Sukses

Kehadiran Ivanka Trump di KTT G20 Jadi Bahan Lelucon, Warganet Panen Meme

Liputan6.com, Washington DC - Kehadiran Ivanka Trump dalam KTT G20 menyedot perhatian publik. Sejumlah orang mempermasalahkan peran apa yang ia punya sehingga memiliki panggung dalam konferensi setingkat pemimpin negara itu.

Secara resmi, kapasitas Ivanka adalah sebagai penasihat presiden Amerika Serikat yang tak lain ayahnya sendiri. Itulah mengapa ia selalu hadir di Gedung Putih, bersama dengan suaminya Jared Kushner. Hampir mirip dengan Ivanka, Kushner berperan dalam sejumlah pembahasan diplomatik misalnya masalah Israel-Palestina.

Ivanka dan Kushner sering bepergian dengan Presiden AS Donald Trump. Terakhir, Kushner berperan penting dalam konferensi Bahrain tentang perdamaian Timur Tengah dengan proposal ekonomi yang bombastis. Selain kontroversial karena diboikot Palestina, lokakarya itu tak membuahkan hasil sama sekali.

Meskipun warga AS telah terbiasa melihat Ivanka Trump dan suaminya ikut serta dalam rapat kabinet dan upacara di Oval Office, namun kehadiran putri Donald Trump dalam KTT G20 menimbulkan kesan khusus, mengutip Channel News Asia pada Selasa (2/7/2019).

Sebuah video yang memperlihatkan keterlibatan Ivanka dalam dialog bersama pemimpin dunia juga disorot banyak pihak. Rekaman yang dimaksud memperlihatkan putri sulung Trump mendekati Perdana Menteri Inggris Theresa May, kepala IMF Christine Lagarde, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Saat itu, mereka tengah membahas kebijakan tertentu.

Dia mencoba untuk ikut serta dengan percakapan tetapi tampaknya diabaikan oleh Lagarde, kepala IMF, yang mengerutkan kening.

Kritik terhadap tindakan Ivanka itu cukup luas beredar. 

Salah satu kritik paling keras diberikan oleh anggota Kongres dari kubu Demokrat, Alexandria Ocasio-Cortez.

"Mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, tetapi menjadi anak perempuan seseorang sebenarnya bukan kualifikasi karir," twit Ocasio-Cortez.

Sehari setelah penampilannya di KTT G20, Ivanka Trump juga ikut serta ke zona demiliterisasi Korea Utara-Selatan, dalam pembicaraan nuklir antara Donald Trump dengan Kim Jong-un.

Selain Ocasio-Cortez, warganet juga mengkritik sikap putri Donald Trump itu. Mereka mengekspresikan secara kreatif, yakni dengan meme.

2 dari 3 halaman

Ivanka dalam Perang Dunia II

Salah satu warganet membuat meme yang memperlihatkan kehadiran Ivanka di dalam konferensi Perang Dunia II yang terkenal di Yalta. Putri Donald Trump itu duduk bersama Presiden AS Franklin D. Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill dan pemimpin Soviet Joseph Stalin.

 

Tak hanya dalam konferensi Yalta, sosok Ivanka Trump juga diedit sedemikian rupa hingga terlihat seperti mengikuti sejumlah acara bersejarah lainnya. Gambar-gambar itu diposting dalam sebuah twit dengan tagar #UnwantedIvanka.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut:

Loading