Sukses

Mahathir Mohamad: Bantahan Skandal 1MDB Najib Razak, Dunia yang Lebih Tahu

PM Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan dunia akan lebih tahu tentang apa yang sebenarnya dilakukan Najib Razak dalam skandal 1MDB.

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyebut Najib Razak dapat mengatakan apa pun untuk meyakinkan publik tentang uang senilai RM 2,6 miliar (setara Rp 9,4 triliun dengan kurs Rp 3.267 per 1 ringgit), yang masuk ke rekening pribadinya, adalah donasi dari Arab Saudi.

"Tetapi dunia akan lebih tahu yang sebenarnya," ujar Mahathir di sela-sela konferensi pers tentang isu terkait di Putrajaya, Selasa 30 Oktober.

Hingga saat ini, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia pada Kamis (1/11/2018), Najib tidak bisa memverifikasi dari mana asal dana masif tersebut.

Berbicara dalam wawancara ekslusif dengan program 101 East di stasiun televisi Al Jazeera, Najib Razak menegaskan bahwa dia berasumsi hal itu terkait dengan Arab Saudi ketika pemimpin sebelumnya, Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud, menyatakan dukungan luas terhadap inisiatif dana pembangunan 1MDB.

"Seluruh transaksi (perbankan) pasti dilindungi oleh kerahasiaan undang-undang perbankan, sehingga ketika saya menerima dana, sejujurnya saya pikir itu adalah sumbangan asli kala itu, berdasarkan pada percakapan dengan Raja Abdullah (yang mendukung 1MDB)," Katanya kepada Al Jazeera.

Baru-baru ini, Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah mengatakan bahwa timpalannya dari Arab Saudi, Adel Ahmed Al-Jubeir, telah menyatakan dana yang berakhir di rekening pribadi Najib Razak tidak ada kaitannya dengan pemerintahan Riyadh.

Namun, dalam unggahan Najib di Facebook pada 27 Oktober, dia menegaskan bahwa dana tersebut memang merupakan sumbangan dari pemerintah Saudi.

"Sementara Menlu Adel Ahmed Al-Jubeir telah menyatakan sebanyak dua kali, bahwa Arab Saudi telah menyumbangkan uang kepada saya, Menteri Luar Negeri (Datuk) Saifuddin Abdullah justru berkata bahwa itu tidak benar," katanya.

Najib juga mengaitkan unggahan sebelumnya, tertanggal 13 September 2018, di mana berisi foto-foto dokumen yang seharusnya mendukung klaimnya.

Dia mengatakan: "Dokumen-dokumen ini membuktikan bahwa sebagian besar dana yang disalurkan ke rekening saya, datang langsung dari Kementerian Keuangan Arab Saudi, serta dari para pangeran di sana."

 

Simak video pilihan berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Najib Razak Terjepit

Sementara itu, PM Mahathir mengatakan jika Najib Razak bebas dari dugaan korupsi, maka ia dapat mengambil langkah balasan kepada para penuduhnya.

"(Sebelumnya) Najib mengancam para penuduh, tetapi tidak bisa mengambil tindakan. Sekarang dia dituntut berdasarkan laporan tidak hanya dari pers asing, tapi juga pihak berwenang di Malaysia," tegas Mahathir.

"Ketika Anda memindahkan uang, harus ada catatan. Anda tidak dapat memindahkan miliaran dolar tanpa catatan apa pun. Ketika uang berpindah antar bank, bahkan cek, harus ada catatan," tambahnya.

Meski begitu, menurut PM Mahathir, tidak menutup kemungkinan bahwa Arab Saudi marah pada pemerintah Najib Razak, dan enggan mengakui dana terkait.

"Dia (Najib) bisa mendapat masalah baru, kasusnya akan semakin sulit," pungkas Dr M.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.