Sukses

Lansia Korsel Bersiap untuk Kemungkinan Reuni Terakhir dengan Keluarga di Korea Utara

Setelah tiga tahun berselang, reuni kembali digelar oleh pemerintah Korea Utara, dan kemungkinan menjadi yang terakhir bagi para lansia Korsel bertemu keluarga di Utara.

Liputan6.com, Seoul - Lee Su-nam (76) merasa sangat emosional pada tanggal 25 Juli lalu, ketika dirinya mendengar suara kakak laki-lakinya via sambungan telpon, meski hanya satu menit.

Dugaannya selama ini salah, kakaknya tersebut masih hidup dan tinggal di Korea Utara.

Terakhir kali Lee melihat saudara lelakinya, Lee Jong-seong, adalah pada Agustus 1950, suatu ketika dia ingat udara sangat panas dan buah persik telah matang di pohon.

Ketika tentara Korea Utara mendekati Seoul, orang tua Lee memutuskan untuk mengirim putra sulung mereka pergi karena takut dia akan dipaksa masuk ke milisi komunis jika dia tetap tinggal. Dia ditangkap di jalan dan keluarganya menghabiskan 68 tahun berikutnya dengan asumsi dia meninggal dalam perang Korea 1950-53. Demikian dikutip dari Time.com pada Senin (20/8/2018).

Sejak awal tahun, hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan telah meningkat secara dramatis, dan sebagai bagian dari pemulihan hubungan itu, kedua pihak telah mengatur reuni minggu ini di antara keluarga-keluarga yang terpisah jauh.

Pertemuan tersebut adalah yang pertama sejak 2015, tetapi mereka yang berpartisipasi hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang apa yang diharapkan.

Lee Su-nam memiliki selembar kertas yang menegaskan usia kakaknya, 86 tahun, dan fakta bahwa ia masih hidup. Surat tersebut juga mencantumkan seorang istri dan anak, dan komentar yang menjanjikan jika sulit diuraikan bahwa keluarga besar juga bisa tinggal di Utara.

"Hal pertama yang akan saya katakan kepada saudara laki-laki saya adalah, 'terima kasih sudah hidup'," kata Lee (76) sambil menyebarkan foto keluarga yang menua di atas meja dapurnya.

"Tapi saya juga harus hati-hati, saya tahu ada banyak hal yang tidak bisa kita bicarakan karena politik di Utara."

"Kami telah terpisah untuk waktu yang lama tanpa koneksi. Ini akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencairkan perbedaan."

Korea Selatan mengirim 93 orang ke Gunung Kumgang, wilayah wisata di Korea Utara, setelah lebih dari 132.000 warga Korea Selatan mengajukan permohonan untuk melihat kerabat yang hilang. Kelompok dari Korea Selatan akan bertemu keluarga mereka antara 20 dan 22 Agustus dan Korea Utara akan bertemu keluarga mereka di Selatan antara 24 dan 26 Agustus.

Dari mereka yang mendaftar, Palang Merah Korea Utara dapat mengidentifikasi kurang dari setengah, sekitar 57.000 orang, yang masih hidup. Lee akan melakukan perjalanan Utara dengan saudara-saudaranya yang lain, tetapi tidak memiliki informasi mengenai apa yang akan terjadi setelah mereka tiba.

Reuni keluarga telah digunakan sebagai langkah pertama untuk membangun hubungan yang lebih baik antara kedua belah pihak di masa lalu, tetapi seiring berjalannya waktu, mereka yang dapat mengingat kerabat mereka semakin tua dan banyak yang telah meninggal.

Sudah ada 20 reuni sejak tahun 2000, dengan putaran terakhir diadakan pada Oktober 2015 sebelum hubungan antara Korea Utara dan Selatan memburuk.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemungkinan Reuni Terakhir

Reuni ini datang ketika harapan bahwa diplomasi dapat memaksa Korea Utara untuk membuat konsesi pada program nuklirnya memudar.

"Tidak ada yang tahu tentang penyatuan, tetapi untuk koeksistensi Korea Selatan adalah penting," kata Vipin Narang, seorang profesor politik di Massachusetts Institute of Technology.

"Korea Selatan jauh lebih nyaman hidup dengan nuklir Korea Utara selama ada kesepakatan positif, dan pejabat di sana menjadi lebih realistis tentang hasil potensial, karena proses AS terhenti."

"Ini mungkin terlihat seperti isyarat baik yang kecil, tetapi mereka adalah bagian penting dari proses membangun kepercayaan, di mana Korea Utara telah mengisyaratkan komitmennya," tambahnya.

Lee menghabiskan seluruh hidupnya tinggal di lingkungan yang sama. Dia pergi ke sekolah menengah yang sama dengan saudara laki-lakinya yang hilang, di mana lingkungannya merupakan pengingat terus-menerus dari keluarga yang dahulu bahagia yang sekarang dilanda perang.

Tapi kenangan itu semakin memudar ketika generasi muda di Korea Selatan berfokus pada pertumbuhan ekonomi dan perjuangan untuk kesetaraan gender, daripada penyatuan semenanjung.

Kelompok Korea Selatan yang bepergian ke Utara termasuk seorang pria berusia 101 tahun dan seorang wanita berusia 100 tahun, dan lebih dari sepertiga berusia di atas 90 tahun.

Putaran reuni ini, menurut beberapa beberapa pengamat, mungkin merupakan satu-satunya waktu bagi para lansia di Korea Utara dan Selatan dapat bertemu muka, dan Lee bahkan tidak tahu apakah mereka akan dapat bertukar surat di masa depan.

"Saya akan bahagia dan sedih pada saat yang sama ketika saya melihatnya," kata Lee.

"Saya akan sedih karena tidak ada jaminan bahwa kita akan bertemu lagi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.