Sukses

Hujan Deras dan Banjir Sebabkan Buaya Besar Tersesat di Lahan Pertanian

Seekor buaya besar tersesat di lahan pertanian karena luapan banjir besar.

Liputan6.com, Arkansas - Ketika terjadi banjir, masalah yang dipikirkan kebanyakan orang adalah jalan yang rusak dan sisa genangan air.

Tetapi badai hujan yang melanda sebagian wilayah negara bagian Missouri dan Iowa, Amerika Serkat, memicu permukaan air sungai-sungai terdekat naik dan membawa kejutan yang tidak terduga.

Dikutip dari CNN pada Minggu (12/5/2019), sebuah keluarga di perbatasan negara bagian Arkansas menemukan seekor buaya sepanjang 9 kaki (setara 2,8 meter) di ladang pertanian mereka.

Kehadiran buaya itu adalah hal yang sangat tidak biasa di lingkungan terkait, karena habitat aslinya berada jauh di selatan yang beriklim semi tropis.

Frank Pierce dan keluarganya mengatakan kepada WMC-TV, bahwa mereka menemukan buaya besar berjemur di bawah sinar matahari pada hari Kamis.

Keluarga itu tinggal sekitar 144 kilometer dari Sungai Mississippi, di sebuah di wilayah karesidenan yang sama dengan salah satu anak sungainya, White River.

"Saya sekeluarga tengah dalam perjalanan untuk memancing, ketika tiba-tiba di tikungan, kami melihat seekor buaya berbaring di tengah ladang," kata Pierce.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Dikira Lelucon

Pierce pun segera menelepon polisi, dan menurut Sheriff setempat, David Lucas, pihaknya sempat tak mempercayai laporan tersebut, karena mustahil menemukan buaya di area pengawasannya.

"Ketika kami pertama kali menerima telepon, kami berpikir bahwa ini semacam lelucon, karena Anda tidak pernah melihat ada buaya hidup di utara," ujar Lucas.

Tetapi ketika sampai di tempat kejadian, mereka terkejut melihat bahwa laporan itu bukanlah lelucon.

Buaya tersebut dikabarkan masih di tempat serupa seperti yang dilaporkan keluarga Pierce, ketika para petugas penegak hukum datang mengeceknya. '

Laporan itu diteruskan ke Komisi Lingkungan dan Perikanan Arkansas (ACFC), yang mengatakan terdamparnya buaya itu disebabkan oleh air sungai yang meluap.

Menurut National Wildlife Federation, nama resmi lembaga konservasi lingkungan AS, buaya lebih umum ditemukan di beberapa negara bagian di Tenggara negara itu, seperti Louisiana, Alabama, Florida, dan Texas.

3 dari 3 halaman

Risiko Banjir Hingga Juni Mendatang

Sementara itu, menurut meteorolog CNN, Monica Garrett, air Sungai Mississippi telah meluap selama berminggu-minggu, dan risiko banjir akan terus menjadi perhatian hingga Juni mendatang.

Meski begitu, ACFC mengatakan bahwa sangat tidak biasa melihat banjir mampu membawa buaya tersesat jauh dari habitat aslinya di selatan.

Selain buaya, komisi terkait juga menemukan aligator sepanjang 1,2 meter, tidak jauh dari lokasi penemuan buaya.

Namun, aligator tersebut lepas dari pantauan, dan menurut perwakilan komisi setempat, kemungkinan sulit menemukannya kembali.

"Aligator dan reptil buas lainnya cenderung menghindari menusia, dan lebih memilih berada di sekitar perairan besar, seperti sungai dan danau," ujarnya seraya mengingatkan warga untuk tetap waspada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Buaya

Video Terkini