Sukses

Bertarung dengan Maut, 4 Selebritas Ini Pernah Koma

Koma adalah sebuah situasi yang dimana seseorang tidak sadarkan diri dalam kurun waktu yang cukup lama.

Liputan6.com, New York - Orang menyebut koma sebagai fenomena 'tidur panjang' yang mengerikan. Sebab, bisa mengarah pada kematian. 

Mayo Clinic menyebut, koma adalah sebuah situasi yang di mana seseorang tidak sadarkan diri dalam kurun waktu yang cukup lama.

Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada kepala. Selain itu, beberapa hal lain, seperti riwayat penyakit tertentu dan penggunaan obat atau alkohol turut meningkatkan risiko dari penyakit ini.

Umumnya, seseorang akan mengalami koma selama beberapa minggu dan jarang lebih dari itu. Namun, ada pula yang mengalami koma hingga waktu berbulan-bulan.

Jika hal itu terjadi, kemungkinan untuk meninggal dunia lebih besar. Koma merupakaan keadaan darurat medis.

Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk melakukan pengobatan dengan cepat guna memulihkan fungsi otak dan mempertahankan hidup.

Sama seperti yang dialami oleh, masyarakat pada umumnya, sejumlah selebritas dunia ini pernah mengalami koma. Seperti dikutip dari laman Ranker.com, Sabtu (17/11/2018), berikut 4 selebritas yang pernah mengalami koma:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Lamar Odom

Bintang NBA sekaligus mantan suami dari Khloe Kardashian, Lamar Odom pernah mengalami koma setelah overdosis. Ia mengalami overdosis saat sedang berada di rumah bordil di Las Vegas pada Oktober 2015.

Akibat overdosis, ia langsung dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan intensif. Di tengah pengobatan, dokter menyebut jika Lamar Odom mengalami koma.

Saat itu dokter juga menemukan adanya kandungan kokain dalam tubuh atlet basket tersebut. Lamar Odom memang dikenal minus akibat perilakunya itu.

Lamar Odom ditangkap oleh pihak kepolisian pada tahun 2013 setelah didakwa pasal berkendara dalam kondisi mabuk (DUI).

 

3 dari 5 halaman

2. Kurt Cobain

Pada 5 April 1994, legenda rock modern, Kurt Cobain, tewas bunuh diri. Jasadnya ditemukan di rumahnya di Seattle tiga hari kemudian oleh seorang ahli listrik, Gary Smith.

Meski polisi menyimpulkan bahwa vokalis Nirvana itu bunuh diri, muncul sejumlah spekulasi yang menyebut bahwa istrinya, Courtney Love, bertanggung jawab atas kematian Cobain.

Sebulan sebelumnya, Cobain mengalami koma setelah mencampur champagne dengan Rohypnol ketika berada di Italia. Publik pun meyakini bahwa hal tersebut dilakukan secara tak disengaja, karena Cobain dikenal memiliki masalah terkait obat-obatan.

 

4 dari 5 halaman

3. Stevie Wonder

Stevie Wonder adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, dan aktivis sosial dari Amerika Serikat.

Ia telah merekam lebih dari 30 lagu hits yang masuk dalam jajaran top 10, juga memenangi 21 Penghargaan Grammy (sebuah rekor untuk artis solo).

Pada tahun 1993, penyanyi ini pernah mengalami kecelakaan mobil dan mengakibatkan dirinya koma. Masa koma itu harus ia lalui selama empat hari.

 

5 dari 5 halaman

4. Michael Schumacher

Legenda Formula One (F1) Michael Schumacher terbangun dari koma pada Juni 2014. Pria asal Jerman itu bahkan sudah meninggalkan rumah sakit di Grenoble, Prancis.

Dalam pernyataan resminya, keluarga menjelaskan bahwa Schumacher akan melanjutkan rehabilitasinya di tempat yang dirahasiakan. Kondisi pria 45 tahun itu juga disebut sudah membaik usai keluar dari rumah sakit.

Schumacher mengalami kecelakaan saat bermain ski di pegunungan Prancis pada 29 Desember 2013. Sejak itu, pria yang tujuh kali menjadi juara dunia F1 itu mengalami koma. Schumacher pensiun pada 2012 setelah 19 tahun menjadi pembalap profesional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Koma merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi, di mana seseorang tidak sadar dan tidak memberi respons.

    Koma

  • Selebritas