Sukses

Dubes Belanda Rob Swartbol: Saya Akan Sangat Merindukan Indonesia...

Dalam acara King's Day, Duta Besar Belanda Rob Swartbol berpamitan sebelum mengakhir tugasnya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia merayakan hari lahir Raja Belanda Willem-Alexander atau King's Day pada Selasa, 30 April 2019. Dalam kesempatan itu, Duta Besar Rob Swartbol juga memanfaatkan momentum untuk berpamitan sebelum mengakhiri tugasnya di Indonesia.

Swartbol telah bertugas di Jakarta selama 4,5 tahun. Ia akan kembali ke Belanda dalam dua bulan, demikian mengutip Antara News pada Rabu (1/5/2019).

"Tentu kami akan sangat merindukan Indonesia, orang-orangnya, keragaman budaya, juga bentang alamnya," kata Swartbol.

Ia juga mengatakan, masyarakat Indonesia sangat ramah, baik mereka yang berada di Jakarta, Aceh, bahkan sampai Papua.

"Mereka hangat dan menyambut baik," lanjutnya.

Selain mengapresiasi sikap masyarakat Indonesia, Swartbol juga menyatakan kecintaannya terhadap kuliner tanah air.

Dubes Belanda yang akan bertugas di Rusia mulai Agustus mendatang itu, telah berkontribusi besar dalam kerja sama Indonesia dengan Negeri Tulip.

Swartbol pernah membahas kerja sama lintas negara terkait penanggulangan terorisme, dengan menemui Kepala Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius pada 2017 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang King's Day

King's Day diperingati setiap 27 April, di mana masyarakat Belanda akan mengenakan pakaian berwarna oranye sambil menikmati hari libur nasional.

Dalam perayaan King's Day Selasa malam di Jakarta, tampak seluruh dekorasi dibalut dengan warna oranye. Tulip berwarna senada juga menghiasi tempat acara.

Di sebuah pojok juga terdapat layar yang memperlihatkan sepak terjang Raja Willem-Alexander dan keluarga kerajaan. Termasuk memperlihatkan peringatan King's Day di Belanda.

"Suasananya mirip car free day setiap Minggu di sini, hanya saja semua orang memakai pakaian berwarna oranye," kata Dubes.

3 dari 3 halaman

Hadir Menteri Perhubungan Indonesia

Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Perhubungan Budi (Menhub) Karya Sumadi. Ia menyampaikan perkembangan kerja sama antara Indonesia dengan Negeri Kincir Angin.

Ia menjelaskan forum bilateral yang telah berlangsung pada Februari 2019 lalu.

"Kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama yang efektif dalam bidang pelatihan kejuruan di bidang transportasi, pembuatan kapal, pengembangan pelabuhan, dan bidang operasional lainnya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyinggung terkait pemilihan umum yang telah dilaksanakan di dalam negeri yang hampir bersamaan dengan pemilihan kepala daerah di Belanda.

"Sama seperti Belanda, tahun ini, Indonesia juga melakukan pemilihan umum. Tahun ini istimewa, karena kita dapat menyelenggarakan pemilihan presiden nasional, serta pemilihan anggota parlemen baik daerah maupun nasional secara serentak," tutur Menhub Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini