Sukses

Buron Kasus Korupsi 1MDB Malaysia Diduga Terlibat Skandal Seks K-Pop

Buron kasus mega korupsi 1MDB Malaysia, Jho Low, dikabarkan terlibat dalam dugaan skandal seksual yang diatur oleh firma hiburan dari Korea Selatan.

Liputan6.com, Seoul - Buron skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB), Jho Low, dikabarkan terlibat dalam dugaan skandal seksual yang diatur oleh kepala firma hiburan YG Entertainment dari Korea Selatan, Yang Hyun-suk lima tahun silam.

Jho Low adalah buron Malaysia yang dicari oleh pihak berwenang di Malaysia, Singapura dan Amerika Serikat sehubungan dengan Skandal 1MDB di mana US$ 4,5 miliar diduga digelapkan dari perusahaan investasi negara.

Program Munhwa Broadcasting Corporation Straight (MBC Straight) yang mengudara Senin 27 Mei 2019 menuduh Yang Hyun-suk menjadi tuan rumah pesta makan malam dan membeli pelacur untuk dua investor kaya - Low Taek Jho alias Jho Low pada Juli 2014. Seorang investor lain adalah seorang pria dari Thailand.

Pesta itu mengundang 25 perempuan, termasuk lebih dari 10 yang berstatus pekerja seks dari sebuah perusahaan hiburan dewasa yang memiliki hubungan dekat dengan YG Entertainment.

Yang Hyun-suk juga mengundang delapan pria yang merupakan tamunya, menurut seorang saksi mata kepada MBC Straight.

Seorang aktris Korea Selatan, Hwang Hana, juga diundang.

YG membantah tuduhan itu sebagai "tidak berdasar."

"Orang-orang kaya yang menghadiri pertemuan pada waktu itu berasal dari luar negeri. Mereka membutuhkan seseorang yang bisa menafsirkan bahasa Inggris dan akrab dengan mereka. Hwang berasal dari AS, jadi dia diundang ke beberapa (dari pertemuan,)" menurut laporan MBC Straight, seperti dikutip The Star Malaysia, Rabu (29/5/2019).

Hwang, mantan tunangan bintang K-pop Park Yoo-chun, didakwa atas tuduhan menjual dan menggunakan metamfetamin pada tahun 2015, 2018 dan awal tahun ini.

MBC Straight juga menyebut nama Madam Chung, yang menurutnya memiliki hubungan dekat dengan Yang Hyun-suk serta para politisi dan taipan, karena telah memasok para pekerja seks ke berbagai pertemuan makan malam.

Simak video pillihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seorang Perempuan Mengaku Diperkosa

Dalam program yang disiarkan Senin 27 Mei malam, Straight menyiarkan wawancara dengan seorang perempuan yang mengklaim bahwa dia diperkosa oleh seorang pria Thailand.

Pria itu, yang didampingi oleh eksekutif dari anak perusahaan YG YGX, memperkosa perempuan itu di klub Burning Sun yang dimiliki oleh mantan anggota Big Bang Seungri. Klub itu telah diselidiki terkait tuduhan tersebut, menurut MBC Straight.

Namun, Kepolisian Korea Selatan membatalkan penyelidikan pemerkosaan, kata program TV itu.

Mereka telah menyatakan bahwa kasus tersebut akan diselidiki untuk menentukan fakta, jika perlu.

Seorang juru bicara Low Taek Jho alias Jho Low, melalui pengacara Amerika Serikat-nya, membantah tuduhan itu dalam sebuah pernyataan.

"Low adalah teman Psy, dan melalui dia bertemu Yang Hyun-suk. Dia tidak pernah terlibat, atau mengetahui, perilaku apa pun yang dituduhkan dalam laporan MBC Straight," demikian seperti dikutip dari Korea Herald.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.