Kini ia telah meninggal dunia, di usia 95 tahun.

Kematian Robert Mugabe diumumkan oleh penggantinya, Emmerson Mnangagwa, yang mengenangnya sebagai "ikon pembebasan".

"Dengan sangat sedih saya mengumumkan kematian bapak pendiri Zimbabwe dan mantan Presiden Cde Robert Mugabe," tulis Mnangagwa.

Mugabe, kepala negara tertua di dunia sebelum pengunduran dirinya pada 2017, adalah satu-satunya pemimpin yang dikenal warga Zimbabwe sejak kemerdekaan pada 1980.

Selama 37 tahun pemerintahannya, Robert Mugabe memicu banyak kontroversi, terutama karena penggunaan bahasa yang 'penuh warna'.

Berikut ini adalah kutipannya yang paling terkenal, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (7/9/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Tentang Imperialisme

- Pidato di Salisbury, 1962

"Afrika harus kembali seperti semula sebelum kaum imperialis membaginya. Ini adalah pembagian artifisial yang kita, dalam konsep pan-Afrika, akan coba singkirkan."

 - Permohonan untuk populasi kulit putih Zimbabwe pada rapat umum ZANU-PF, 1980

"Tetap bersama kami, tolong tetap di negara ini dan merupakan bangsa yang didasarkan pada persatuan nasional."

- Saat Kampanye Pemilu, 2008

"Hanya Tuhan, yang menunjuk saya, yang akan menyingkirkan saya - bukan MDC (partai oposisi), bukan Inggris. Hanya Tuhan yang akan menyingkirkan saya!"

- Kampanye ZANU-PF, 2002

"Partai kita harus terus menyerang ketakutan di hati orang kulit putih, musuh kita yang sebenarnya."

3 dari 10 halaman

Tentang Homoseksualitas

- Wawancara Radio ZDC, 2015

"Kami bertanya, apakah ia lahir sebagai homoseksualitas? Kami membutuhkan kesinambungan dalam ras kami, dan itu berasal dari para wanita bukan homoseksualitas. John dan John, bukan Maria dan Maria. Bukan. Mereka lebih buruk daripada anjing dan babi. Saya memelihara babi dan babi jantan tahu yang mana betina. "

- Majelis Umum PBB, 2015

"Kami sama-sama menolak upaya untuk meresepkan 'hak baru' yang bertentangan dengan nilai-nilai, norma, tradisi, dan kepercayaan kami. Kami bukan gay!" 

- Reli Mutare, 2013

 

4 dari 10 halaman

Tentang Hitler

- Pemakaman kenegaraan menteri kabinet, 2003

"Aku masih Hitler saat itu. Hitler ini hanya memiliki satu tujuan: keadilan bagi rakyatnya, kedaulatan rakyatnya, pengakuan akan kemerdekaan rakyatnya dan hak-hak mereka atas sumber daya mereka. Jika itu adalah Hitler, maka biarkan aku menjadi Hitler sepuluh kali lipat. Sepuluh kali, itulah yang kami perjuangkan. " 

5 dari 10 halaman

Tentang Ekonomi

- Dalam sebuah interview pada 2007

"Ekonomi kita seratus kali lebih baik daripada rata-rata ekonomi Afrika. Di luar Afrika Selatan, negara apa yang (sebagus) Zimbabwe? ... Apa yang kurang sekarang adalah barang-barang di rak - itu saja." 

6 dari 10 halaman

Tentang Kriket

- Ini adalah kutipan yang dilaporkan secara luas, tetapi tidak jelas kapan Mugabe mengatakan ini

"Kriket memasyarakatkan orang dan menciptakan Anda semua. Aku ingin semua orang bermain kriket di Zimbabwe; aku ingin kriket kita menjadi bangsa Anda."

7 dari 10 halaman

Tentang Presiden AS

- Majelis Umum PBB, 2007

"Biarkan Bush membaca sejarah dengan benar. Biarkan dia menyadari bahwa baik secara pribadi maupun dalam kapasitas perwakilannya sebagai presiden Amerika Serikat saat ini, dia mewakili 'peradaban' ini, yang menduduki, yang dijajah, yang dipenjara, yang terbunuh. Dia memiliki banyak hal untuk menebus dan sangat sedikit untuk mengajari kita tentang Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia. Tangannya meneteskan darah tak berdosa dari banyak negara. "

- Wawancara Radio ZDC, 2015

"Saya baru saja menyimpulkan - sejak Presiden Obama mendukung pernikahan sesama jenis, mengadvokasi orang-orang homoseksual, dan menikmati ekspresi wajah yang menarik - jadi jika itu perlu, saya akan melakukan perjalanan ke Washington, DC, berlutut, dan melamarnya."

- Majelis Umum PBB, 2017

"Beberapa dari kita merasa malu, jika tidak takut, dengan apa yang tampak sebagai kembalinya Goliat raksasa. Apakah kita akan mengalami kembalinya Goliath ke tengah-tengah kita, yang mengancam kepunahan negara-negara lain?"

- Majelis Umum PBB, 2017

"Boleh saya katakan kepada Presiden Amerika Serikat, Tuan Trump, tolong tiup sangkakala Anda. Tiup sangkakala Anda dengan cara musikal menuju nilai-nilai persatuan, perdamaian, kerja sama, kebersamaan, dialog, yang selalu kami perjuangkan."

8 dari 10 halaman

Tentang Sosok Pengganti

- Wawancara TV, 2016

"Menyiapkan seorang penerus, apakah ini warisan? Dalam sebuah pesta demokrasi, kamu tidak ingin para pemimpin ditunjuk seperti itu. Mereka harus ditunjuk dengan benar oleh rakyat."

9 dari 10 halaman

Tentang Inggris

- Kampanye Mutare, 2013

"Inggris adalah negara yang sangat dingin dan tidak bisa dihuni dengan rumah-rumah kecil." 

- KTT Bumi, Afrika Selatan, 2002

"Kami telah memperjuangkan tanah kami, kami telah berjuang untuk kedaulatan kami, sekecil apa pun kami, kami telah memenangkan kemerdekaan kami dan kami siap untuk menumpahkan darah kami ... Jadi, Blair menjaga Inggris Anda, dan biarkan saya mempertahankan Zimbabwe saya." 

10 dari 10 halaman

Tentang Yesus

- Ucapannya Saat Ulang Tahun ke-88

"Aku telah mati berkali-kali - di situlah aku telah mengalahkan Yesus. Yesus mati sekali dan bangkit sekali."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini