Sukses

Vladimir Putin Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Liputan6.com, Moskow - Ucapan selamat atas terpilihanya Joko Widodo (Jokowi) dalam pilpres 2019 juga datang dari pemimpin Negeri Beruang Merah.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan tersebut kepada Jokowi yang kembali terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

Menurut Vladimir Putin, Jokowi merupakan pemimpin negara yang mempunyai prinsip pengembangan hubungan persahabatan terhadap sejumlah negara, termasuk Rusia.

Atas hal tersebut, hubungan antara Rusia dan Indonesia dikatakan Putin selalu berkembang dalam segala bidang.

"Sebagai kepala negara, Jokowi membantu memperluas kerja sama Rusia-Indonesia di berbagai bidang sebagai mitra. Seperti kerjasama dalam menangani masalah topikal di Wilayah Asia-Pasifik," ujar Putin seperti dikutip dari laman en.kremlin.ru, Kamis (23/5/2019).

Presiden Rusia menegaskan kembali kesiapannya untuk melanjutkan dialog konstruktif dan kerja sama untuk kepentingan rakyat Rusia dan Indonesia.

Ucapan Selamat dari Tokoh Dunia Lainnya

Ucapan Selamat juga mengalir dari sejumlah pemimpin dunia lain. Salah satunya adalah Perdana Menteri Australia.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison, yang baru terpilih kembali lewat pemilu akhir pekan lalu, merupakan salah satu pemimpin pertama di dunia yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi.

PM Australia menyebut Indonesia sebagai "salah satu negara yang memiliki hubungan strategis dan paling penting bagi Australia."

Ditambahkannya, betapa Australia "ingin memperdalam hubungan antara Australia dan Indonesia pada seluruh kepentingan bersama."

2 dari 3 halaman

Ucapan Selamat dari Narenda Modi

Pemimpin dunia lain yang juga menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi adalah Perdana Menteri India Narenda Modi.

"Selamat yang sebesar-besarnya kepada @Jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi besar, kami bangga atas keberhasilan perayaan demokrasi. Kami berharap Anda dan rakyat

"Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda."

Narenda Modi juga sedang menantikan hasil pemilu minggu lalu, yang akan diumumkan Kamis 23 Mei 2019. Sejumlah exit poll menunjukkan Partai Hindu Bharatiya Janata pimpinan Modi akan menang, tetapi belum ada kepastian apakah partai itu dapat menguasai kursi mayoritas.

3 dari 3 halaman

PM Malaysia - Mahathir Mohamad

 

Perdana Menteri Malaysia Dr. Mahathir Mohamad pun turut menyampaikan selamat.

"Tahniah kepada Bapak @Jokowi atas kemenangan secara resmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat selepas ini," cuitnya di Twitter.

Loading
Artikel Selanjutnya
Duka Jokowi Atas Wafatnya Ustaz Arifin Ilham
Artikel Selanjutnya
Presiden Erdogan Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi dalam Pemilu 2019