Sukses

Jangan Makan Pisang Bersamaan dengan Susu, Ini Bahaya yang Akan Terjadi

Tahukah Anda jika mengonsumsi pisang dan susu bersamaan dapat memengaruhi kondisi kesehatan dan tak baik bagi tubuh?

Liputan6.com, Jakarta - Susu dan pisang adalah kombinasi yang terlihat pas untuk digabungkan. Dua hal ini memang lezat, apalagi jika dijadikan sebagai minuman jus atau susu pisang (seperti yang dijual di pasaran).

Namun, tahukah Anda jika mengonsumsi pisang dan susu bersamaan dapat memengaruhi kondisi kesehatan dan tak baik bagi tubuh?

Sebelum dijelaskan dampaknya, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa-apa saja yang terkandung dalam pisang dan susu.

Dikutip dari laman Mindbodygreen.com, Jumat (28/9/2018), pisang dan susu adalah dua entitas yang berbeda. Susu mengandung banyak protein, vitamin dan mineral seperti riboflavin, kalsium, dan vitamin B 12.

Sementara itu, pisang adalah buah yang diperkaya oleh vitamin B6, mangan, vitamin C, serat makanan, kalium, dan biotin.

Setiap 100 gram buah manis ini mengandung 89 kalori, sehingga bisa membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama dan menggantikan energi yang hilang.

Tinggi karbohidrat, pisang sering dianggap sebagai makanan ringan yang baik untuk para atlet baik pra-dan pasca latihan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang Terjadi Jika Dimakan Bersamaan?

Setelah membaca kandungan yang dimiliki susu dan pisang, mungkin Anda akan berpikir jika keduanya adalah asupan yang ideal, karena keduanya mengimbangi kekurangan gizi masing-masing.

Susu tidak memiliki serat makanan, yang pisang miliki. Jika digabungkan maka akan membuat tubuh jauh lebih baik.

Ternyata, itu semua tidak sepenuhnya benar. Ada efek yang akan Anda rasakan jika makan susu dan pisang bersamaan.

Menurut penelitian, mengkonsumsi pisang dan susu bersama akan mengganggu sistem pencernaan kita. Bukan hanya itu, jika dimakan bersamaan maka akan menyebabkan gangguan sinus.

Sementara itu, menurut teori Ayurveda -- ilmu kesehatan yang berasal dari negara India -- makan pisang dan susu bersama-sama dapat menyebabkan racun di dalam tubuh yang akan mengganggu berbagai fungsi.

Ayurveda lebih lanjut menyatakan bahwa makan pisang dan susu secara berbarengan dapat menyebabkan berat tubuh naik dan juga memperlambat aktivitas otak kita.

 

3 dari 3 halaman

Solusi

Cara terbaik untuk mengonsumsi pisang dan susu adalah secara terpisah.

Jika Anda ingin mengkonsumsi ini sebagai camilan untuk pra dan pasca latihan, maka makanlah pisang setelah 20 menit mengonsumsi susu.

Atau Anda dapat menambahkan pisang ke resep yoghurt Anda jika benar-benar ingin mengkonsumsinya dengan produk susu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.