Sukses

Terungkap, Misteri Mengapa Kontestan Miss India Terlihat Mirip

Liputan6.com, New Delhi - Sebuah kontes kecantikan di India menjadi sorotan publik setempat. Ajang Miss India adalah awal dari karier sejumlah superstar Bollywood, di antaranya adalah Priyanka Chopra. Maka tak mengherankan kaum perempuan di negara tersebut berlomba-lomba untuk menjadi pemenang dengan menunjukkan pesona yang dimiliki.

Sayang, pesona para calon Miss India 2019 baru-baru ini mendapatkan tanggapan yang kurang sedap. Foto-foto mereka yang dikumpulkan menjadi satu kolase, mengarah kepada kritik bahwa ajang itu terobsesi dengan standar kecantikan khusus: berkulit putih, demikian sebagaimana dikutip dari BBC News pada Kamsi (30/5/2019).

 

Kolase foto yang diterbitkan di surat kabar Times of India adalah milik kelompok penyelenggara kontes kecantikan tahunan. Diperlihatkan dalam gambar itu, 30 potret diri wanita yang "cantik".

Seorang pengguna Twitter membagikan gambar itu dan bertanya, "Apa yang salah dengan gambar ini?" yang kemudian menarik banyak warganet untuk memberikan tanggapan.

Ternyata keseluruhan dari peserta ajang Miss India itu memiliki karakteristik yang sama: rambut mereka yang tertata, mengkilap, panjang sebahu, dengan warna kulit yang hampir identik.

Warganet memberikan tanggapan yang beragam. Satu di antaranya bahkan memberikan lelucon bahwa seluruh kontestan sebetulnya orang yang sama.

 

2 dari 3 halaman

Kurang Keragaman Warna Kulit

Ketika gambar itu menjadi perbincangan yang semakin menarik di Twitter, para kritikus menyatakan bahwa walaupun tidak ada yang salah dengan citra para wanita itu sendiri, permasalahan pada ajang itu adalah kurangnya keragaman warna kulit. Hal itu menunjukkan kurangnya India dalam bersikap adil dalam mendefinisikan "cantik".

Kontes kecantikan telah menjadi bisnis serius di India sejak pertengahan 1990-an. Negara ini telah menghasilkan beberapa Miss India yang terkenal, seperti Aishwarya Rai, Sushmita Sen dan Chopra, yang juga memenangkan gelar di tingkat global. Banyak pemenang kontes juga melanjutkan karier sebagai aktris Bollywood yang menguntungkan.

Selama bertahun-tahun, institusi yang melatih wanita muda yang bercita-cita untuk berpartisipasi dalam kontes kecantikan telah menjamur di seluruh negeri.

Tetapi sekali lagi, banyak dari kesuksesan terbesar mereka adalah wanita yang berkulit terang.

3 dari 3 halaman

Kulit Putih Lebih Menarik?

Obsesi India terhadap warna kulit yang cerah, telah dikenal luas menurut laporan BBC News. Banyak orang menganggap kulit yang putih "lebih baik" dari pada warna yang lebih gelap. 

Sejak 1970-an, krim pemutih menjadi salah satu yan paling laris di negara tersebut dan selama bertahun-tahun, aktor dan aktris Bollywood terkemuka muncul di iklan untuk mendukung persepsi "kecantikan" tersebut.

Iklan untuk krim dan kosmetik semacam itu sering kali dibungkus sebagai representasi gaya hidup glamor, mempermudah mencari cinta, atau menikah.

Dan kontes seperti Miss India, menurut BBC News,  yang mendukung jenis warna kulit tertentu hanya akan berfungsi untuk melanggengkan stereotip itu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Donald Trump Menawarkan Diri Jadi Mediator Konflik Kashmir
Artikel Selanjutnya
Wahana Antariksa India Chandrayaan-2 Mulai Mengorbit, Misi ke Bulan Kian Dekat