Sukses

Kaleidoskop Global: Jamal Khashoggi hingga Tsunami Selat Sunda Disorot Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang 2018 ini, banyak peristiwa menarik terjadi di dunia. Mungkin tak bisa dijelaskan gamblang satu per satu. Untuk itu, di penghujung tahun ini kami rangkumkan rangkaian berita menarik dunia versi kanal Global Liputan6.com.

Sejumlah kabar menjadi sorotan warga dunia, dari perselisihan antar-negara hingga dua tsunami yang terjadi di Indonesia: di Palu dan Selat Sunda. 

Sejumlah tips yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari juga menarik perhatian banyak khalayak. Sebut saja yang paling menarik perhatian adalah penggunaan garam di rumah dan jenis jus yang ternyata berpotensi membahayakan.

Meski telah meninggal lama, kisah dari mendiang Putri Diana tetap menarik perhatian. Cerita sedih darinya pun banyak diburu oleh para pembaca. Sementara berita pernikahan royal dari Kerajaan Inggris, antara Pangeran Harry dan Meghan Markle banyak dicari pada pertengahan tahun.

Kematian jurnalis The Washington Post, Jamal Khashoggi juga ramai diperbincangkan.

Jamal Khashoggi tewas beberapa saat setelah ia memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Tak ada yang tahu pasti apa yang terjadi dalam fasilitas diplomatik itu, namun, konon sebuah rekaman mengabadikan detik-detik terakhir sang jurnalis yang tragis.

Menjelang akhir tahun, perang dagang antara AS dan China yang kian memanas menjadi sorotan dunia yang juga tengah menyoroti musibah tsunami di Selat Sunda. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 7 halaman

Tips Bermanfaat

Januari

5 Campuran Jus Buah dan Sayur Ini Ternyata Berbahaya

Semua orang tahu bahwa mengonsumsi buah dan sayuran sangat berdampak besar bagi tubuh kita. Kebanyakan orang menjadikan buah sebagai sajian penutup dan menghindarinya di pagi hari dengan alasan takut sakit perut.

Padahal, mengonsumsi buah segar pada pagi hari adalah cara tebaik untuk memulai hari.

Beberapa manfaat mengonsumsi buah dan sayuran seperti melancarkan proses pencernaan. Sebab, buah dan sayuran mengandung serat yang dapat membersihkan tubuh.

Timbunan racun juga akan dipaksa keluar sehingga ruang usus akan jauh lebih baik. Manfaat lain seperti meningkatkan energi dalam tubuh. Delima, jeruk, mangga, semangka, apel dan pisang adalah beberapa buah-buahan yang memiliki kandungan air dan glukosa.

Memakan buah dan sayuran secara langsung terkadang dinilai berat dan susah untuk ditelan bagi kebanyakan orang. Maka dari itu lahirlah ide untuk menyampurkan beberapa buah dan sayuran dalam bentuk jus.

Selain segar, rasanya pun juga nikmat karena telah dicampurkan dengan es dan susu. Namun, pernahkah Anda mendengar ada beberapa pasangan buah dan sayur yang haram untuk di campur?

Disebutkan, apabila kita mencampur beberapa buah dan sayuran ini bukannya menyehatkan tubuh melainkan menimbulkan racun dan mampu membunuh.

Seperti dikutip dari Good Morning Center, Jumat 12 Januari 2018, berikut 5 buah, sayuran dan bahan lain yang tak boleh dicampur dan dijadikan jus. Selengkapnya di sini...

Februari

Efek Garam di Setiap Pojok Rumah

Tips lainnya yang jadi sorotan adalah efek menaruh garam di setiap pojok rumah.

Garam merupakan salah satu bumbu dapur penting. Ketidakhadiran garam dalam masakan rumah bisa membuat rasa makanan hambar.

Kini ada banyak varian garam di dunia, tergantung dari bentuk, warna dan kandungan yang berbeda-beda, contohnya garam dapur, garam kosher, garam laut, garam Himalaya, garam Celtic, kala namak, dan crystalline sea salt.

Dikutip dari laman Fengshuidana.com, Kamis 22 Februari 2018, untuk membersihkan ruangan Anda dari energi-energi negatif, konon bisa didapat dengan meletakkan garam laut di setiap sudut rumah.

Semangkuk kecil garam laut dipercaya mampu menyedot energi negatif yang tak dibutuhkan tubuh. Semakin banyak Anda menabur garam laut di tiap pojok ruangan rumah, maka semakin besar pula pusaran energi positif di sekitar tempat tinggal Anda.

Salah satu cara sederhana yaitu cukup taburi garam laut di atas karpet, setelah sekitar satu jam, bersihkan dengan vacuum cleaner atau penyedot debu. Sebagai alternatif lain, Anda bisa menaruh semangkuk garam laut di sudut ruangan, diamkan beberapa jam, lalu angkat.

Kristal garam diyakini kemampuan alami yang luar biasa untuk menyerap energi negatif di dalam rumah.

Tak hanya itu dengan menaruhnya di pojokan, khasiat garam laut juga bisa didapatkan dengan tiga cara ini. Selengkapnya di sini...

 

3 dari 7 halaman

Negara Penghasil Wanita Cantik hingga Pengakuan Pilot

Maret

Di bulan Maret, kisah unik tentang negara penghasil wanita cantik ternyata menjadi sorotan.

Daftar 8 negara yang dianggap mempunyai wanita tercantik di dunia, seperti dikutip dari Hello Travel pun banyak diburu para pembaca. Di mana saja?

Berikut ulasannya...

April

Hal yang Diketahui oleh Pilot, tapi Tak Disadari Penumpang Pesawat

Memasuki bulan April, 6 hal yang dibocorkan oleh pilot profesional tentang nuansa penerbangan yang tidak diperhatikan oleh penumpang biasa ternyata menjadi perhatian.

Para pilot itu ternyata amat peka terhadap detail terkecil, malfungsi, dan hal-hal lain, bahkan ketika mereka duduk di kursi penumpang biasa.

Apa saja yang biasanya mereka deteksi? Selengkapnya di sini.

 

4 dari 7 halaman

Pernikahan Meghan Markle dan Kisah Sedih Putri Diana

Mei

9 Hal Tabu bagi Meghan Markle

Pada bulan kelima tahun 2018, momen pernikahan Pangeran Harry dan selebritas Hollywood Meghan Markle yang jadi sorotan. Sebab sang pujaan hati berasal dari rakyat biasa, bukan kalangan berdarah biru.

Meghan Markle memiliki pernikahan yang mewah di Kastil Windsor. Sejak itu, ada banyak hal yang tidak bisa dia lakukan lagi setelah menjadi bagian dari keluarga kerajaan Inggris.

Meghan Markle yang lama kini telah 'tiada'. Namanya kini sudah terpampang di situs resmi kerajaan Inggris sebagai Duchess of Sussex.

Ia pun harus mengubur kariernya di dunia hiburan. Lalu mematuhi peraturan kerajaan Inggris sebagai Duchess of Sussex.

Tak ada lagi hari di mana Meghan bisa berbicara dengan bebas soal politik AS, atau ikut dalam perdebatan kontroversial.

Kini Meghan Markle telah berubah menjadi tipe wanita yang baru.

Setelah sah menjadi bagian dari keluarga kerajaan Inggris, Meghan kini harus lebih menjaga diri. 9 hal tabu baginya pun menjadi sorotan.

Apa saja? Baca selengkapnya di sini...

Juni

Ucapan Pangeran Charles yang Bikin Putri Diana Sakit Hati dan Ingin Bunuh Diri

Meski telah lama tiada, kisah-kisah tentang Putri Diana ternyata masih banyak menarik khalayak. Terbukti dengan kembali populernya pemberitaan atas sang Lady.

Dunia melihat perkawinan Pangeran Charles dan Putri Diana sebagai kisah dongeng yang menjelma di dunia nyata.

Keduanya nampak bahagia, dengan senyum lebar dan mata berbinar. Putri Diana mengenakan gaun megar yang mewah, sementara Charles memakai seragam militer berhias lencana-lencana yang membuatnya kian gagah.

Sebuah film dokumenter berjudul, Diana: In Her Own Words dirilis National Geographic jelang peringatan 20 tahun kematian Princess of Wales tahun lalu.

Dokumenter itu mengisahkan keraguan di hati Diana jelang perkawinannya. Ia bahkan berniat ingin membatalkan hajatan besar itu. Bagi Putri Diana, momentum pernikahannya adalah hari terburuk dalam hidupnya.

Niatan bunuh diri ini terlintas dalam benak Putri Diana karena tak kuat dengan perlakukan hingga perkataan Pangeran Charles yang menyakitkan hati.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu 13 Juni 2018, berikut 3 perkataan Pangeran Charles yang bikin Putri Diana ingin bunuh diri.

Selengkapnya di sini...

5 dari 7 halaman

Masa Kecil Putri Diana hingga Fungsi Ginjal

Juli

6 Fakta Kehidupan Putri Diana Kecil yang Tak Banyak Diketahui Orang

Tengah tahun 2018 ternyata kisah-kisah tentang Putri Diana masih menarik perhatian.

Kisah kematiannya mungkin sudah kerap kita dengar. Selain itu sosok Putri Diana yang banyak dicintai orang ternyata juga punya fakta unik lain untuk dicari tahu.

Tak banyak yang tahu seperti apa kehidupannya saat kecil. Meski pernah menjadi guru TK, ia rupanya lahir dari keluarga bangsawan. Sama seperti anak-anak pada umumnya, Putri Diana bahkan juga hidup sederhana.

Seperti dikutip dari laman Mom.me, Senin 23 Juli 2018, berikut 6 kehidupan Putri Diana di masa kecil yang jarang diketahui banyak orang. Selengkapnya di sini...

 

Agustus

5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Merusak Fungsi Ginjal

Tips kesehatan ternyata mengalihkan kisah sang Putri Diana selama dua bulan berturut-turut. Bagian ginjal, itu yang jadi sorotan.

Karena terletak di bagian dalam tubuh, banyak orang tidak menyadari ginjalnya bermasalah. Padahal, beragam tanda akan muncul sebagai pertanda.

Untuk mencegah terjadinya gangguan ginjal, maka Anda bisa melakukan sejumlah antisipasi, salah satunya dengan memerhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Seperti dikutip dari laman Kimberlysnyder.com, Senin 20 Agustus 2018, berikut 5 makanan dan minuman yang mampu merusak ginjal. Selengkapnya di sini...

6 dari 7 halaman

Miliarder Irit hingga Gempa Palu

September

7 Miliarder Dunia Ini Terkenal Irit dan Pelit

Penayangan film Crazy Rich Asians memicu penelusuran terhadap sejumlah miliarder dunia, yang konon memiliki kesamaan cerita dengan jalan cerita dalam film tersebut.

Siapa saja yang berada dalam daftar miliarder dunia yang terkenal irit dan pelit? Baca selengkapnya di sini...

Oktober

Foto Satelit Gempa dan Tsunami Palu yang Kejutkan Ilmuwan Dunia

Tiga bulan menjelang akhir tahun 2018, musibah melanda Tanah Air. Gempa berkekuatan magnitudo 7,7 yang mengguncang pantai utara Pulau Sulawesi pada 28 September 2018 dan menyebabkan kerusakan yang luar biasa.

Nyaris seluruh rumah yang berada di Palu rata dengan tanah karena terdampak serangkaian gelombang tsunami, yang juga menghancurkan garis pantai.

Aliran lumpur dan tanah menghancurkan beberapa daerah pinggiran di kota yang dihuni oleh (kurang lebih) 300.000 orang.

Operational Land Imager (OLI) milik Landsat 8 (satelit observasi Bumi buatan Amerika yang dibangun oleh NASA dan Survei Geologi Amerika Serikat) menangkap gambar warna alam Palu pada 2 Oktober 2018.

Potret tersebut menampilkan perbedaan lanskap Palu sebelum dan sesudah tsunami. Gambar-gambar dengan warna semu membuat Landsat 8 mudah untuk membedakan antara daerah perkotaan (ungu-kelabu), vegetasi (hijau), dan area tanah menyembul (cokelat dan sawo matang).

Saat wilayah pesisir mengalami kerusakan berat karena tsunami, gambar yang diabadikan satelit NASA itu juga mengungkapkan tiga aliran lumpur besar yang menyebabkan kerusakan parah di daerah padat penduduk.

Getaran yang intens dari gempa bumi mungkin telah memicu pencairan dan penyebaran lateral, proses di mana pasir basah dan lumpur mengambil karakteristik cairan. Proses-proses ini, yang sangat umum terjadi di dekat sungai dan di tanah reklamasi, dapat menghasilkan lumpur yang sifatnya merusak, bahkan di daerah yang relatif datar.

Para ilmuwan terkejut bahwa gempa bumi di Donggala bisa menyebabkan tsunami besar di Palu. Biasanya, tsunami besar terjadi setelah gempa bumi megathrust yang menyebabkan perpindahan vertikal. Tetapi gempa Sulawesi terjadi di sepanjang sesar yang datar, yang artinya perpindahan itu horisontal.

Beberapa ilmuwan NASA menduga bahwa tanah longsor yang terjadi di bawah laut, terguncang akibat gempa sehingga memberikan energi yang memicu tsunami. Selain itu, bentuk Teluk Palu yang sempit dan menyerupai jari tampaknya memperbesar gelombang air laut yang bergerak cepat dan membuatnya lebih berbahaya.

Selengkapnya di sini...

Kematian Jurnalis Jamal Khashoggi

Di bulan Oktober ini, kematian jurnalis The Washington Post, Jamal Khashoggi tengah ramai diperbincangkan dunia. Ia dilaporkan tewas beberapa saat setelah memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Tak ada yang tahu pasti apa yang terjadi dalam fasilitas diplomatik itu, namun, konon sebuah rekaman mengabadikan detik-detik terakhir sang jurnalis yang tragis.

Khashoggi telah menjadi penduduk Virginia, AS dan menulis kolom untuk The Washington Post. 

Pemerintahan Donald Trump sejauh ini baru mengenakan sanksi 'biasa' terhadap Riyadh, misalnya penangguhan penerbangan pengisian bahan bakar di udara untuk kampanye militer Saudi di Yaman. AS juga mempersiapkan sanksi hak asasi manusia terhadap Saudi terkait pembunuhan Jamal Khashoggi.

Meski demikian, Gedung Putih telah menolak menuding pemimpin de facto Saudi Arabia, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang menjalin hubungan dekat dengan menantu laki-laki sekaligus penasihat senior Trump, Jared Kushner.

Sang pewaris takhta juga punya arti penting dalam Strategi Timur Tengah AS. Sementara, sejumlah analis berpendapat, setiap operasi khusus, seperti yang menargetkan Jamal Khashoggi hampir pasti harus disetujui di level tertinggi di Arab Saudi.

Selengkapnya di sini...

7 dari 7 halaman

Kata Terakhir Pilot dan Tsunami Maut

November

Kata Terakhir Pilot yang Bikin Merinding

Temuan bagian black box dari pesawat celaka Lion Air nomor penerbangan JT 610, Senin, 29 Oktober 2018 memicu penelusuran pada pilot nahas di dunia.

Sebab dari Cockpit Voice Recorder (CVR) bisa diungkap hasil rekaman pesan terakhir di kokpit antara pilot dan kopilot sebelum bencana maut penerbangan. Dari situlah diketahui detik-detik percakapan terakhir sebelum pesawat celaka.

Suara jeritan, isak tangis, pesan kepada orang-orang yang dicintai serta untaian doa menjelang ajal menjemput pun akhirnya terungkap. Bikin merinding saat mendengarnya.

Berikut sejumlah pesan terakhir yang terungkap dari rekaman CVR black box sejumlah pesawat celaka di berbagai belahan dunia, Liputan6.com rangkum dari planecrashinfo.com, Senin 5 November 2018. Baca di sini...

Desember

Gempa Magnitudo 7,5 di Kaledonia Baru

Di akhir tahun, isu tsunami tengah menjadi sorotan. Salah satunya akibat gempa bermagnitudo 7,5 melanda kawasan pantai Kaledonia Baru, Samudra Pasifik.

Pemerintah setempat telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah di kawasan pantai sejauh radius 1.000 km (620 mil).

Otoritas memperkirakan, ketinggian gelombang tsunami bisa mencapai 3 meter dan mampu menghantam hingga Vanuatu.

Kaledonia Baru merupakan wilayah yang termasuk dalam "cincin api" Pasifik atau biasa disebut Ring of Fire, sehingga gempa adalah 'makanan sehari-hari' warga di sana.

Di negara kepulauan ini, terdapat penduduk dengan jumlah 268.767 orang, berdasarkan sensus yang dilakukan pada 2014.

Tsunami lain yang jadi pantauan dunia adalah yang terjadi di Selat Sunda. Jumlah korban meninggal dunia mencapai 426 orang. Jumlah ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Selain korban meninggal, lanjut dia, 23 orang juga dilaporkan masih hilang, 7.202 orang lainnya mengalami luka-luka, dan 40.386 orang mengungsi di berbagai tempat yang tersebar.

Sutopo memaparkan, tsunami Selat Sunda juga mengakibatkan kerusakan terhadap sejumlah sarana dan prasarana, yaitu 1.296 rumah, 78 penginapan dan warung, 434 perahu dan kapal, 69 kendaraan roda empat, 38 kendaraan roda dua, satu dermaga, serta satu shelter.

"Semua data korban dan kerusakan masih sementara. Kemungkinan masih akan bertambah karena ada korban yang belum ditemukan," ucapnya.

Selengkapnya di sini...

Perang Dagang AS-China

Di bulan ini, isu perang dagang AS dan China kembali memanas setelah meletup beberapa bulan sebelumnya.

Amerika Serikat dan China tengah berseteru. Kedua negara tersebut mengalami perang dagang. Hal ini dimulai sejak Presiden Donald Trump yang menetapkan pajak terhadap setiap barang produksi China yang masuk ke Amerika Serikat.

Sebagai respons atas kebijakan tersebut, China pun melakukan hal yang sama kepada Amerika Serikat.

Perang dagang kini makin memanas usai Trump menegaskan menambah daftar produk asal Negeri Tirai Bambu yang kena bea masuk menjadi lebih dari $US 500 miliar.

Ternyata, pertikaian AS dan China tidak akan berakhir pada kekalahan salah satu dari mereka, melainkan juga berimbas ke negara-negara lain yang ekonominya paling terintegrasi ke rantai nilai global dan mengandalkan ekspor. Ketika perdagangan global dalam ancaman, ekonomi mereka akan sangat rentan.

Di luar dugaan, pertemuan G20 berhasil mencairkan suasana perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Keputusan gencatan senjata dilakukan selama 90 hari.

Dilaporkan Bloomberg, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping bertatatap muka di meja makan malam bersama jajaran mereka. Turut mendampingi Presiden Trump adalah Menteri Keuangan Steve Mnuchin, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, serta Jared Kushner, menantu Trump sekaligus penasihat senior Gedung Putih.

Perang dagang pun mereda dan berdampak positif.

Baca selengkapnya di sini...

Loading