Sukses

Cacing Tanah Jumbo yang Melar Hingga 2 Meter

Liputan6.com, Gippsland - Cacing tanah berukuran jumbo ini ditemukan seorang pria di Gippsland, Australia. Ukurannya tak biasa, mencapai 78 cm. Uniknya, bisa melar hingga 2 meter ketika dia bergerak.



Makhluk lembut berukuran raksasa itu merayap di atas tanah dan menghabiskan sebagian besar hidupnya jauh di bawah tanah. Kadar air yang lebih tinggi dalam tanah membantu mereka bernafas lebih baik.

Liang mereka bisa sedalam 3 sampai 5 meter di bawah permukaan tanah. Mereka cukup rapuh, salah memegang saja ia bisa mati. Hanya jenis tertentu dari tanah lembab, yang cocok untuk kelangsungan hidup mereka.

Raksasa Gippslands lahir ke dunia dari sebuah kepompong telur besar yang terlihat seperti kacang polong coklat. Mereka terbentuk dalam hanya satu telur pada satu waktu, yang membutuhkan satu tahun untuk menetas.

Cacing jumbo itu jgua disebut-sebut sebagai makhluk langka, karena tak tumbuh dengan sangat pesat. Mereka membutuhkan waktu sekitar lima tahun, untuk mencapai panjang tubuh maksimum.

Tidak tahu persis berapa lama mereka hidup, tetapi diperkirakan makhluk-makhluk luar biasa itu bisa hidup sampai 20 tahun. (Tnt)

Loading