Sukses

Mengandung hingga Jaga Telur... 4 Hewan Jantan Ini Punya Peran Seperti Betina

Siapa sangka, tak semua binatang jantan acuh pada anak dan keluarganya. Sejumlah hewan ini bahkan berperan penting seperti si betina.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, kita hanya tahu bahwa hewan betina punya tanggung jawab untuk menjaga dan merawat anak-anaknya yang baru lahir. Sebut saja induk ayam yang bulunya akan selalu berdiri apabila anak-anaknya sedang diganggu.

Begitu pula dengan induk anjing yang kegalakkannya meningkat 100 persen dari biasa apabila tahu sang anak tersakiti.

Namun siapa sangka, tak semua hewan jantan akan tak peduli pada anak dan keluarganya. Sejumlah binatang jantan ini bahkan punya peran yang sama penting dengan betina.

Bahkan salah satu dari mereka ada yang mengandung bayi hingga melahirkan. Hal ini membuktikan bahwa sejumlah jantan ini adalah 'papa-papa yang hebat'.

Seperti dikutip dari laman Goodnature.nathab.com, Kamis (13/9/2018), berikut 4 hewan jantan yang punya peran penting seperti betina:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Penguin

Penguin jantan adalah hewan yang sangat berperan penting dalam keluarga dan memiliki dedikasi luar biasa. Pada saat betina mengeluarkan telur, mereka akan kehabisan pasokan nutrisi dan harus pergi ke laut selama dua bulan untuk mencari makan.

Selama masa itu, penguin jantan yang ambil alih menjaga telur agar tetap hangat. Mereka akan jadi orangtua tunggal pada masa ini.

Apabila penguin betina belum pulang dalam mencari makan, maka si jantanlah yang membuat antisipasi dengan mencari dan memberi makanan untuk bayi-bayinya.

Di tengah dinginnya antartika, penguin jantan punya peran seperti seekor induk betina.

 

3 dari 5 halaman

2. Kuda Laut

Kuda laut punya peran penting dalam proses kelahiran anak-anaknya. Sebab, binatang ini adalah spesies yang jantannya mengalami proses kehamilan.

Ketika proses kawin terjadi, kuda laut masih membutuhkan sel telur yang dimiliki oleh betina. Pada proses itu, si betina mendepositkan sel telurnya ke dalam kantung milik si jantan.

Proses selanjutnya adalah menginkubasi telur selama 45 hari. Kantung pada jantan ini punya suhu yang pas untuk menginkubasi cabang bayinya.

Kuda laut jantan tidak mengalami morning sickness, tetapi mereka harus mengalami kontraksi saat melakukan proses persalinan.

4 dari 5 halaman

3. Flamingo

Flamingo jantan adalah salah satu hewan yang paling romantis. Sebab, dari ribuan kawanan mereka akan tetap menerapkan sistem monogami -- kawin dengan satu betina seumur hidupnya.

Flamingo jantan juga dikenal sebagai hewan yang feminis dan percaya pada kesetaraan gender -- hal yang langka pada hewan.

Ketika waktu kawin tiba, flamingo jantan akan memilih tempat bersarang betina dan membangun sarang dari lumpur. Begitu meletakkan telur, sang jantan akan pergi mencari makan.

Jika betina kelelahan maka jantan akan bergantian mengerami telur. Hingga anak-anaknya menetas maka keduanya akan membagi tugas.

 

5 dari 5 halaman

4. Rubah Merah

Rubah merah jantan adalah hewan yang sangat memanjakan anak-anaknya sewaktu kecil. Saat anak-anaknya kelaparan, rubah jantan akan mencari makan dan menyuapkannya pada sang anak, bahkan pada rubah betina yang habis melahirkan.

Namun, itu semua hanya berlangsung selama tiga bulan saja. Sikap disiplin akan diajarkan pada anak-anaknya yang sudah mulai besar. Mereka akan mengajak anak-anak berburu sehingga tak hanya makan gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.