Sukses

Gara-Gara Selfie, Ular Piton Lilit Leher Penjaga Hutan di India

Liputan6.com, Jakarta Seekor ular piton melilit leher seorang penjaga hutan di India setelah pria tersebut mencoba berswafoto bersama binatang melata itu.

Ular piton dengan bobot 40 kg tersebut ditemukan penduduk desa Benggala Barat, India, ketika sedang mencoba memangsa seekor kambing di lingkungan mereka. Karena ketakutan, warga segera memanggil petugas margasatwa bernama Sanjay Dutta.

Dengan sigap dan berani, Dutta langsung datang ke lokasi kejadian dan menangkap sanca kembang itu. Alih-alih menempatkan ular dengan aman ke dalam ransel, sang jagawana justru melilitkannya di leher dan berswafoto dengan penduduk desa yang tertegun. Demikian seperti dikutip dari Strait Times, Rabu (20/6/2018). 

Namun kepanikan menyebar ketika ular piton yang dipegang Dutta tiba-tiba membelit lehernya. Dengan susah payah ia berjuang keras untuk melepaskan lilitan ular. Beruntung, nyawa Dutta selamat dan ia tak mengalami cedera, meski wajahnya sudah berubah kemerahan.

Atas kabar ini, Departemen Kehutanan Benggala Barat melakukan penyelidikan terhadap ulah Dutta. Namun Dutta menyangkal bahwa ia hanya ingin menyelamatkan reptil itu. Ia juga mengaku tidak membawa ransel untuk menempatkan ular.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nekat, Dua Pria Selamatkan Buaya yang Nyaris Mati Dililit Ular Piton

Sementara itu, dua pria Florida, Jack Hubbard dari Kota Lakeland dan temannya, Mike Kimmel dari Kota Indiantown melakukan aksi nekat yang melibatkan seekor buaya alligator dan ular piton.

Awal pekan ini, Hubbard dan Kimmel mengarungi kawasan rawa Everglades, Florida, untuk melaksanakan misi nekat di luar nalar namun mulia; membasmi ular piton --yang dianggap sebagai spesies hama oleh penduduk setempat-- dari daerah tersebut.

Puncak aksi kenekatan mereka terjadi pada Sabtu 16 Juni 2018 malam waktu setempat.

Kala itu, keduanya sedang mengemudi di area Everglades, ketika mereka menemukan seekor ular piton sedang melata di antara ilalang tinggi dekat air payau.

Tapi saat mendekat, Hubbard dan Kimmel memperhatikan sesuatu yang janggal dari cara ular piton itu melata.

"Saat kita semakin dekat, kami sadar bahwa ular piton itu tengah melilit seekor buaya alligator," kata Hubbard seperti dikutip dari Fox News Channel 13 Florida (19/6/2018).

"Alligator itu hampir mati dililit," tambahnya.

Melihat hal itu, Hubbard langsung menerjang ular piton tersebut.

Atas tindakan Hubbard, ular piton tersebut melonggarkan lilitannya dari alligator malang itu. Pria dari Kota Lakeland itu pun kemudian berhasil mencengkeram hewan melata tersebut dengan genggamannya.

Hubbard mengatakan bahwa buaya alligator malang itu berhasil kembali ke air payau usai diselamatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.