Sukses

Hendak Melahirkan, PM Selandia Baru Jacinda Ardern Cuti Enam Pekan

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern telah masuk rumah sakit untuk melahirkan anak pertamanya, pada Kamis, 20 Juni 2018.

Liputan6.com, Auckland - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern telah masuk rumah sakit untuk melahirkan anak pertamanya pada Kamis, 20 Juni 2018.

Pernyataan dari kantor perdana menteri mengatakan bahwa Ardern dan pasangannya, Clarke Gayford, tiba di rumah sakit di Auckland pada 05.50 waktu setempat.

Kondisi itu membuat PM Ardern cuti dari jabatannya selama enam pekan. Demikian seperti dikutip dari The Guardian (21/6/2018).

Kursi pucuk pemerintahan Selandia Baru saat ini diduduki oleh Deputi PM Winston Peters.

Peters, kepala partai berhaluan populis First Party, sebenarnya telah mengambil alih sebagian pekerjaan Jacinda Ardern --sejak usia kehamilannya memasuki trimester ketiga, sehingga membuat perempuan itu harus bekerja dari rumah atau kantor wilayah pemerintah Selandia Baru di Auckland.

"Merupakan hari yang berbahagia, dan atas nama pemerintah, kami berharap ia (Ardernd) dan Clarke mendapatkan yang terbaik," kata Peters.

Sejumlah politisi Selandia Baru juga mengucapkan doa terbaik kepada Ardern dan Clarke.

"Doa terbaik untuk Ardern dan Clarke dari saya untuk pengalaman menakjubkan mereka," kata Marama Davidon, wakil pemimpin partai Greens Party.

Jacinda Ardern diperkirakan melahirkan pada Minggu 24 Juni 2018, membuat para warga dan jurnalis di Selandia Baru sangat antusias mengantisipasi berita ini.

Pada hari Kamis, banyak saluran media besar Selandia Baru menyiapkan siaran langsung dan liputan berantai di situs web mereka. Sejumlah jurnalis lokal juga diketahui telah berkemah di rumah sakit tempat Jacinda Ardern dirawat.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meski Cuti, Ardern Berupaya untuk Tetap Bekerja

PM Jacinda Ardern mengatakan bahwa roda pemerintahan Selandia Baru tidak akan terganggu selama dirinya cuti, karena ia akan tetap berhubungan secara teratur dengan Plt Deputi PM Winston Peters dan terlibat dalam pengambilan keputusan besar.

Ardern (37) akan menjadi pemimpin dunia kedua yang akan melahirkan saat masih menjabat, di mana yang pertama adalah Benazir Bhutto dari Pakistan pada 1990.

Pasangan Jacinda Ardern, Clarke Gayford, yang bekerja sebagai presenter televisi, akan menjadi ayah yang tinggal di rumah bagi sang anak (stay-at-home dad).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.