Sukses

Memburu Ratusan Rusa Secara Ilegal, Pria Ini Dihukum Menonton Kartun Bambi

Liputan6.com, Washington DC - Hukuman unik menimpa seorang pria, yang terbukti bersalah melakukan perburuan terhadap ratusan ekor rusa yang dilindungi di negara bagian Missouri, Amerika Serikat (AS).

David Berry Jr, nama pemburu itu, dijatuhi hukuman menonton berulang kali film Bambi produksi Disney, selama mendekam di penjara.

Dikutip dari BBC pada Selasa (18/12/2018), Berry diwajibkan menonton film Bambi minimal satu kali setiap bulannya selama menjalani hukuman satu tahun penjara.

Dia ditangkap pada Agustus lalu, bersama dengan dua anggota keluarganya, yang dituduh membunuh ratusan ekor rusa, mengambil kepala dan meninggalkan tubuh mereka membusuk di hutan, kata jaksa.

Apa yang dilakukan oleh Berry dilaporkan sebagai salah satu kasus perburuan ilegal terbesar dalam sejarah negara bagian Missouri.

Hakim Robert George menjatuhi hukuman penjara 12 bulan kepada Berry, dengan tambahan menonton film Bambi produksi Disney, mulai 23 Desember mendatang, yang berlanjut setidaknya satu kali setiap bulan sesudahnya.

Disebutkan pula bahwa sang pemburu akan diawasi langsung oleh sipir dalam setiap kali jadwal menonton kartun terkait.

Bambi adalah sebuah film kartun klasik yang rilis pada 1942 silam, di mana menceritakan seorang pemburu yang membunuh ibu dari seekor rusa berkarakter protagonis dan eponim.

 

Simak video pilihan beirkut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hak Berburu Dicabut Seumur Hidup

Investigasi selama berbulan-bulan, yang mencakup pencarian ke beberapa negara bagian, akhirnya berhasil menangkap Berry Jr, bersama dengan ayahnya David Berry Sr dan saudaranya Kyle Berry, lapor surat kabar Springfield News-Leader.

Belum diketahui pasti berapa jumlah rusa yang telah diburu secara ilegal oleh para tersangka, namun direktur pengaws konservasi di wilayah Lawrence County, Andy Barnes, mengatakan bahwa dugaan terkini menyebut ratusan ekor "dibantai untuk diambil kepalanya".

Hukuman yang didapat oleh Berry Jr didasrkan atas pengakuan bersalah dan juga tinjauan hukum lainnya, yang terkait dengan aturan konservasi satwa dilindungi di negara bagian Missouri.

Selain itu, hak berburu yang dimiliki oleh Berry Jr dan keluarga dicabut seumur hidup oleh Komisi Konservasi Missouri.

Sebelumnya, Berry Jr diketahui pernah mendekam di balik jeruji selama 120 hari di Barton County, karena kedapatan melanggar kepemilikan senjata api.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.