Sukses

Jelang 22 Mei, Malaysia Ingatkan Warganya di Indonesia agar Waspada

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Malaysia merilis notifikasi konsular bagi warga negaranya di Indonesia agar ekstra waspada jelang Rabu 22 Mei mendatang, setelah berbagai laporan menyebut tentang demonstrasi berkenaan pengumuman hasil Pilpres RI 2019.

Dalam akun Twitter resmi, Kedutaan Besar Malaysia mengimbau warganya bahwa "akan terjadi demonstrasi besar-besaran pada Rabu 22 Mei 2019 di kawasan dekaat bangunan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol dan bangunan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan M.H Thamrin di Jakarta Pusat."

"Demonstrasi juga diperkirakan terjadi di KPU dan Bawaslu kota-kota lain seluruh Indonesia."

"Oleh karena itu, rakyat Malaysia di Indonesia diimbau untuk menghindari kawasan-kawasan di atas. Sila ikuti perkembangan terkini melalui laporan media lokal dan menghindari mempercayai informasi yang diragukan kesahihannya."

''Rakyat Malaysia juga diimbau untuk mematuhi araan otoritas lokal setiap waktu."

 

2 dari 3 halaman

Singapura Turut Mengimbau Serupa

Pemerintah Singapura merilis imbauan perjalanan (travel advice) bagi warga negaranya di Indonesia agar waspada jelang pengumuman hasil Pilpres RI 2019 pada Rabu 22 Mei mendatang.

Dalam laman resmi, Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) menjelaskan, "ada sejumlah pemberitaan media atas kemungkinan demonstrasi pada 22 Mei 2019 di wilayah sekitar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan Thamrin, Jakarta."

"Demonstrasi dan perkumpulan massa serupa juga diperkirakan akan terjadi di beberapa kota di Indonesia."

"Warga Singapura di Indonesia disarankan untuk menghindari daerah-daerah perkumpulan massa ini, dan untuk memonitor media lokal secara dekat untuk mengetahui perkembangan terbaru," lanjut MFA dikutip pada Senin (20/5/2019).

Warga Singapura juga didorong untuk melakukan e-Register dengan Kementerian Luar Negeri di https://eregister.mfa.gov.sg.

3 dari 3 halaman

Australia Ingatkan Warganya di Indonesia agar Waspada

Pemerintah Australia merilis imbauan perjalanan (travel advice) bagi warga negaranya di Indonesia agar ekstra waspada jelang pengumuman hasil Pilpres RI 2019 pada Rabu 22 Mei mendatang.

Dalam laman resmi, Kementerian Luar Negeri Australia (DFAT) mengimbau warganya bahwa "pada 22 Mei 2019, KPU dijadwalkan akan mengumumkan hasil pemilu presiden dan legislatif."

"Otoritas Indonesia telah secara umum menyatakan bahwa ada peningkatan risiko kekerasan, dan kemungkinan tindakan terorisme, menjelang dan setelah pengumuman hasil pemilu," lanjut DFAT dikutip pada Senin (20/5/2019). baca selengkapnya...

Loading
Artikel Selanjutnya
PM Malaysia Ucapkan Tahniah Atas Kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019
Artikel Selanjutnya
Pilpres 2019, Wakil PM Malaysia Ucapkan Selamat kepada Jokowi