Sukses

Seperti Ini Penampakan Horor Kebakaran California dari Angkasa Luar

Liputan6.com, Paradise - Kebakaran hutan dan lahan melanda California. Setidaknya 71 orang tewas dan lebih dari 1.000 lainnnya dilaporkan hilang. Kobaran api juga menghanguskan bangunan, termasuk sejumlah rumah mewah milik para selebritas di area elite Malibu dan Calabasas.

Sementara itu, kota Paradise nyaris hancur. Sebanyak 66 penduduknya meninggal dunia dan 600 lainnya hilang setelah kebakaran Camp Fire melanda pada 8 November 2018.

Sejumlah foto satelit menunjukkan penampakan horor tersebut. Gambar-gambar tersebut disusun, salah satunya oleh ahli geografi Jeff Chambers dari University of California, Berkeley.

Di sana terpampang penampakan kebakaran dahsyat, empat jam setelah api pertama tersulut.

Kobaran api yang bergerak cepat telah membakar setengah kota Paradise ketika gambar tersebut diambil.

Satelit Landsat-8, yang mengabadikan gambar-gambar tersebut kala itu mengorbit di atas California utara pada pukul 10.45 waktu setempat, pada 8 November 2018.

Kebakaran, yang bermula pada pukul 06.30 waktu setempat, terlihat jelas menggunakan infra merah, yang menangkap panas yang dihasilkan oleh kebakaran -- digambarkan dengan warna merah.

Foto satelit kebakaran di California yang diambil pada 8 Oktober 2018  (NASA Earth Observatory image by Joshua Stevens, using Landsat data from USGS)

"Ini sungguh mengejutkan," kata Chamber dalam pernyataannya, seperti dikutip dari situs sains LiveScience, Sabtu (17/11/2018). "Terlihat api membakar seluruh kota."

Gambar satelit juga menunjukkan kepulan asap abu-abu. Meski memberikan kesan jangkauan api, namun, foto-foto tersebut mengaburkan lokasi kebakaran yang sesungguhnya.

"Data infra merah mengungkapkan bagaimana api bergerak melalui bangunan di Paradise," tamabah Chamber."Pada 10.45 pagi, seluruh struktur di sana dilalap api."

Foto satelit kebakaran di California yang diambil pada 8 Oktober 2018 (Earth Engine images by Jeff Chambers)

Bangunan-bangunan yang terbakar terlihat jelas dalam gambar. Jumlahnya ratusan.

 

Saksikan video terkait kebakaran California berikut ini:

2 dari 2 halaman

Pergerakan Api Tak Terprediksi

Data yang didapatkan Jeff Chambers menunjukkan, kebakaran menerjang dengan kecepatan rata-rata 5 kilometer perjam selama empat jam pertama.

Chambers, menemukan, pergerakan api sama sekali tak terprediksi. Bara dari titik-titik kebakaran terlontar ke tempat yang jauh.

Para penyintas, yang melarikan diri dari kebakaran dahsyat mengaku, mereka dihadang api di jalur evakuasi.

Foto satelit kebakaran di California yang diambil pada 9 Oktober 2018  (NASA Earth Observatory image by Joshua Stevens, using Landsat data from USGS)

Kebakaran Camp Fire membakar lebih banyak bangunan di bandingkan insiden serupa dalam sejarah California. Dinas pemadam kebakaran Cal Fire menyebut, api setidaknya telah melalap wilayah seluas 142 acre.

Pada pukul 07.00 waktu setempat, Jumat 16 November 2018, 45 persen kebakaran berhasil dikendalikan. Lebih dari 5.500 petugas dikerahkan dalam rangka mitigasi bencana.

Loading