Sukses

Diduga Bertambah Usia pada 8 Januari, Ini 5 Fakta Aneh Tentang Kim Jong-un

Liputan6.com, Pyongyang - Tidak ada banyak informasi tentang diketahui publik tentang Kim Jong-un, seorang pemimpin Korea Utara yang juga dianggap sebagai diktator termuda di dunia.

Di hadapan awak media, dia pun tidak pernah membicarakan kehidupan pribadinya. Orang-orang pun mengklaim bahwa banyak di antara mereka yang menemukan hal-hal aneh dalam biografi resminya.

Satu-satunya kesempatan untuk menemukan sesuatu tentang Kim Jong-un adalah membaca apa yang ditulis oleh wartawan atau laporan dari intelijen Korea Selatan.

Namun, pada 8 Januari 2019 kemarin, rakyat di Korea Utara disebut merayakan ullang tahun pria bertubuh gempal ini. Meski tanggal pasti dari kelahiran Kim Jong-un masih menjadi misteri terbesar dunia, namun rumor mengatakan bahwa ia lahir pada 8 Januari 1984.

Kim Jong-un diyakini merayakan hari ulang tahunnya yang ke-36 pada 8 Januari 2019, meskipun data yang dihimpun dari media Korea Utara menunjukkan ia lahir pada tahun 1982, sedangkan para pejabat intelijen Korea Selatan berpikir bahwa ia lahir 1981.

Di satu sisi, Departemen Keuangan Amerika Serikat, justru telah mencantumkan tanggal lahir Kim Jong-un, yakni 8 Januari 1984. Lalu, fakta apa saja yang bisa diketahui khalayak luas mengenai Kim Jong-un?

Berikut lima di antaranya, seperti dikutip dari Bright Side dan Sputnik, Rabu (9/1/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. Diplomasi Bola Basket

Kim Jong-un dikabarkan amat mencintai olah raga basket. Ia pun disebut berteman akrab dengan mantan bintang NBA, Dennis Rodman.

Pada 2014, Rodman bahkan menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" kepada Kim Jong-un saat dirinya menyaksikan langsung pertandingan basket antara tim Rodman melawan tim dari Korea Utara. 

Tepuk tangan meriah dari penonton pun menyambut iringan suara Rodman.

Selain itu, Rodman telah berulang kali mengunjungi Korea Utara dan secara terbuka menyatakan rasa kagumnya pada sosok sang diktaktor muda itu. Ia pun menyebut Kim Jong-un sebagai "teman seumur hidup".

Seorang pria yang mengaku sebagai teman sekolah Kim Jong-un waktu SMA, juga mengklaim bahwa Kim Jong-un beberapa kali terlihat menggambar sosok Michael Jordan.

Sedangkan pada 2013, Kim Jong-un bahkan bertemu dengan Dennis Rodman dan menunjukkan kepada Rodman pulau pribadinya. Meskipun ada perbedaan besar antara 2 orang ini, namun nyatanya mereka telah menjalin hubungan pertemanan.

Dalam sebuah wawancara, Dennis berkata, "Mungkin dia memang seorang psikopat, tetapi saya tidak menyadarinya."

3 dari 6 halaman

2. Gaya Rambut yang Kekinian

Gaya rambut dan busana Kim Jong-un telah menjadi bahan perbincangan media, baik itu nasional maupun internasional. Wartawan pun banyak menaruh perhatian besar pada pakaian khasnya yang bergaya Mao, kacamata terbuat dari tanduk atau cangkang hewan, dan tatanan rambutnya yang tak pernah berganti model.

Kim Jong-un selalu merapihkan rambutnya dalam gaya swept back dengan sisi kanan, kiri dan beakang bagian bawah dipangkas habis. Sejumlah outlet media melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara itu takut dicukur oleh orang lain, sehingga ia kerap memangkas rambutnya sendiri.

Tatanan rambutnya dijuluki "gaya rambut ambisius" (ambitious hairstyle) di Korea Utara, dan banyak yang mulai meniru gaya rambut ikonik Kim Jong-un.

Beberapa orang menganggap bahwa rambut Kim Jong-un agak lucu, karena ia mengaplikasikannya dengan cara yang salah. Dia menyisir rambutnya dengan cara yang aneh pula, dan semakin terlihat buruk karena bentuk wajahnya. 

Namun sebenarnya, ini adalah potongan rambut militer sederhana. Anda juga dapat melihat potongan rambut yang sama pada jutaan hipster di seluruh dunia.

4 dari 6 halaman

3. Tubuhnya Bertumbuh Tinggi?

Menyusul pertemuan bersejarah antara Kim Jong-un dan mitranya dari Korea Selatan sekaligus Presiden Negeri Gingseng, Moon Jae-in, pada Mei 2018, wartawan Korea Selatan di Chosun Ilbo mengklaim telah memeriksa alas kaki yang dikenakan pemimpin Korea Utara itu untuk mengetahui ketinggian badan Kim Jong-un yang sebenarnya.

Kim Jong-un, yang sebelumnya diyakini memiliki tinggi badan sekitar 162,5 cm, seharusnya terlihat lebih pendek dari Moon Jae-in yang diduga punya tinggi tubuh 172 cm.

Tetapi para ahli memperhatikan bahwa Kim Jong-un tampak seperti sedang mengenakan sol yang bisa menambah tinggi badannya, agar bisa terlihat sejajar dengan Moon Jae-in.

5 dari 6 halaman

4. Selera Busana dan Selalu Senyum Saat Difoto

Kim selalu terlihat memakai pakaian ala seragam militer. Ia biasanya mengenakan jas gaya Mao berwarna gelap atau biru keabu-abuan. Akan tetapi, pernah dalam suatu kesempatan, ia menanggalkan gaya khasnya itu dengan tampil sederhana mengenakan kaus oblong putih, topi jerami dan celana panjang abu-abu.

Selain itu, dalam kebanyakan fotonya, wajah Kim Jong-un selalu menyunggingkan senyum lebar saat kamera membidiknya. Mungkin agak aneh bahwa pemimpin negara yang begitu serius, mampu tersenyum (bahkan beberapa kali terlihat terkekeh).

Mungkinkah Kim Jong-un ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa ia adalah personifikasi dari kegembiraan?

6 dari 6 halaman

5. Sekolah di Swiss dengan Nama Alias?

Di sebuah sekolah umum yang sangat bergengsi di dekat Bern, Swiss bernama Liebefeld-Steinhölzli di Koenizada, seorang siswa dari Korea Utara yang belajar dari tahun 1998 hingga 2000. Ia terdaftar sebagai anggota kedutaan besar Korea Utara di Swiss.

Ia tidak menyebutkan nama aslinya. Tetapi, orang-orang yang belajar dengannya benar-benar yakin bahwa dia adalah Kim Jong-un. Momen yang mereka ingat bahwa bocah ini adalah pribadi yang lucu, dan dia lebih tertarik pada olahraga daripada politik.

Namun, ia bukan murid yang baik.

Bom Tewaskan 21 Polisi, Presiden Kolombia Berunjuk Rasa

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Diam-Diam Kanada Membahas Upaya Denuklirisasi dengan Korea Utara
Artikel Selanjutnya
Piala Asia 2019: Lawan Korut, Arab Saudi Enggan Terlena