Sukses

Babi hingga Kuda, Ini 5 Hewan yang Diyakini Membawa Keberuntungan

Liputan6.com, Jakarta - Demi memperoleh kebentungan, sebagian orang masih percaya dengan adanya kekuatan dari sesuatu hal yang dianggap membawa hoki. Entah apapun bentuknya, benda yang mereka percaya sebagai pembawa keberuntungan ini akan selalu mereka simpan.

Tak terkecuali hewan. Sejumlah binatang ini dianggap sebagai hal yang mampu membawa rezeki bagi pemiliknya. Entah itu hewan berbentuk nyata ataupun hanya gambar belaka.

Kepercayaan ini memang belum dapat dibuktikan secara pasti. Namun, keyakinan tersebut sudah ada sejak zaman dahulu. Sejumlah hewan ini juga jadi simbol kesuksesan, sehingga mereka selalu meletakkan unsur-unsur terkait hewan pembawa keberuntungan di kehidupan mereka.

Seperti dikutip dari laman People.com, Rabu (5/9/2018), berikut 5 hewan yang diyakini dapat membawa keberuntungan:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Kura-Kura

Kura-kura adalah salah satu dari empat hewan yang masuk dalam Feng Shui, China. Masyarakat di Tiongkok mempercayai jika menempatkan gambar kura-kura di belakang rumah mereka dapat membantu mewujudkan stabilitas keuangan dan keberuntungan.

Mereka memercayai bahwa kura-kura adalah hewan yang bijaksana dan simbol dari keberuntungan. Tak heran jika banyak orang yang sengaja datang ke kebun binatang agar beruntung saat membeli tiket lotere.

 

3 dari 6 halaman

2. Ikan Mas Koki

Dalam kebudayaan China, ikan mas koki juga sering dikaitkan dengan keberuntungan, kekayaan dan surplus pada usaha yang kita miliki.

Ikan mas koki bukan hewan biasa. Mereka adalah simbol dari kekayaan. Bahkan banyak dari mereka yang sengaja memelihara ikan mas koki di rumah dan tempat usaha.

Diyakini, dengan memelihara ikan mas koki dapat membuka peluang rezeki sehingga memperlancar kehidupan anak dan cucu di masa mendatang. Mereka juga kerap menghadiahi sanak saudara dengan ikan mas koki.

 

4 dari 6 halaman

3. Kucing

Di balik rupanya yang menggemaskan, kucing tak hanya dianggap sebagai hewan peliharaan biasa. Sejumlah orang meyakini jika hewan tersebut membawa keberuntungan.

Tak heran jika Anda sedang berbelanja ada patung maneki neko (berwujud kucing) yang di letakkan di depan toko.

Tetapi, tak semua kucing dianggap membawa keberuntungan. Kucing dengan bulu hitam legam dianggap sebagai kebalikkannya. Kucing hitam dinilai sebagai simbol musibah.

 

5 dari 6 halaman

4. Kuda

Kuda tergolong dalam kelompok hewan mamalia telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Kuda telah memainkan peran yang luas dalam kebudayaan manusia. Hewan ini pertama kali dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan oleh suku-suku pengembara (nomaden) di padang rumput dan gurun Asia Tengah dan Utara.

Ternyata, tak hanya peranannya yang begitu penting. Hewan ini dianggap membawa keberuntungan dan dinilai sebagai simbol kekuatan dalam setiap unsur kehidupan.

 

6 dari 6 halaman

5. Babi

Babi adalah sejenis hewan ungulata yang bermoncong panjang dan berhidung lemper serta merupakan hewan yang aslinya berasal dari Eurasia.

Orang-orang mengatakan bahwa babi adalah simbol dari keberuntungan selama berabad-abad. Dengan memeliharanya diyakini dapat membawa keberuntungan berupa kekayaan dan kemakmuran.

Dalam mitologi China pun, babi dianggap sebagai simbol kejujuran dan ketekunan. Itulah sebabnya, mengapa banyak celengan berbentuk seekor babi.

Loading