Sukses

Takut Barang Dicuri, Ini 2 Aksi Nekat Manusia Masuk Sinar X-ray

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda hendak pergi ke suatu tempat menggunakan pesawat terbang atau kereta, maka Anda akan melewati pos sinar X-ray yang telah dijaga oleh petugas.

Salah satu tujuan penggunaan X-ray adalah untuk mendeteksi benda bawaan apa saja. Barang terlarang seperti narkotika sangat dilarang oleh banyak negara.

Namun, ada saja kejadian aneh yang dilakukan penumpang saat melewati sinar X-ray. Bukan karena berusaha menyelundupkan barang seperti hewan, mereka pun turut masuk ke dalam sinar X-ray dengan alasan tertentu.

Takut Kehilangan Benda Bawaan

Kasus pertama yang membuat perut geli adalah seorang wanita asal Dongguan, Provinsi Guandong, China selatan.

Ia nekat masuk melewati X-ray yang digunakan untuk memeriksa barang. Ia melakukan itu untuk memastikan barang-barangnya aman dan tak diambil orang di sisi lainnya.

Rekaman CCTV dari Stasiun Kereta Api Dongguan East menunjukkan wanita itu keluar dari mesin, sementara seorang satpam tertawa di sampingnya.

Pengunjung lain yang melihat itu pun tak bisa menahan geli karena ulah tak biasa wanita yang tak disebutkan namanya itu.

Menurut laporan Shanghaiist, wanita itu sebenarnya tak masalah membiarkan barang bawaannya masuk ke mesin sinar-X. Akan tetapi, ia khawatir dengan tas tangannya karena membawa banyak uang pada saat itu.

Ia khawatir saat petugas sedang memeriksanya di sisi lain, tas tangannya diambil oleh orang. Karena itu, ia nekat naik ke dalam mesin sinar X-ray.

Aksinya tak sempat dicegah oleh petugas. Yang menarik, foto-foto mesin yang menyinari dirinya terlihat begitu lucu. Foto menggelikan menunjukkan bagaimana rupa wanita itu saat melewati sinar-X bersama barang-barangnya.

Meski ini terlihat lucu, petugas tetap mengingatkan masyarakat agar tidak masuk ke mesin sinar-X. Hal ini dikarenakan radiasinya sangat berbahaya bagi manusia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Bocah Masuk X-ray

Kejadian unik lainnya juga terjadi pada Oktober 2018. Petugas pemeriksa mesin X-ray di sebuah bandara di China menemukan sesuatu yang mengejutkan. Rekaman mengungkap, ada seorang anak menyelinap ke mesin tersebut.

Insiden bermula saat seorang ayah lepas penjagaan kepada salah satu anaknya.

Dalam video tersebut, seperti diberitakan The Sun, si ayah terlihat berjalan melalui pemeriksaan keamanan, lalu kebingungan melihat putranya tidak lagi bersamanya.

Ayah itu lalu panik dan terlihat mencari sang anak, sebelum akhirnya menemukan si buah hati muncul melalui mesin X-ray bandara, di atas ban berjalan. Kondisinya terpantau aman.

Staf keamanan di bandara menegaskan bahwa anak itu memang melewati mesin X-ray tersebut, kendati demikian The Sun belum dapat memverifikasi rekaman bocah itu di mesin pindai yang telah beredar luas.

Menurut situs Quora, pemindai bandara menghasilkan radiasi pengion, intensitas yang terlalu rendah untuk menimbulkan efek buruk pada tubuh manusia.

Ini bukan pertama kalinya manusia melewati pemindai bagasi.

Loading