Sukses

Tak Hanya Merapi, 4 Puncak Gunung di Dunia Ini Juga Dianggap Keramat

Bicara soal Gunung Merapi maka erat kaitannya dengan mitos yang melekat di kalangan masyarakat setempat.

Liputan6.com, Yogyakarta - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat enam kali guguran lava pijar meluncur dari Gunung Merapi, Rabu (30/1/2019).

Menurut BPPTKG, gunung api itu, pada Selasa (29/1/2019) malam pukul 18.00-24.00 WIB mengeluarkan 13 kali guguran dengan durasi 24-145 detik.

11 dari dari 13 guguran lava pijar itu teramati dominan meluncur ke arah tenggara (Kali Gendol) dan satu kali ke arah timur laut dengan jarak luncur 50-1.400 meter.

Akibat serangkaian guguran itu, hujan abu tipis terjadi di beberapa desa di Kecamatan Musuk dan Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, serta Kota Boyolali.

Analisis morfologi kubah lava Gunung Merapi yang terakhir dirilis BPPTKG menunjukkan, volume kubah lava gunung itu telah mencapai 461.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan 1.300 meter kubik per hari atau lebih kecil dari pekan sebelumnya.

Bicara soal Gunung Merapi maka erat kaitannya dengan mitos yang melekat di kalangan masyarakat. Bahkan, dahulu ada sosok Mbah Maridjan yang semasa hidupnya dapat mengetahui aktivitas Gunung Merapi.

Tak hanya Gunung Merapi, rupanya ada sejumlah gunung lain di dunia ini yang dianggap keramat. Seperti dikutip dari laman momtastic.com, Kamis (31/1/2019) berikut 5 gunung yang dianggap paling keramat di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mount Everest, Nepal

Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter atau 29.029 kaki. Puncak Gunung Everest pertama kali dicapai pada tahun 1953 oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay.

Di wilayah itu, tinggal kelompok masyarakat bernama Sherpa. Sherpa adalah nama salah satu suku bangsa di Nepal dan Tibet yang hidup di lereng-lereng pegunungan Himalaya.

Sherpa menganggap Everest sebagai gunung suci dan sebelum memulai upaya pendakian biasanya akan melakukan pengorbanan ritual.

Gunung Everest menjadi lebih sakral seiring berjalannya waktu. Sekitar 200 mayat terbaring di pegunungan hulu, banyak dari mereka membeku kaku ketika mereka meninggal.

3 dari 5 halaman

2. Inyan Kara

Black Hills terletak di South Dakota tetapi jangkauan baratnya menyebar ke sudut timur laut Wyoming. Dan di sinilah Gunung Inyan Kara dapat ditemukan.

Pada ketinggian 1.941 meter (6.368 kaki), Inyan Kara bukanlah puncak tertinggi di Black Hills. George Armstrong Custer adalah salah satu yang pertama kali mendaki Inyan Kara pada awal Juli 1874. Gunung ini juga dianggap keramat oleh penduduk setempat.

Lakota Sioux adalah penduduk lokal dan suku yang menganggap Inyan Kara sebagai gunung suci. Menurut salah satu legenda Sioux, Black Hills secara keseluruhan adalah rumah dari Roh Besar dan Inyan Kara khususnya adalah tempat para dewa tinggal.

 

4 dari 5 halaman

3. Mount Olympus

Digambarkan dalam mitologi Yunani sebagai rumah dari Dua Belas Dewa Olimpia yang dipimpin oleh Zeus dan Hera, Mount Olympus hanyalah satu dari beberapa gunung suci yang dipuja oleh orang-orang Yunani kuno tetapi sejauh ini yang paling terkenal.

Terletak di pegunungan Olympus Range eponymous dari Teluk Salonika, Mount Olympus adalah landform multi-puncak dengan ketinggian 2.917 meter (9.570 kaki) dan merupakan gunung tertinggi di Yunani.

Meskipun keramat bagi para penyembah di Yunani Klasik dan wilayah lain yang dipengaruhi oleh budaya Helenistik, Mount Olympus saat ini sangat populer di kalangan pendaki gunung yang mencatat satu-satunya bagian yang sulit adalah bagian terakhir dari puncak gunung.

Meskipun diperkirakan 10.000 orang mendaki Mount Olympus setiap tahun, sebagian besar hanya mencapai puncak Skolio dan jarang sampai puncak.

 

5 dari 5 halaman

4. Gunung Taranaki

Gunung Taranaki adalah gunung berapi setinggi 2.518 meter (8.261 kaki) yang terletak di pantai barat Pulau Utara di Selandia Baru. Terakhir aktif pada pertengahan abad ke-19, Gunung Taranaki menonjol dalam mitologi Māori dan memiliki makna khusus bagi suku Taranaki.

Pada tahun-tahun sebelum penjelajah Eropa pertama kali mengunjungi Selandia Baru, orang-orang suku Taranaki tinggal di dataran datar yang mengelilingi gunung berapi.

Mereka melihat gunung sebagai pusat keberadaan mereka: air yang mengalir dari lerengnya menyirami tanaman mereka dan erupsi tidak hanya mengancam cara hidup mereka tetapi juga kehidupan mereka sendiri.

Meskipun Gunung Taranaki 'diam' selama beberapa dekade, ahli gunung berapi memperingatkan puncaknya dianggap aktif sewaktu-waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.