Sukses

Horor, Buaya Jalan di Pantai Kolombia Bikin Turis Kabur Ketakutan

Liputan6.com, Santa Marta - Gara-gara kemunculan buaya di pesisir pantai di Kolombia, para pengunjung pun dengan terpaksa melarikan diri. Mereka syok, ketakutan setelah reptil besar menyerbu pantai dan berjalan ke garis pantai.

Dalam video klip yang beredar, seperti dimuat Daily Mail, Rabu (16/1/2018), menunjukkan buaya besar Amerika berjalan ke pantai di Taman Alam Nasional Tayrona di Santa Marta, Kolombia utara. Sekelompok pria muda, yang tak mengira ada reptil besar dan berjalan ke arah binatang itu mendadak memutar arah dan berlari panik. Horor!

Jeritan dan teriakan bisa terdengar saat pengunjung pantai berkerumun di ujung pantai untuk melarikan diri dari hewan bersisik itu.

Buaya yang menuju perairan itu terlihat berhenti berjalan saat para pengunjung syok melihatnya.

Pejabat taman nasional kemudian mengingatkan pengunjung pantai, bahwa taman itu didirikan untuk melindungi satwa liar dan juga agar orang-orang dapat menikmatinya.

Kehadiran buaya itu sebenarnya pertanda positif. Namun, penjaga kemudian mengevakuasi pantai - untuk menyelamatkan buaya agar tidak terganggu oleh pengunjung yang ingin tahu dan sibuk merekamnya dengan smartphone --sekaligus melindungi mereka dari serangan reptil berbahaya itu.

Direktur taman nasional Luz Elvira Angarita mengatakan bukan hal yang aneh melihat buaya di daerah itu dan itu merupakan pertanda baik bagi keanekaragaman satwa liar di taman itu.

"Penting untuk diingat bahwa habitat ini tidak hanya untuk dinikmati orang, tetapi juga untuk perlindungan spesies satwa liar," kata Luz Elvira Angarita.

Buaya Amerika, juga dikenal di Kolombia sebagai Caiman Aguja, dapat mencapai panjang 6,1 meter (20 kaki) dan beratnya mencapai 907 kilogram (2.000 lb).

Mereka berpotensi berbahaya bagi manusia tetapi cenderung tidak seagresif beberapa spesies lainnya.

Para ahli menyarankan orang untuk tetap berada sejauh 20 meter (66 kaki) dari binatang itu, tidak memprovokasi mereka dan tidak berenang di daerah di mana reptil terlihat.

Sekitar 15 buaya jenis itu tinggal di taman nasional dan mereka juga dapat ditemukan dari Florida Selatan dan pantai-pantai Meksiko hingga ke selatan seperti Peru dan Venezuela, tetapi perburuan, polusi, dan hilangnya kebiasaan alami membuat jumlah mereka berkurang.

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Buaya 'Dinosaurus' Melintasi Pegolf di Florida

Buaya melintas pernah terjadi di lapangan golf Buffalo Creek Golf Course, Palmetto, Florida, dikejutkan dengan pemandangan fantastis yang mirip dengan cuplikan film Jurrasic Park.

Saat itu seeekor buaya raksasa tiba-tiba melintas dengan santai -- tak menghiraukan orang-orang di sekitarnya.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa (31/5/2016), pemandangan langka buaya serupa dinosaurus itu berhasil diabadikan dalam sebuah rekaman oleh seorang pegolf, Charles Helms.

Pegolf di Buffalo Creek Golf Course, Palmetto, Florida, dikejutkan dengan pemandangan fantastis yang mirip dengan cuplikan film Jurrasic Park.

Seekor buaya raksasa tiba-tiba melintas dengan santai -- tak menghiraukan orang-orang di sekitarnya.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa 31 Mei 2016, pemandangan langka buaya serupa dinosaurus itu berhasil diabadikan dalam sebuah rekaman oleh seorang pegolf, Charles Helms.

Wendy menambahkan, hewan sepanjang 15 hingga 16 kaki atau empat hingga lima meter itu telah berada di wilayah tersebut sejak lama.

"Orang-orang menduga dia sepanjang 15 hingga 16 kaki. Dia menjadi 'bintang' di lapangan golf ini, dan kami pun juga mendapat keuntungan," imbuhnya.

Charles kemudian mengunggah video tersebut ke dalam akun Facebook-nya. Alhasil, video itu ditonton banyak orang.

Seorang pengguna media sosial ikut berkomentar terkait peristiwa kemunculan buaya itu.

"Buaya tersebut terlihat seperti salah satu binatang raksasa yang keluar dari film Jurrasic Park," ujarnya.

Jika dugaan panjang hewan raksasa tersebut benar, maka hewan tersebut merupakan buaya terbesar dalam sejarah Florida -- mengalahkan rekor buaya sebelumnya, sepanjang 14 kaki atau 3.5 meter dengan berat 780 pon.

Berikut ini rekamannya:

PRABOWO SEBUT PERUSAHAAN PERUSAK LINGKUNGAN RAMAI DI ERA JOKOWI

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Menguak Tabir Tewasnya Deasy Tuwo di Kolam Buaya
Artikel Selanjutnya
3 Fakta yang Terkuak Usai Buaya Terkam Deasy Tuwo di Minahasa