Sukses

5 Manfaat Tak Terduga Jika Anda Mengonsumsi Cacing Tanah

Liputan6.com, New York - Sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan, cacing tanah (Lumbricina) ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya memiliki peran penting dalam menyuburkan tanah, hewan yang satu ini juga mempunyai manfaat luar biasa di bidang medis.

Melalui banyak penelitian, terungkap bahwa cacing memiliki kadar protein dan asam amino yang tinggi yang baik bagi tubuh.

Protein dari cacing tanah mencapai 76 persen yang berarti lebih tinggi dari daging mamalia yaitu 65 persen, dan ikan yang 50 persen.

Seperti dikutip dari laman Articlesofhealthcare.com, Jumat (6/7/2018), berikut 5 manfaat lain cacing tanah yang tak pernah diduga sebelumnya:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 3 halaman

Obati Tifus hingga Diare

1. Obat Tifus

Awalnya, penyakit tifus sering diobati dengan ekstrak cacing tanah oleh seorang dokter di China. Hal itu berdampak dan cara tersebut akhirnya digunakan hingga kini.

Penyakit ini dipicu oleh berkembangnya bakteri salmonella, dan cacing mengandung anti bakteri yang menekan pertumbuhan penyakit bakteri.

2. Obat Diare

Diare juga dipicu oleh bakteri jahat seperti E Coli dan shigella yang menyerang pencernaan. Dengan sifat anti-bakteri cacing, penyakit ini bisa diatasi dengan mengonsumsi cacing tanah.

3. Masalah Metabolik

Masalah metabolisme tubuh dapat menyebabkan banyak penyakit. Cacing tanah mengandung enzim, katalis, dan selulosa yang berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme manusia.

Mengonsumsi cacing tanah tentu saja akan mendapatkan efek baik tersebut.

3 dari 3 halaman

Efek Penyembuh Luka

4. Menyembuhkan Luka

Tahukan Anda bahwa kandungan zat asam arakidonat pada cacing membantu pertumbuhan sel-sel baru yang mempercepat penyembuhan luka di dalam tubuh?

5. Pelancar Sirkulasi Darah

Cacing juga memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, karena mengandung enzim yang dapat menghancurkan kolesterol jahat penyumbat pembuluh darah.

Masih ada beberapa manfaat lain dari cacing tanah yang bisa Anda dapatkan untuk mendukung kesehatan. Saat ini, ada banyak kapsul cacing yang dijual di apotek, jadi Anda tidak perlu jijik saat mengonsumsinya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ada Galian dan Pengecoran, Sejumlah Jalan di Jakarta Macet
Artikel Selanjutnya
Waspadai Kilat dan Angin Kencang di Dua Kawasan Jakarta Ini