Sukses

Banksy hingga Crop Circle, 7 Misteri Besar yang Butuh Waktu Lama untuk Dikuak

Berikut misteri besar yang membutuhkan waktu panjang untuk dipecahkan.

Liputan6.com, Bristol - Di dunia ini, banyak misteri alam yang belum terpecahkan oleh manusia, termasuk ilmuwan dan pengamat. Seperti misal keberadaan alien, adanya UFO, patung raksasa kuno, hieroglif kuno, dan seniman Banksy yang identitas sesungguhnya belum diketahui hingga kini.

Banyak pihak yang mencoba mempelajari dan mencari tahu apa yang ada di balik misteri-misteri tersebut. Mulai dari mempelajari sejarah, hingga ilmu antariksa. Hal ini dilakukan demi mendapat kebenaran dan mengeksplorasi rasa penasaran publik.

Dilansir dari Bright Side, Senin (26/11/2018), sedikitnya ada 7 misteri sejarah besar yang berhasil diselesaikan oleh para ilmuwan dalam beberapa tahun terakhir. Meski sebelumnya, mereka harus melewati proses yang amat panjang dan rumit.

 

saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Gambar Transportasi Modern di Makam Seti I

Misteri: Tulisan hieroglif Mesir yang ditemukan di makam Seti I di Abydos, Mesir, terlihat sangat aneh. Huruf-huruf tersebut terlihat seperti helikopter, pesawat, dan kapal selam. Penemuan ini memunculkan banyak argumen di kalangan arkeolog. Beberapa dari mereka benar-benar percaya bahwa hieroglif itu menggambarkan helikopter, kapal selam, dan pesawat kuno.

Jawaban: Baru-baru ini, seorang sejarawan menemukan bahwa hieroglif tersebut sebenarnya hanya tulisan nama Seti I dan putranya, Ramesses II. Hanya saja, nama Ramesses II diukir di atas nama ayahnya setelah kematiannya.

3 dari 8 halaman

2. Patung Raksasa dari Pulau Paskah

Misteri: Selama hampir 300 tahun, sejarawan dan arkeolog telah mencoba untuk memahami cara orang-orang yang hidup di sebuah pulau terpencil, yang tidak memiliki peralatan canggih, dapat mengukir di batu raksasa yang beratnya mencapai 82 ton. Tak hanya itu, mereka juga memindahkannya beberapa mil dan menaruhnya secara vertikal.

Jawaban: Patung-patung kuno raksasa itu tidak dibangun oleh penyihir, tetapi mereka diukir di batu dan pindah dari satu bagian pulau ke pulau lainnya. Sebuah video yang diposting oleh National Geographic menunjukkan bahwa cukup mudah untuk memindahkan patung seberat 90 ton beberapa mil menggunakan alat sederhana, bersama sekelompok orang.

4 dari 8 halaman

3. Sinyal 'Wow!' dari Angkasa Luar

Misteri: Pada tahun 1997, sebuah sinyal aneh dari ruang angkasa telah diterima oleh peneliti alien. Kejadian itu sangat tidak terduga dan unik, sehingga mereka menamakannya "Wow!". Selama ini, mereka mencoba menguraikan sinyal misterius tersebut dan mencari tahu asal suara, tetapi hasilnya nihil. Itu sebabnya, banyak orang mulai berpikir bahwa sinyal ini dikirim oleh alien.

Jawaban: Studi yang dilakukan pada tahun 2017 membeberkan anggapan itu. Sumber sinyal 'Wow!' sebenarnya adalah hidrogen pada permukaan komet 266P/Christensen dan 336P/Gibbs yang melewati konstelasi Sagittarius pada 15 Agustus 1977 dan 27 Juli 2017. Dengan kata lain, sinyal tersebut adalah kejadian alami yang disebabkan oleh 2 komet.

5 dari 8 halaman

4. Wajah Asli Banksy

Misteri: Banksy adalah seniman jalanan (street artist) Inggris, aktivis politik, dan sutradara. Selama membuat karya, yang umumnya ditempatkan di dinding-dinding kota, dia tidak pernah tertangkap. Sama sekali tak pernah ditangkap oleh otoritas setempat.

Bahkan polisi pun tak ada yang mengetahui seperti apa wajah dan identitas asli Banksy, meski ia sudah kerap berkeliling dunia, ada CCTV di mana-mana, dan membangun Dismaland --sebuah wahana permainan untuk menyindir Disney Land.

Selama bertahun-tahun, Banksy selalu membuat mural yang kontroversial, cenderung mengkritik pemerintah dan temanya condong ke kemanusiaan.

Karya milik Banksy tak pernah dihancurkan atau dihilangkan oleh pihak berwenang. Malah, di mana ada mural Banksy, di situlah tempat tersebut menjadi bernilai tinggi.

Jawaban: Belum lama ini, para ilmuwan dari Queen Mary University of London menggunakan teknologi profiling dan mempersempit lingkaran Banksy. Mereka mengklaim telah menemukan nama asli Banky, yaitu Robin Gunningham.

Namun, kabar ini masih simpang siur dan Robin sendiri enggan mengakuinya.

6 dari 8 halaman

5. Apa yang Terjadi dengan Suku Maya?

Misteri: Maya adalah peradaban kuno yang identik dengan tulisan, seni, arsitektur, matematika, dan astronomi. Maya disebut sebagai negara berkembang yang besar, yang sepertinya telah ditinggalkan oleh penduduknya dan menjadi terbengkalai dan tidak ada yang tahu mengapa.

Jawaban: Berkat penelitian yang diterbitkan dalam National Academy of Studies, para ilmuwan mengetahui bahwa Suku Maya membakar dan menebang banyak kayu untuk pertanian, tetapi mereka juga membutuhkan lebih banyak kayu untuk membuat bahan-bahan. Karena penggundulan hutan dan kekeringan, Suku Maya terpaksa meninggalkan wilayah mereka untuk menghindari kelaparan.

7 dari 8 halaman

6. Insiden UFO di Roswell

Misteri: Pada tahun 1947, di Roswell, Amerika Serikat, benda asing yang dianggap sebagai UFO, mendarat di tanah. Tidak ada penjelasan yang baik dari pemerintah, sehingga cerita ini memicu banyak perdebatan dan desas-desus tentang alien.

Jawaban: Pada kala itu, Perang Dingin telah dimulai dan pasukan militer AS sedang mengerjakan proyek dengan balon udara untuk mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan oleh uji coba bom atom Soviet. Salah satu mesin ini jatuh dan meledak, dan karena proyek itu bersifat rahasia, pemerintah enggan buka suara.

8 dari 8 halaman

7. Crop Circle

Misteri: Crop circle adalah misteri lain yang sering dikaitkan dengan kedatangan alien di muka Bumi. Dari mana asal crop circle? Mengapa? Bisakah orang membuat konstruksi serumit dan seluas itu hanya dalam waktu satu malam?

Jawaban: Temuan mengungkapkan bahwa bentuk geometris yang paling rumit pun dapat dibuat menggunakan alat sederhana seperti tali, tangga, dan papan kayu. The Telegraph bahkan menerbitkan panduan tentang cara membuat crop circle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.