Sukses

Menyusui Bayi Telantar yang Kurang Gizi, Petugas Damkar Argentina Banjir Pujian

Petugas pemadam kebakaran di Argentina itu menjadi viral di media sosial setelah foto-foto menyusuinya beredar di jagat maya. Warganet pun banyak yang memuji.

Liputan6.com, Buenos Aires - Seorang petugas pemadam kebakaran wanita di Argentina mendadak viral di media sosial, setelah foto-foto dirinya yang sedang menyusui bayi malnutrisi tersebar luas.

Perempuan bernama Celeste Jaqueline Ayala itu sedang berjaga di rumah sakit anak-anak Sor Maria Ludovica di Buenos Aires. Tiba-tiba, seorang petugas medis datang dengan membawa bayi laki-laki yang ditelantarkan.

Ayala kemudian meminta untuk menggendong bayi malang itu. Kondisinya sangat memprihatinkan, kotor dan bau. Kendati demikian, Ayala tetap memeluknya, memangkunya, dan mulai menyusui bayi yang tak diketahui namanya tersebut.

Saksi mata, Marcos Heredia, mengabadikan momen heroik itu secara diam-diam dan mengunggahnya di Facebook. Unggahannya itu telah disukai lebih dari 154 ribu kali.

"Saya ingin memublikasikan sikap kecintaan yang Anda miliki hari ini kepada bayi mungil tu," tulis Heredia, yang diterjemahkan dari bahasa Spanyol yang umumnya digunakan oleh masyarakat Argentina.

"Mereka yang tidak tahu siapa Anda pasti mengira bahwa Anda adalah ibu dari anak itu, meski kenyataannya Anda tidak tahu siapa ia. Anda tidak peduli dengan kotoran dan bau menyengat yang menempel pada tubuhnya... hal seperti itu tidak terjadi setiap hari," tulisnya, seperti dikutip dari News.com.au, Rabu (22/8/2018).

Ayala menegaskan, dia tidak berpikir dua kali ketika ingin membantu bayi yang membutuhkan pertolongan. Mengingat bahwa bayi tersebut masih sangat rentan dan sensitif terhadap penyakit.

"Saya lihat ia kelaparan, karena ia memasukkan tangannya ke mulutnya. Jadi saya meminta untuk menggendong dan menyusuinya," kata polwan berambut pirang itu kepada surat kabar Cronica yang bermarkas di Buenos Aires, Argentina.

"Aku begitu pilu melihatnya, keadaannya amat menghancurkan jiwaku. Masyarakat seharusnya peka terhadap masalah yang selalu mengorbankan anak-anak, tidak boleh dibiarkan terus terjadi," Ayala menekankan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihujani Pujian

Tindakan yang dilakukan Ayala dibanjiri pujian publik, baik di jagat maya maupun kehidupan nyata. Bahkan di twitter, namanya digunakan untuk hashtag sebagai bentuk kampanye sosial.

Unit pemadam kebakaran tempat Ayala bekerja, Bomberos Voluntarios Berisso, mengapresiasi sikap Ayala dan memberikan bonus khusus.

"Kami ingin mengucapkan selamat kepada Celeste Ayala yang kemarin, ketika sedang berjaga di rumah sakit, memberi ASI kepada seorang bayi yang diduga dibuang," tulis unit itu, menurut The Mirror.

"Tindakan tersebut menyentuh hati kami dan membuat kami bangga, sehingga kami wajib untuk menghargai upaya, kinerja dan solidaritasnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.