Sukses

Pertandingan NBA Tertunda Akibat Gempa Magnitudo 7,1 di California

Akibat insiden tersebut, pertandingan antara Pelicans dan Knicks di Thomas & Mack Center ditunda pada pukul 19.53 waktu setempat.

Liputan6.com, California - Pertandingan NBA Summer League pertama bagi pemain basket Zion Williamson tidak berjalan baik. Sebab, gempa bermagnitudo 7,1 melanda California Selatan pada Jumat malam waktu setempat, 5 Juli 2019.

Dikutip dari laman Forbes, Sabtu (6/7/2019) akibat insiden tersebut, pertandingan antara Pelicans dan Knicks di Thomas & Mack Center ditunda pada pukul 19.53 waktu setempat.

Padahal, pertandingan tersebut telah memasuki babak kuarter keempat.

"Laporan dari Lembaga Geologi Amerika Serikat mengatakan bahwa Gempa Bumi di California Selatan adalah magnitudo 7,1," kata Doris Burke dari channel ESPN.

Pertandingan ini menampilkan debut NBA pertama bagi Williamson yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar Pelicans.

Selain itu, LeBron James, Anthony Davis, dan Floyd Mayweather menjadi headline parade bintang-bintang olahraga yang bermain untuk pertandingan itu.

Pertandingan ini pun juga dianggap penting, sebab ada 1.000 kredensial media yang dikeluarkan guna meliput penampilan perdana itu.

Pertandingan liga ini juga dinanti banyak penonton. Sekitar 17.500 tiket habis terjual.

Pusat gempa terletak di dekat Kota Ridgecrest, Negara Bagian California AS, sekitar 100 mil dari Los Angeles, lapor portal berita daring LA Times

Pasca-gempa primer yang terjadi pada Kamis, 4 Juli 2019, telah terdapat kerusakan kecil di sekitar pusat gempa. Saat itu, para ilmuwan telah memperingatkan bahwa lindu 6,2 yang terjadi dapat memicu guncangan yang lebih besar.

Kota Ridgecrest telah diguncang oleh banyak gempa susulan pada beberapa hari terakhir, termasuk yang berkekuatan 5,4 - sebelum lindu 7,1 menghantam.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Sebelumnya

Sementara itu, gempa magnitudo 6,4 yang mengguncang Kota Ridgecrest pada Kamis 4 Juli 2019 telah menyebabkan kerusakan dan kebakaran.

Episentrum gempa bermagnitudo 6,4 itu berada di dekat Kota Ridgecrest, yang berjarak sekitar 240 km timur laut Los Angeles.

Petugas pemadam kebakaran memberikan bantuan medis dan menangani kebakaran di dalam dan sekitar kota yang terjadi pada Jumat 5 Juli, atau sehari usai gempa mengguncang.

Orang-orang dari Gurun Mojave hingga pesisir pantai Pasifik melaporkan merasakan gempa tersebut, yang melanda pada Hari Kemerdekaan AS atau 4th of July.

Ada kerusakan signifikan di Ridgecrest, yang terletak di barat daya pusat gempa, kata ahli geofisika setempat, Profesor John Rundle kepada BBC.

Dia menambahkan, beruntung gempa terjadi jauh dari pusat populasi besar di kota-kota California.

Rumah Sakit Regional Ridgecrest dievakuasi, kata Departemen Pemadam Kebakaran Kern Conty (kabupaten). Layanan itu telah menanggapi hampir dua lusin insiden mulai dari bantuan medis untuk cedera ringan hingga kebakaran.

Gempa susulan telah diramalkan oleh Lucy Jones, seismolog dari US Geological Survey (USGS) pada Jumat pagi. Jones mengatakan kemungkinan akan ada sejumlah gempa susulan di wilayah California, dengan beberapa diperkirakan memiliki magnitudo kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika
    Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika

    Amerika Serikat

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Basket

  • NBA