Sukses

Tak Hanya Diminum, Ini 8 Rahasia Ampuh Teh Hijau dalam Kehidupan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta - Teh hijau adalah minuman populer dalam budaya Jepang, yang sangat dihargai selama bertahun-tahun. Hal tersebut dikarenakan manfaat dan nutrisi yang terkadung di dalamnya.

Mungkin sebagian besar Anda sudah mengetahui bahwa teh hijau sebenarnya mempunyai banyak kegunaan, selain dihidangkan sebagai minuman dengan rasa yang nikmat.

Selain untuk konsumsi, teh hijau ternyata mampu mengatasi permasalahan kulit dan memperbaiki kuku. Entah itu dicampur bubuk matcha atau diaplikasikan dalam sekantong teh celup. Anda bahkan tidak perlu meminumnya, hanya demi merasakan khasiatnya.

Berikut 8 rahasia ampuh teh hijau yang bisa berguna bagi kehidupan sehari-hari, yang mungkin bisa Anda coba di rumah, seperti dikutip dari Bright Side, Senin (17/12/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 9 halaman

1. Meredakan Kulit Terbakar dan Iritasi Kulit Lainnya

Aloe vera atau lidah buaya biasanya digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan sunburn atau kulit terbakar matahari. Tetapi, tahukah Anda bahwa teh hijau juga bisa membantu permasalahan tersebut?

Anda yang kulitnya merasa 'gosong' karena terpapar sinar mentari, maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah merendam sepotong kain bersih ke semangkuk air berisi teh hijau yang dingin. Setelah itu, tempelkan kasa tersebut ke area yang terbakar.

3 dari 9 halaman

2. Memperbaiki Kuku Patah

Jika kuku Anda patah, sekantong teh hijau kering dapat menyelesaikan persoalan ini dengan cepat. Pertama, oleskan cat kuku warna dasar pada retakan kuku. Kedua, tempelkan sekantong teh hijau di atasnya dan diamkan beberapa saat. Perhatikan bahwa trik tersebut mampu menyatukan kembali kuku Anda yang patah.

 
 
 
View this post on Instagram

Fixed! I can live with that! Now that it's done it doesn't hurt nearly as much. #nailwraps #nailbreak #brokennail #brokennailfixed

A post shared by Ms. Pam (@mspamatrra) on

4 dari 9 halaman

3. Menyingkirkan Bau Tak Sedap di Sekitar Rumah

Sekantong teh hijau bekas juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di sekitar rumah Anda, mulai dari kulkas, tempat sampah, sepatu, dan bahkan laci pakaian.

5 dari 9 halaman

4. Membersihkan Lemak di Piring

Selain untuk mengusir bau menyengat di rumah, sekantong teh hijau bekas juga dapat digunakan untuk menyingkirkan lemak yang membandel di piring kotor. Kantong teh hijau bekas pakai bahkan bisa digunakan sebagai spons kecil.

6 dari 9 halaman

5. Mengepel dan Mengelap Perabotan Rumah Tangga

Teh hijau mampu meringankan pekerjaan rumah tangga Anda. Anda bahkan dapat menambahkannya ke larutan pemebersih lantai saat hendak mengepel atau membersihkan perabot berbahan kayu.

Anda juga dapat menggunakan teh hujau dingin untuk membersihkan furnitur atau untuk membersihkan kaca.

7 dari 9 halaman

6. Menguatkan Gigi

Ilmuwan menyebut bahwa kopi, teh dan soda adalah tiga jenis minuman yang dapat meninggalkan plak pada gigi.

Akan tetapi, tidak halnya dengan teh hijau, yang konon mampu membantu meningkatkan kesehatan gigi Anda --selama Anda meminumnya tanpa gula.

Berkat molekul yang disebut katekin, minum satu cangkir teh hijau dalam sehari dapat menurunkan risiko gigi keropos, bahkan ompong.

8 dari 9 halaman

7. Mengurangi Pendarahan pada Luka Baru

Jika Anda menderita luka baru, buatlah semangkuk teh hijau panas, tunggu airnya menjadi hangat dan celupkan kain lembut ke dalamnya. Setelah itu, tempelkan kasa tersebut pada bagian yang terluka.

Tanin yang ditemukan dalam teh hijau bisa membantu menghentikan pendarahan dengan cara membekukannya.

9 dari 9 halaman

8. Melindungi Rumah dari Serangan Tikus

Konon, tikus amat membenci aroma teh hijau. Mungkin tips ini bisa Anda coba di rumah, dengan menempatkan beberapa kantong teh hijau di sudut lemari atau daerah yang rentan dihampiri tikus.

Meletakkan sekantong teh hijau kering dengan ditetesi minyak esensial peppermint, juga dianjurkan oleh para ahli untuk membantu mengusir laba-laba dan semut.