Sukses

11 Hal Menakjubkan yang Cuma Bisa Dilihat dengan X-Ray

Ada hal dan benda yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Harus menggunakan bantuan lewat sinar-X atau sinar rontgen.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar manusia di muka Bumi dianugerahi penglihatan yang sempurna oleh Sang Pencipta sejak lahir. Namun ada beberapa hal atau benda yang tidak bisa dilihat langsung oleh mata manusia, sehingga perlu bantuan alat khusus seperti X-ray atau sinar-X.

Teknologi ini bisa membantu manusia untuk mengetahui lebih detil tentang sesuatu atau benda dari sudut pandang yang tak terduga. X-ray umumnya digunakan dalam diagnosis gambar medis atau di bandara-bandara internasional untuk mengecek barang bawaan calon penumpang.

Lalu, hal apa saja yang hanya bisa dilihat menggunakan X-ray?

Dari tubuh hewan, proses di dalam tubuh manusia, hingga fenomena alam, berikut 11 di antaranya, seperti dikutip dari Brightside, Kamis (25/10/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Tapal Kuda

Sepatu kuda umumnya diperbarui sebelum binatang ini berpartisipasi dalam pacuan. Sepatu berlapis-lapi (multilayer) dipasang di kuku kuda dengan 48 paku yang tertancap di dalamnya.

Hal ini dimaksudkan untuk membuat kuda merasa seperti berdiri di atas platform atau sepatu hak tebal dan akan menaikkan kakinya lebih tinggi.

Belakangan, olahraga ini dianggap kejam dan dilarang di banyak negara, karena menyebabkan ketidaknyamanan fisik dan mental pada hewan tersebut.

X-ray of a Tennessee Walking Horse's shoeing
3 dari 12 halaman

2. Obrolan

Rata-rata, setiap manusia menggunakan 72 otot untuk mengucapkan satu kata. Proses rumit ini rupanya bisa diabadikan menggunakan X-ray.

Dapatkah Anda membaca bibir mereka dan menebak apa yang dikatakan orang ini?

Lipstick has a photon attentuation tenth-thickness of roughly 10 inches. That's why it shows up darker on this x-ray.
4 dari 12 halaman

3. Kaki yang Memakai Sepatu Hak Tinggi

Para ilmuwan Inggris menemukan bahwa kaki yang memakai sepatu hak tinggi secara terus menerus bisa menyebabkan perubahan bentuk, kerusakan pada tendon dan sendi, saraf terjepit dan bahkan penurunan kapasitas mental.

Ini buktinya.

Colored X-Ray of Woman's foot in a Stiletto Shoe from r/Damnthatsinteresting
5 dari 12 halaman

4. Memainkan Biola

Bermain biola disebut bisa meningkatkan fungsi otak. Fakta ini terbukti oleh banyak ilmuwan di seluruh dunia, dan beberapa dari mereka suka berlatih juga.

Misalnya, selain dikenal sebagai fisikawan teoritis, Albert Einstein rupanya juga pandai memainkan biola. Ia mulai menekuni seni musik ini pada usia 6 tahun.

Awesome X-ray Gifs
6 dari 12 halaman

5. Berciuman

Rekor ciuman terlama berlangsung lebih dari 58 jam. Pada 2013, Ekkachai dan Laksana Tiranarat dari Thailand berciuman selama 58 jam, 35 menit, dan 58 detik. Ciuman ini masuk dalam Guinness World Records dan masih bertahan hingga kini.

7 dari 12 halaman

6. Ikan Cardinal

Ketika seekor ikan cardinal (Paracheirodon Axelrodi) menelan plankton, ia memuntahkan zat kimia khusus yang membuat ikan berkilau. Cahaya seperti itu mungkin menarik musuh-musuhnya.

Itulah mengapa, begitu ikan menyadari apa yang ditelannya, ia langsung memuntahkan plankton yang dimangsanya keluar.

Jika dilihat menggunakan X-ray, bentuk muntahan itu seperti nafas api.

bioluminescence
8 dari 12 halaman

7. Anjing yang Minum Air

Tahukah Anda bahwa ketika seekor anjing minum air, cara yang dilakukannya berbeda dengan hewan lainnya? --seperti kucing, gajah, ayam, harimau dan lain-lain.

Setelah anjing memasukkan lidahnya ke dalam air, mereka lalu menggulung lidahnya dan membentuk "sendok" kecil. Untuk itulah, sebagian kecil air langsung masuk ke mulut anjing. 

X-ray video of a dog drinking from r/gifs
9 dari 12 halaman

8. Kucing Bunting

Kucing pada gambar di bawah ini bernama Grace. Ketika gambar tersebut diambil, dia sedang bunting 5 ekor bayi di dalam rahimnya. Anda bisa melihat betapa menakjubkannya perut kucing.

Pregnant Cat X-Ray from r/interestingasfuck
10 dari 12 halaman

9. Penyu

Anda mungkin belum tahu bahwa cangkang super keras penyu mengandung fosfor. Jika hewan dilindungi ini menghabiskan banyak waktu di bawah matahari, maka tubuhnya akan bersinar.

Turtle
11 dari 12 halaman

10. Proses Manusia Menelan Cairan

Berkat esofagus peristaltik yang melakukan kontraksi otot, manusia dapat menelan makanan dan minuman, bahkan jika gravitasi nol. Seperti ini saat aktivitas itu dilakukan.

Awesome X-ray Gifs
12 dari 12 halaman

11. Ikan Pari

Pari manta dianggap sebagai ikan pari terbesar di dunia dan sering disebut "setan laut". Beratnya bisa mencapai 3 ton dan panjangnya bisa mencapai 28 kaki.

Seperti ini penampakannya yang terekam fantastis menggunakan X-ray.

X-Ray of a Stingray from r/woahdude

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.