Sukses

Siapkan Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un, Pejabat AS-Korut Bertemu

Liputan6.com, Panmunjom - Pejabat Amerika Serikat dilaporkan telah mengadakan pertemuan dengan pejabat Korea Utara di Tongilgak, Panmunjom utara, pada Sabtu, 2 Juni 2018, pagi hingga sore hari.

Pertemuan ronde ketiga itu melibatkan Duta Besar AS untuk Filipina Sung Kim dan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui, guna membahas persiapan KTT Korea Utara - AS yang mempertemukan Presiden Donald Trump dan Chairman Kim Jong-un.

Kedua pihak telah mengadakan dua kali pembicaraan tentang hal yang sama pada hari Minggu dan Rabu lalu. Demikian seperti dikutip dari KBS, Minggu (3/6/2018).

Sebelumnya, Dubes Sung Kim sempat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Kang Kyung-wha pada Jumat, 1 Juni 2018.

Usai pertemuan dengaan Kang Kyung-wha, Sung Kim menyimpulkan, "Masih banyak pekerjaan yang tersisa" sebelum KTT Korea Utara - AS terlaksana pada 12 Juni di Singapura.

Pertemuan Sung Kim dan Choe Son-hui berlangsung pada hari terakhir kunjungan kenegaraan utusan khusus Korea Utara, Kim Yong-chol ke AS.

Ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo di New York pada 31 Mei dan kemudian Presiden Donald Trump di Gedung Putih pada 1 Juni.

Selain itu, selama sepekan terakhir, Washington dan Pyongyang telah mengadakan serangkaian pembicaraan di Panmunjom, Singapura dan New York untuk mempersiapkan KTT bersejarah tersebut.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Korea Selatan, AS, dan Jepang Berharap KTT Mampu Hasilkan Denuklirisasi

Sementara itu, pada waktu dan tempat terpisah, para menteri pertahanan Korea Selatan, AS, dan Jepang menyatakan harapan agar KTT Korea Utara - AS yang akan datang dapat berkontribusi pada penyelesaian komprehensif masalah kemanusiaan dan masalah keamanan di Semenanjung Korea.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Song Young-moo dan rekan setara dari AS dan Jepang, James Mattis dan Onunera Onodera mengeluarkan pernyataan bersama mengenai hal itu usai dialog tripartit pada sela-sela Asia Security Summit atau Shangri-La Dialogue di Singapura, Minggu, 3 Juni 2018. Demikian seperti dikutip dari KBS pada 3 Juni 2018.

Ketiga pihak menyambut positif hasil dari KTT Korea Utara - Korea Selatan pada akhir April lalu, menilai bahwa perkembangan positif setelah KTT tersebut menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk KTT Korea Utara - AS pada 12 Juni mendatang.

Ketiganya juga memuji pengumuman Korea Utara untuk menangguhkan uji coba rudal nuklir dan balistiknya serta pembongkaran tempat uji coba nuklir Punggye-ri.

Selain itu, mereka setuju untuk terhadap upaya diplomatik yang sedang berlangsung untuk mencapai denuklirisasi penuh dari Semenanjung Korea.

Greget, Pria Makan Buah Naga dalam Sekali Telan

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Pekerja Tewas Saat Gali 'Bunker Kiamat', Orang Kaya di AS Dipidana
Artikel Selanjutnya
Kedua Korea Sepakati Perdamaian Lewat Pembicaraan Militer