Sukses

5 Mutasi Genetik Ini Bisa Bikin Manusia Punya Kekuatan Super

Berikut, 5 mutasi genetika yang bisa bikin manusia punya kekuatan super.

Liputan6.com, Jakarta - Pada titik tertentu, semua orang berfantasi tentang menjadi pahlawan super, membayangkan untuk menggunakan kekuatan luar biasa melawan kekuatan jahat.

Untungnya, mimpi-mimpi itu mungkin sudah hampir menjadi kenyataan. Para ahli genetika melacak mutasi spesifik yang bertanggung jawab atas beberapa kemampuan yang benar-benar luar biasa.

Berikut, 5 mutasi genetika yang bisa bikin manusia punya kekuatan super, seperti dikutip dari Listverse, Kamis (25/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kecepatan Super

Kita semua memiliki kemampuan alami untuk berlari. Namun, beberapa orang tampaknya secara alami lebih baik dalam keterampilan yang sangat mendasar itu.

Tentu saja, itu bisa dicapai dengan latihan atau steroid, tetapi para ahli genetika percaya jawabannya bukan itu.

Gen ACTN3 hadir dalam setiap tubuh manusia, tetapi sebagian kecil darinya bermutasi untuk membantu kita menghasilkan zat yang sangat istimewa. Protein ini, alpha-actinin-3, bertanggungjawab untuk mengendalikan serat otot yang bergerak cepat yang memungkinkan kita untuk berlari.

Peningkatan jumlah menyebabkan ledakan kekuatan otot yang lebih eksplosif, yang diterjemahkan ke dalam kinerja yang lebih baik di semua jenis olahraga, terutama lari cepat.

Menariknya, ada dua versi gen mutan ini, dan atlet dengan keduanya telah terbukti memiliki kinerja yang lebih baik daripada rekan-rekan mereka dengan kromosom konvensional.

3 dari 6 halaman

2. 'Tak Terpatahkan'

Meskipun tulang merupakan salah satu organ yang paling keras dalam tubuh manusia, namun jelas, tulang tidak kebal.

Kecuali, jika Anda mendapati diri Anda memiliki mutasi gen LRP5 yang sangat langka.

LRP5 bertanggung jawab atas kepadatan tulang Anda. Para peneliti telah mengetahui untuk sementara waktu bahwa mutasi pada gen ini dapat menyebabkan kepadatan tulang yang lebih rendah, atau osteoporosis.

Namun, baru-baru ini ditemukan bahwa mereka dapat menyebabkan efek sebaliknya juga. Satu keluarga Connecticut telah ditemukan memiliki mutasi LRP5 yang memberikan kepadatan tulang mereka yang luar biasa sehingga mereka hampir tidak bisa patah.

Tidak satu pun dari mereka yang pernah mengalami patah tulang. Berfokus pada tulang belakang, tengkorak, dan panggul, peningkatan kekuatan ini memberi anggota keluarga kerangka terkuat yang diketahui di Bumi.

4 dari 6 halaman

3. Super Fleksibel

Bagi mereka yang lahir dengan kondisi genetik yang dikenal sebagai Sindrom Marfan, tendon dan ligamen mereka akan lentur bak karet gelang.

Mutasi pada gen yang bertanggung jawab untuk memproduksi protein fibrillin-1 menyebabkan tubuh membuat jaringan ikat dengan fleksibilitas manusia super --seperti Mr Fantastic.

Penderita dapat mengalami ekstremitas yang panjang dan cacat wajah. Masalah dengan kerangka, sistem saraf, dan bahkan jantung juga bisa muncul akibat cacat genetik, beberapa di antaranya bisa berakibat fatal.

5 dari 6 halaman

4. 'Super Kuat'

Manusia super kuat bisa saja ada, jika mereka terlahir dengan mutasi pada gen penghasil protein myostatin.

Myostatin memberitahu tubuh untuk berhenti memproduksi otot ketika cukup banyak telah dibuat.

Mutasi pada gen penghasil myostatin bisa membuat otot secara otomatis tumbuh dua kali ukuran rata-rata, sementara timbunan lemak berkurang separuhnya.

Sejumlah orang di seluruh dunia memiliki kondisi ini, dan para ilmuwan berusaha untuk memanfaatkan kekuatannya. Dipercayai bahwa dengan mempelajari gen-gen mutan ini, suatu hari kita mungkin dapat menyembuhkan kondisi otot seperti otot terkilir.

6 dari 6 halaman

5. 'Kebal'

Gen SCN11A menentukan jumlah natrium dalam sel-sel tubuh. Ini mungkin kedengarannya tidak terlalu mengesankan, sampai Anda menyadari bahwa sel-sel saraf menggunakan natrium untuk memutuskan kapan mengirim sinyal rasa sakit.

Mutasi pada gen itu akan menurunkan kadar natrium yang diproduksi, membuat sel-sel saraf menjadi lebih sedikit menerima sinyal rasa sakit, atau membuat tubuh benar-benar kebal terhadap rasa sakit.

Namun, anehnya, orang-orang dengan kondisi yang tampaknya patut ditiru ini rentan terhadap patah tulang dan melukai diri sendiri tanpa disengaja. Tanpa rasa sakit untuk mengatakan kepada mereka untuk tidak melakukan sesuatu, mereka memiliki kecenderungan untuk melukai diri mereka sendiri.

Namun, gen mutan mereka sangat langka dan berharga, karena mereka mungkin menjadi kunci obat nyeri revolusioner baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.