Sukses

Seperti Sedudo, 2 Air Terjun di Dunia Ini Jadi Sorotan karena Menghitam

Liputan6.com, Jakarta - Video air terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur, yang berubah warna dari bening menjadi hitam belakangan viral. Dalam rekaman berdurasi hampir 2 menit itu, terlihat seorang anggota polisi berdiri membelakangi air terjun sambil merekam menggunakan telepon genggamnya.

Sambil merekam, anggota polisi tersebut berjalan mundur dan mendekat ke arah air terjun, dan ternyata air terjun Sedudo itu memang berwarna hitam.

Masyarakat, khususnya warganet pun mulai menduga-duga. Ada yang mengaitkan dengan peristiwa mistis. Tak jarang juga ada yang menyebut peristiwa tersebut merupakan peringatan atau azab dari Tuhan.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, berubahnya warna air terjun Sedudo tidak berkaitan dengan mistis. Yang jelas, peristiwa air terjun Sedudo berubah warna menjadi hitam ini tidak lama usai hujan deras mengguyur lokasi tersebut.

Sutopo mengatakan, warna hitam air terjun diduga kuat berasal dari material abu bekas kebakaran hutan.

"Berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur bukan aliran pasir. Tetapi material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya. Hujan dibagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan sehingga debit air terjun berwarna hitam. Kejadian hanya sesaat," tulis Sutopo dalam akun twitter @Sutopo_PN, Rabu 14 November 2108.

Selain air terjun Sedudo, sejumlah air terjun di dunia juga pernah mengalami peristiwa serupa. Berubah warna airnya menjadi hitam. Berikut ulasannya yang Liputan6.com rangkum dari beragam sumber, Kamis (15/11/2018):

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

 

2 dari 3 halaman

1. Niagara, New York, AS

Air terjun terbesar di dunia, Niagara, pernah berubah warna menjadi hitam pada 29 Juli 2017 lalu. Bau tak sedap yang sangat menyengat pun tercium di sana.

Diduga kondisi tersebut terjadi akibat air tercemar limbah cair berwarna hitam.

Menurut laporan BBC, otoritas perairan setempat menyebut bahwa warna hitam itu disebabkan oleh residu dari filter karbon hitam yang digunakan untuk membersihkan air. Pihak otoritas mengatakan air terjun perlu mendapatkan perawatan pada Juli lalu dan mereka mengaku telah mendapatkan izin sebelumnya.

Banyak yang menduga bahwa warna limbah berwarna hitam itu berasal dari tumpahan minyak. Namun, Dewan Air Terjun Niagara mengatakan bahwa hal itu disebabkan oleh pengolahan air yang rutin dilakukan.

3 dari 3 halaman

2. Air Terjun Cameron, Kanada

Salah satu air terjun di Kanada ini juga pernah dikabarkan berwarna hitam pada 24 Juni 2018 lalu.

Sebuah akun di situs berbagi video mengunggah rekaman singkat yang menyebutkan bahwa air terjun Cameron itu berwarna hitam. Kendati demikian tak diketahui pasti kebenarannya.

Cameron Falls adalah air terjun yang cukup mudah untuk dikunjungi mengingat cukup dekat di kota Waterton.

Cameron Falls adalah titik akhir menuju salah satu jalur hiking populer di Waterton Lakes National Park - 19 km perjalanan satu arah dari Cameron Lake menuju Desa Waterton.

 

Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Air Terjun Sedudo di Nganjuk Berubah Jadi Aliran Pasir?
Artikel Selanjutnya
Air Terjun Sedudo Berwarna Hitam, Pertanda Apa?